Sakit Flu Tak Kunjung Sembuh, Perlukah ke Dokter Spesialis?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Flu, Dokter Spesialis

Halodoc, Jakarta - Penyakit flu sering kali dianggap sebagai penyakit yang sepele. Meski demikian, kamu perlu berhati-hati, ya! Karena ada beberapa kondisi yang menjadi tanda-tanda kalau flu yang kamu alami sudah masuk dalam tahap yang berbahaya. Flu akan mudah sekali menyerang, apalagi saat kondisi cuaca sedang tidak bersahabat. Penyakit ini umumnya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan medis tertentu.

Baca juga: Tanpa Minum Obat, Redakan Flu Bisa dengan 4 Makanan Sehat Berikut

Flu Merupakan Penyakit Akibat Adanya Infeksi Virus

Flu, atau yang lebih dikenal dengan influenza merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang tenggorokan, paru-paru, dan hidung. Pengidap kondisi ini biasanya akan ditandai dengan sakit kepala, demam, hidung tersumbat, batuk, serta pilek.

Sakit Flu Tak Kunjung Sembuh, Perlukah ke Dokter Spesialis?

Jangan salah, flu juga harus mendapat penanganan medis yang tepat jika sudah menimbulkan gejala-gejala, seperti:

  • Muntah-Muntah dan Tubuh Tidak Bisa Menerima Cairan

Cairan sangat dibutuhkan oleh tubuh, agar tubuh tetap terhidrasi. Jika pengidap flu sampai pada tahap muntah-muntah hingga tidak bisa menerima cairan, ini saatnya kamu segera diskusikan dengan dokter. Karena jika sampai terjadi dehidrasi pada tubuh, biasanya dokter akan memberikan cairan intravena melalui pembuluh darah pengidap agar tidak terjadi kondisi berbahaya.

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan dari Pilek dan Flu? Cari Tahu Di sini!

  • Sulit untuk Bernapas dan Nyeri pada Dada

Flu seharusnya tidak sampai membuat pengidapnya sesak napas, bahkan nyeri pada dada. Flu yang normal biasanya hanya akan menyebabkan hidung tersumbat, serta nyeri otot. Jika pengidap sampai merasakan kesulitan bernapas dan nyeri pada dada, segera diskusikan dengan dokter spesialis, ya!

  • Batuk yang Tak Kunjung Sembuh

Pada pengidap flu yang juga memiliki gangguan sinus, penyakit ini akan menyebabkan hidung mampet dan adanya penyumbatan pada saluran sinus. Parahnya lagi, pengidap sinus yang mengidap penyakit flu ini akan merasakan sakit kepala di antara mata.

  • Sakit Tenggorokan dan Sulit Menelan

Adanya rasa sakit pada tenggorokan akan membuat kamu sulit menelan, sehingga nafsu makan pun berkurang. Akibatnya, tubuh akan semakin lemas karena tidak ada energi. Rasa sakit ini bisa menjadi tanda adanya infeksi, iritasi atau cedera. Oleh karena itu, diperlukan adanya perawatan medis untuk mencegah penyakit menjadi lebih berbahaya.

  • Demam yang Tidak Kunjung Membaik

Demam yang tak kunjung membaik biasanya akan menjadi pertanda adanya infeksi sekunder dalam tubuh kamu. Hal ini tentu saja harus mendapatkan penanganan yang tepat, apalagi jika demam sudah lebih dari 38 derajat celsius.

Baca juga: Flu Babi Disebabkan oleh Hewan? Cari Tahu Dulu Fakta Ini

Sebenarnya flu mudah sekali dicegah dengan menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar rumah kamu. Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan guna mencegah terjadinya flu, antara lain:

  • Tidak menyentuh mulut, hidung dan mata sebelum mencuci tangan.

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun antiseptik guna mencegah penyebaran virus dan bakteri.

  • Tidak berbagi penggunaan benda pribadi, seperti gelas, tempat makan, dan botol minum.

  • Memakai masker pelindung mulut dan hidung saat keluar rumah.

Kamu disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter, jika gejala-gejala ringan muncul. Jangan menunggu sampai gejala serius muncul dan membahayakan nyawamu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa berdiskusi langsung dengan membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk,  download aplikasinya segera!