• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Gangguan Tenggorokan yang Bisa Diatasi Dokter THT
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Gangguan Tenggorokan yang Bisa Diatasi Dokter THT

4 Gangguan Tenggorokan yang Bisa Diatasi Dokter THT

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 Juli 2021
4 Gangguan Tenggorokan yang Bisa Diatasi Dokter THT4 Gangguan Tenggorokan yang Bisa Diatasi Dokter THT

“Ada banyak gangguan tenggorokan yang dapat terjadi pada semua orang. Jika kamu mengalami masalah tenggorokan, terlebih dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk mendapatkan penanganan ke dokter THT. Ada beberapa masalah tenggorokan yang dapat diatasi dengan bantuan dokter THT.”

Halodoc, Jakarta – Tenggorokan termasuk salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya karena fungsinya yang terbilang vital. Bagian ini saling berhubungan dengan telinga dan hidung. Maka dari itu, dokter spesialis yang memeriksa tenggorokan, juga mampu memastikan kesehatan telinga dan hidung yang disebut juga dengan dokter THT. 

Selain melakukan pemeriksaan terhadap telinga, hidung, dan tenggorokan, dokter spesialis ini juga dapat mengatasi beberapa gangguan yang terjadi pada tenggorokan. Namun, gangguan tenggorokan apa saja yang dapat diatasi oleh dokter THT? Ketahui jawabannya di sini!

Baca juga: Cara Redakan Sakit Tenggorokan yang Sering Kambuh

Penyakit Tenggorokan yang Dapat Diatasi Dokter THT

Dokter spesialis THT adalah salah satu spesialisasi pada bidang kedokteran yang berfokus dan memiliki keahlian untuk mengobati masalah yang terjadi pada area telinga, hidung, dan tenggorokan. Tidak hanya itu, dokter spesialis THT juga memeriksa dan mengobati gangguan yang ada pada sekitar leher serta kepala. Nama yang tepat untuk dokter dengan spesialis THT adalah otolaryngologist.

Dokter spesialis THT memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengenai penyakit yang bisa terjadi pada bagian telinga, hidung, dan tenggorokan. Kamu bisa memastikan kesehatan bagian THT, serta diagnosis dan pengobatan terhadap suatu penyakit. Semua orang perlu melakukan pemeriksaan pada semua bagian tersebut setiap tahunnya guna memastikan tidak ada masalah.

Selain itu, ada juga beberapa penyakit tenggorokan yang dapat diatasi oleh dokter THT. Nah, berikut adalah beberapa penyakit tenggorokan tersebut:

1. Tonsilitis atau Radang Amandel

Salah satu penyakit tenggorokan yang dapat didiagnosis dan diatasi oleh dokter THT adalah tonsilitis. Penyakit yang dikenal dengan penyakit radang amandel ini adalah gangguan yang terjadi saat amandel mengalami peradangan atau iritasi. Umumnya, penyakit ini dialami oleh anak-anak yang memiliki usia 3–7 tahun, meskipun orang dewasa juga dapat mengalaminya.

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh virus yang serupa dengan penyebab rhinovirus dan flu. Jika anak mengalami gejala radang amandel, ada baiknya segera memeriksakan diri untuk mendapatkan pengobatan agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada bagian tubuh yang lain. Bukan tidak mungkin jika tonsilitis menyebabkan masalah yang lebih besar jika dibiarkan.

2. Laringitis

Laringitis adalah salah satu penyakit yang dapat diobati dengan bantuan dokter THT. Gangguan ini terjadi ketika kondisi pita suara mengalami pembengkakan. Pita suara yang membengkak menyebabkan suara menjadi serak. Kondisi ini sangat umum terjadi, khususnya pada seseorang yang memiliki pekerjaan atau kesehariannya dengan penggunaan suara yang cukup intens.

Tidak hanya itu, seseorang yang memiliki kebiasaan merokok juga mengalami kondisi laringitis. Ada beberapa gejala yang dapat menjadi tanda laringitis, seperti demam, batuk kering, sakit tenggorokan, tenggorokan kering, dan pembesaran pada bagian kelenjar getah bening. Apabila kamu mengalami gejala yang disebutkan dan telah terjadi cukup lama, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan.

Baca juga: Perlukah Antibiotik Digunakan untuk Atasi Faringitis?

3. Gangguan Kelenjar Adenoid

Layaknya gangguan amandel, adenoid juga memiliki fungsi untuk mencegah kuman masuk dalam tubuh melalui mulut dan hidung. Komplikasi akibat gangguan ini dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi pada telinga, sinusitis, dan sleep apnea.. Maka dari itu, penting untuk memastikan bagian THT tetap dalam keadaan prima ke dokter.

Selain itu, kamu juga perlu tahu beberapa gejala yang dapat menjadi tanda dari gangguan kelenjar adenoid, seperti sakit tenggorokan, hidung berair, nyeri pada kuping, serta masalah saluran pernapasan yang menyebabkan kamu bernapas melalui mulut. Jika gejala tersebut terjadi dalam waktu yang lama, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter THT.

4. Kesulitan Menelan

Kesulitan menelan atau disfagia juga termasuk kondisi yang perlu mendapatkan perhatian khusus oleh dokter THT, terlebih jika sudah kronis. Kondisi ini terjadi saat tubuh memerlukan lebih banyak waktu dan usaha untuk memindahkan makanan atau cairan dari mulut ke lambung. Selain itu, disfagia dapat menjadi pertanda adanya masalah pada kerongkongan atau tenggorokan.

Cobalah untuk mengatasi kondisi disfagia karena dapat menyebabkan komplikasi jika berjalan dalam waktu yang cukup panjang. Hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat membantu untuk meringankan gejala kesulitan menelan atau disfagia.Jika kesulitan menelan terus berlanjut, pastikan untuk melakukan pemeriksaan segera.

Baca juga: Tenggorokan Gatal dan Sulit Menelan, Waspada Faringitis

Kamu juga tidak perlu ragu untuk melakukan pemeriksaan pada bagian tenggorokan jika mengalami gangguan ke dokter dari Halodoc. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir komplikasi sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa berdiskusi dokter secara online untuk memastikan gangguan yang terjadi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

 

Referensi:
Columbia University. Diakses pada 2021. What is Otolaryngology?
Web MD. Diakses pada 2021. What Is an Otolaryngologist?