4 Gangguan Tenggorokan yang Bisa Diatasi Dokter THT

4 Gangguan Tenggorokan yang Bisa Diatasi Dokter THT

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Salah satunya adalah dengan rajin konsumsi air putih serta melakukan pemeriksaan secara rutin pada dokter THT. Ya, kesehatan tenggorokan sebaiknya diperiksakan langsung pada dokter THT.

Baca juga: Cara Redakan Sakit Tenggorokan yang Sering Kambuh

Dokter spesialis THT adalah salah satu spesialisasi pada bidang kedokteran yang berfokus dan memiliki keahlian untuk mengobati penyakit seputar telinga, hidung, dan tenggorokan. Tidak hanya itu, dokter spesialis THT juga memeriksa dan mengobati gangguan yang ada pada sekitar leher serta kepala.

Penyakit Tenggorokan yang Dapat Diatasi Dokter THT

Dokter spesialis THT memiliki pengetahuan yang lebih dalam mengenai penyakit yang bisa terjadi pada bagian telinga, hidung, dan tenggorokan. Dengan pemeriksaan melalui dokter spesialis THT diagnosis dan pengobatan terhadap suatu penyakit lebih mudah untuk dilakukan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan telinga, hidung, dan tenggorokan pada dokter THT.

Ada beberapa gangguan yang ditangani oleh dokter THT, meliputi gangguan telinga, hidung, dan gangguan tenggorokan. Berikut ini penyakit tenggorokan yang dapat diatasi oleh dokter THT:

  • Tonsilitis atau Radang Amandel

Tonsilitis atau dikenal dengan penyakit radang amandel adalah kondisi ketika bagian amandel mengalami peradangan atau iritasi. Umumnya, penyakit ini dialami oleh anak-anak yang memiliki usia 3-7 tahun, namun jangan salah, orang dewasa juga mengalami kondisi tonsillitis.

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh virus seperti rhinovirus dan virus penyebab flu. Jika anak mengalami gejala radang amandel, segera atasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada bagian tubuh yang lain.

  • Laringitis

Laringitis adalah salah satu penyakit ketika kondisi pita suara mengalami pembengkakan. Pita suara yang membengkak menyebabkan suara menjadi serak. Kondisi ini sangat umum terjadi khususnya pada orang-orang yang memiliki pekerjaan dengan penggunaan suara yang cukup intens.

Tidak hanya itu, seseorang yang memiliki kebiasaan merokok juga mengalami kondisi laringitis. Ada beberapa gejala yang dapat menjadi tanda laringitis, seperti demam, batuk kering, sakit tenggorokan, tenggorokan kering, dan pembesaran pada bagian kelenjar getah bening.

Baca juga: Perlukah Antibiotik Digunakan untuk Atasi Faringitis?

  • Gangguan Kelenjar Adenoid

Seperti amandel, adenoid memiliki fungsi untuk mencegah kuman masuk dalam tubuh melalui mulut dan hidung. Ketahui gejala yang dapat menjadi tanda adanya gangguan kelenjar adenoid, seperti sakit tenggorokan, hidung berair, nyeri pada kuping serta masalah saluran pernapasan yang menyebabkan kamu bernapas melalui mulut.

  • Kesulitan Menelan

Kesulitan menelan atau disfagia adalah kondisi saat tubuh memerlukan lebih banyak waktu dan usaha untuk memindahkan makanan atau cairan dari mulut ke lambung. Disfagia menjadi pertanda adanya masalah pada kerongkongan atau tenggorokan.

Atasi kondisi disfagia karena dapat menyebabkan komplikasi jika berjalan dalam waktu yang cukup panjang. Hindari kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat membantu untuk meringankan gejala kesulitan menelan atau disfagia.

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan pada bagian tenggorokan jika mengalami gangguan. Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: Tenggorokan Gatal dan Sulit Menelan, Waspada Faringitis