• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Gerakan Olahraga untuk Bentuk Tubuh Ideal

Gerakan Olahraga untuk Bentuk Tubuh Ideal

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Bentuk tubuh setiap orang merupakan fenomena kompleks dengan detail dan fungsi yang rumit. Bentuk tubuh seseorang ditentukan oleh struktur rangka dan distribusi otot dan lemak. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal sesuai versi setiap individu, maka perlu dilakukan olahraga yang teratur dan konsisten. 

Untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, kamu bisa melakukan jenis olahraga apa saja. Asalkan jenis olahraga yang kamu lakukan sudah benar dan intensitasnya dapat disesuaikan dengan kemampuan. Dengan begitu, tidak mustahil bentuk tubuh kamu bisa jadi ideal. Berikut adalah beberapa gerakan olahraga yang dapat kamu lakukan agar mendapatkan bentuk tubuh ideal lebih efektif. 

1. Renang

Olahraga renang bukan hanya latihan fisik yang lengkap, ini juga merupakan olahraga yang luar biasa bagus untuk mendapatkan jantung yang sehat dan aktivitas rendah stres. Olahraga ini akan membuat kamu mendapatkan berat badan yang sehat karena membakar banyak kalori, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan membangun kekuatan dan daya tahan otot. Selain itu, berenang adalah kegiatan olahraga yang sempurna sepanjang masa, karena dapat dilakukan di kolam renang indoor, kolam renang outdoor, atau pantai. 

Baca juga: Olahraga Juga Menyehatkan Otak, Kok Bisa?

2. Lari

Usia tidak menjadi batasan untuk seseorang melakukan olahraga ini, siapapun dapat melakukannya. Berlari bukan hanya menyenangkan, tetapi juga sangat bermanfaat untuk pembentukan tubuh. Pelari reguler memiliki risiko lebih rendah untuk kehilangan tulang dan otot seiring bertambahnya usia dibandingkan dengan mereka yang tidak berlari secara teratur atau tidak sama sekali. Tuntutan fisik orang yang berolahraga membuat tulang tumbuh dan menjadi lebih kuat. Selain baik untuk membentuk tubuh, ini juga bagus untuk kesehatan mental. 

3. Push Up

Apabila melihat sekilas, gerakan push up terkesan mudah. Nyatanya, mengangkat dan menurunkan tubuh dengan posisi tengkurap ini tidaklah mudah. Apalagi buat kamu yang jarang berolahraga, mengulangi gerakan push up hingga lima kali hitungan saja akan menjadi keberhasilan besar. Jika dilakukan secara rutin, gerakan push up bisa melatih otot dada, mengencangkan serta melatih kekuatan otot lengan. Selain itu, gerakan ini juga efektif untuk membentuk tubuh ideal.

Baca juga: 5 Alasan Olahraga Bisa Meningkatkan Kecantikan

4. Plank

Sebenarnya gerakan olahraga plank tidak banyak karena kamu hanya perlu melakukan satu pose saja. Hanya saja kamu harus menahan berat tubuh dalam kurun waktu tertentu. Inilah tantangan dari olahraga plan jika ingin membentuk dan mengencangkan otot perut. Selain itu, plank juga dapat membentuk paha, lengan, serta kekuatan otot tubuh secara keseluruhan. Cobalah lakukan plank selama 1 menit untuk mencapai hasil yang kamu inginkan.

5. Burpee

Pada dasarnya gerakan olahraga ini bermanfaat untuk melatih pernapasan dan ketahanan fisik. Tidak jarang orang jadi kehabisan napas walau hanya melakukan gerakan olahraga sesederhana burpee. Caranya adalah dengan berdiri melompat kemudian jongkok dan mengulangi gerakan ini terus-menerus. Bukan hanya otot kamu saja yang terlatih, tapi juga ketahanan tubuh akan terus meningkat. Kamu dapat melakukan burpee lima kali hitungan dan mengulanginya hingga set setelah jeda sejenang untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. 

Baca juga: Olahraga Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Bentuk tubuh ideal bukan hanya bagus untuk penampilan, tapi juga kesehatan. Itulah sebabnya olahraga ini baik dilakukan bagi siapa saja yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal yang sehat. Jika kamu butuh saran mengenai masalah kesehatan tubuh yang dialami, kamu dapat menggunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakannya pada dokter kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang!

 

Referensi:
Health 24. Diakses pada 2020. Pick your sport and get your dream body