25 October 2017

4 Gerakan Olahraga untuk Bentuk Tubuh Ideal dalam Sekejap

4 Gerakan Olahraga untuk Bentuk Tubuh Ideal dalam Sekejap

Halodoc, Jakarta – Dimana ada kemauan, makan segala pun menjadi mungkin. Ini berlaku bagi kamu yang mengaku ingin menurunkan berat badan namun seringkali dikalahkan rasa malas untuk bergerak. Padahal untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, tak cukup hanya dengan kemauan saja. Kamu butuh olahraga dan banyak bergerak agar lemak-lemak tubuh bisa luntur.

Rasa malas bergerak ini dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya saja karena terlalu lelah bekerja sehingga begitu ada waktu luang langsung digunakan untuk beristirahat. Ada pula karena faktor fisik, ada yang merasa kesulitan jika berolahraga karena mudah lelah dan ngos-ngosan alias kehilangan nafas.

Namun kini kamu enggak perlu merasa terintimidasi oleh gerakan olahraga yang sulit atau durasi lama. Sebenarnya, asalkan jenis olahraga yang kamu lakukan sudah benar, intensitasnya bisa disesuaikan dengan kemampuan. Tak mustahil, bentuk tubuh kamu pun bisa jadi ideal.

Berikut ini adalah 4 gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah, bahkan di kantor di sela jam kerja. Meski dianggap jenis olahraga yang biasa saja, namun jika dilakukan rutin bisa melatih otot tubuh sehingga lebih kencang, lho.

  • Push Up

Jika melihat sekilas, gerakan push up memang terkesan mudah. Namun mengangkat dan menurunkan tubuh dengan posisi tengkurap ini tidaklah mudah. Apalagi buat kamu yang jarang berolahraga, mengulangi gerakan push up hingga lima kali hitungan saja akan menjadi keberhasilan besar. Jika dilakukan rutin, gerakan push up bisa melatih otot dada, mengencangkan serta melatik kekuatan otot lengan, lho.

  • Plank

Gerakan plank pun sebenarnya tidak banyak karena kamu juga perlu melakukan satu pose saja. Namun, kamu mesti menahan berat tubuh dalam kurun waktu terntu. Inilah tantangannya, jika kamu ingin membentuk dan mengencangkan otot perut. Selain itu, plank juga bisa membentuk paha, lengan, serta kekuatan otot tubuh secara keseluruhan. Lakukan plank selama 1 menit untuk mencapai hasil yang kamu inginkan, ya.

  • Lompat Tali

Tidak perlu keluar ruangan, kamu bisa melakukan kegiatan ini dimana saja asalkan kamu punya tali. Olahraga ini memang terkesan simpel namun jangan anggap remeh manfaatnya. Lompat tali bisa melatih otot lengan, kaki, serta kardiovaskuler, lho. Bahkan gerakan lompat tali ini bisa melatih kekuatan tubuh secara umum sehingga setiap bagian tubuh terlatih. Coba lakukan 20 hitungan dan ulangi 3 kali setelah jeda istirahat.

  • Burpee

Sebenarnya gerkan olahraga yang satu ini berguna untuk melatih pernafasan dan ketahanan fisik. Tak jarang orang jadi kehabisan nafas meski hanya melakukan gerakan sederhana dari burpee  ini. Caranya adalah dengan berdiri melompat kemudian jongkok dan mengulangi gerakan ini terus menerus. Tak hanya otot kamu saja yang terlatih, ketahanan tubuh kamu kamu juga meningkat. Kamu bisa melakukannya 5 kali hitungan dan mengulanginya hingga 3 set setelah jeda sejenak.

Bentuk tubuh ideal tak hanya bagus untuk penampilan namun juga kesehatan. Sehingga olahraga ini baik dilakukan siapa saja bagi kamu yang ingin punya bentuk tubuh ideal nan sehat. Jika kamu butuh saran mengenai masalah kesehatan yang dialami, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja, dimana saja.

Kamu bisa bicara dokter melalui Voice/Video Call dan Chat di Halodoc. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan seperti suplemen atau vitamin melalui Halodoc. Pesanan akan diantar ke alamat tujuan dalam satu jam dan bebas biaya kirim, lho. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.