Olahraga Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Olahraga Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Halodoc, Jakarta - Berolahraga adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Rutin berolahraga juga dapat membuka pikiran sehingga kreativitas mudah didapatkan. Namun, hal yang sering menjadi masalah adalah kesulitan mengatur waktu untuk melakukan olahraga.

Olahraga paling tidak membutuhkan waktu 30 menit sehari untuk dilakukan agar benar-benar membuat tubuh kamu fit. Bagi seseorang yang sibuk, dirinya mungkin bingung memilih waktu yang tepat, apakah pagi atau malam. Berikut ini perbandingan olahraga pagi dengan olahraga malam yang harus diketahui!

Baca juga: Olahraga Pagi VS Olahraga Malam, Kamu Pilih yang Mana?

Perbedaan Manfaat Olahraga Pagi dan Malam

Aktivitas yang padat karena beban pekerjaan membuat kebanyakan orang tidak dapat meluangkan waktu untuk olahraga. Padahal, berolahraga membuat tubuh kamu bugar dan pikiran tetap terbuka. Selain itu, banyak juga orang yang bingung tentang perbandingan olahraga pagi dan olahraga malam.

Banyak orangtua berkata apabila dengan bangun pagi, rejeki kamu tidak dipatok ayam. Ternyata, hal tersebut tidak selalu benar menyangkut dengan olahraga. Seseorang yang melakukan olahraga pagi atau olahraga malam mendapatkan manfaatnya tersendiri. Berikut ini beberapa perbedaan manfaat dari olahraga pagi dengan olahraga malam, yaitu:

Olahraga Pagi

Berolahraga di pagi hari mempunyai manfaat karena tubuh terkena cahaya matahari yang memberi asupan vitamin D. Selain itu, kamu juga merasakan udara yang lebih segar. Berikut adalah beberapa keunggulan olahraga pagi hari, yaitu:

  1. Berdampak Lebih Baik pada Kesehatan

Salah satu manfaat dari olahraga pagi adalah berdampak langsung pada kesehatan tubuh. Olahraga pagi meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh membakar lemak lebih intens dibanding sebelumnya. Endorfin yang dilepaskan juga membuat hari kamu menjadi positif.

  1. Membuat Tubuh Siap Beraktivitas

Olahraga pagi juga membuat tubuh menjadi siap untuk beraktivitas. Walau begitu, hal ini dapat terjadi jika kamu tidur dalam waktu yang cukup. Selain itu, melakukan olahraga di pagi hari membuat kesehatan mental lebih terjaga dengan baik. Sehingga, tubuh dan pikiran kamu sangat siap untuk menjalani hari.

  1. Membuat Konsistensi

Seseorang yang rutin berolahraga pagi menjadi cara yang tepat untuk membuat kamu konsisten melakukannya. Hal ini melatih tubuh dan pikiran kamu untuk membangun kebiasaan positif dan konsisten terhadap apa pun. Olahraga sebaiknya dilakukan dua kali selama seminggu.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait yang mana lebih baik antara olahraga pagi atau olahraga malam, dokter dari Halodoc mampu menjawabnya. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kamu gunakan!

Baca juga: Senang Olahraga di Malam Hari? Perhatikan 5 Tips Ini

Olahraga Malam

Tidak sedikit orang yang melakukan olahraga di malam hari karena kesulitan mengatur waktu pada pagi. Aktivitas yang sudah padat di pagi hari membuat malam adalah pilihan terbaik daripada tidak sama sekali. Tidak perlu khawatir, olahraga malam juga mempunyai manfaat, yaitu:

  1. Pagi Hari yang Lebih Segar

Salah satu manfaat yang dirasakan dengan melakukan olahraga malam adalah merasa lebih segar di pagi hari. Selain itu, kamu juga tidak perlu terburu-buru untuk mempersiapkan segala sesuatu seperti saat olahraga pagi. Hal ini membuat kamu lebih bugar pada pagi hari dan bersemangat untuk beraktivitas.

  1. Menghilangkan Stres

Setelah seharian bekerja di kantor yang menguras tenaga dan pikiran, kamu dapat merasakan stres. Dengan melakukan olahraga malam, kamu bisa melepas stres dan bersiap menjalani keesokan harinya. Cara ini juga meningkatkan kepercayaan diri untuk mengatasi tantangan yang ada di esok hari.

  1. Lebih Bersemangat

Saat berolahraga malam, kamu cepat untuk tidur dan bangun dengan tubuh yang lebih bersemangat. Dengan istirahat yang nyenyak, tubuh memasuki pemulihan yang maksimal sehingga siap untuk beraktivitas.

Baca juga: Olahraga Juga Menyehatkan Otak, Kok Bisa?

Nah, jadi tidak ada alasan kesulitan mengatur waktu untuk berolahraga. Pada dasarnya, baik olahraga pagi atau malam sama-sama memiliki manfaat. Luangkan waktu setiap harinya sebanyak 30 menit untuk berolahraga agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Referensi:
AIA.com.my .Diakses pada 2019.MORNING VS EVENING WORKOUTS: WHICH IS BETTER?
Elitedaily.Diakses pada 2019.There’s A Big Difference Between Working Out In The Morning And At Night