01 February 2019

4 Jenis Gangguan Lambung

4 Jenis Gangguan Lambung

Halodoc, Jakarta - Apabila kamu mengalami beberapa gejala, seperti mual dan muntah, serta nyeri pada bagian perut, mungkin kamu mengidap gangguan lambung. Salah satu organ di dalam perut tersebut berfungsi untuk memecah makanan atau minuman. Karenanya, organ ini harus dijaga dengan baik supaya terhindar dari berbagai macam gangguan.

Dalam beberapa kasus, gangguan ini berhubungan dengan keracunan makanan atau suatu hal yang terjadi secara rutin, seperti gastritis atau maag. Selain itu, beberapa hal yang dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan seseorang mengalami gangguan lambung adalah nyeri pada perut seperti terbakar, tertusuk, sakit, dan lain-lain. Apabila kamu merasakan gejalanya semakin hari semakin parah, ada baiknya melakukan pengecekan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: Sembuhkan Asam Lambung dengan 5 Makanan Ini

Jenis Gangguan Lambung

Terdapat beberapa jenis gangguan lambung yang dapat terjadi pada seseorang. Gangguan lambung tersebut dapat berdampak ringan hingga berat. Gangguan-gangguan tersebut antara lain:

1. Penyakit Gastroesophageal Reflux (GERD)

GERD terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan atau yang biasa disebut acid reflux. Ketika hal tersebut terjadi, rasa sakit akan terasa hingga membakar bagian tengah dada kamu. GERD umumnya terjadi setelah makan siang atau makan malam. Gejala yang timbul ketika seseorang mengidap GERD adalah mengalami mulas yang terus-menerus, bau mulut, mual, nyeri di dada, hingga sulit untuk menelan.

Cara untuk mencegah atau mengatasi penyakit ini adalah dengan menghindari makanan atau minuman yang memicu gejala. Di samping itu, kamu juga bisa mengonsumsi antasida yang berguna untuk mengurangi produksi asam lambung dan radang tenggorokan. Apabila GERD sudah menjadi lebih parah, dibutuhkan pengobatan lebih lanjut hingga operasi.

Baca Juga: Jangan Abaikan Masalah Kesehatan Akibat Tukak Lambung

2. Gastritis

Gastritis adalah sebuah kondisi ketika lambung mengalami peradangan karena asam lambung yang terlalu kuat, sehingga merusak lapisan pelindung tersebut. Umumnya, gastritis disebabkan oleh beberapa hal, seperti alkohol, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), hingga infeksi dari bakteri H. pylori. Selain rasa sakit pada perut bagian atas, gejala lainnya yang dapat terjadi adalah perasaan kembung, nafsu makan yang berkurang, mual dan muntah, hingga lebih cepat kenyang.

3. Gastroparesis

Gastroparesis adalah sebuah gangguan lambung yang terjadi karena lambung mengalami perlambatan ketika mencerna makanan. Hal tersebut menyebabkan gangguan pada fungsi lambung yang disebabkan karena otot-otot pada dinding lambung tidak bekerja secara maksimal. Akibatnya, fungsi lambung untuk mencerna makanan pun terganggu. Gangguan ini umumnya terjadi pada pengidap diabetes.

Gejala yang muncul pada seseorang yang mengidap gastroparesis adalah perut mengalami kram, selalu merasa kenyang, hingga muntah setelah makan. Apabila sudah menjadi parah, orang yang mengidapnya dapat mengalami penurunan berat badan. Penyakit ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kamu.

Baca Juga: Jangan Percaya, Ini Mitos Tentang Tukak Lambung

4. Dispepsia

Dispepsia adalah gejala-gejala yang muncul karena terdapat penyakit pada bagian perut atas. Gejala yang muncul adalah perut terasa tidak nyaman, mudah kenyang, terasa nyeri pada ulu hati ketika sehabis makan, kembung, dan merasakan mual hingga muntah. Hal ini umumnya berhubungan dengan gastritis, tukak lambung, hingga kanker lambung. Gangguan ini dapat diatasi dengan pola makan yang sehat dan menghindari gejala yang dapat menyebabkannya.

Itulah beberapa jenis gangguan lambung yang dapat terjadi pada seseorang. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan lambung, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!