23 July 2018

Jangan Abaikan Masalah Kesehatan Akibat Tukak Lambung

Tukak lambung, masalah kesehatan, masalah kesehatan akibat tukak lambung, penyebab tukak lambung

Halodoc, Jakarta - Tukak lambung merupakan sebuah kondisi ketika lapisan dinding lambung mengalami luka. Sama halnya dengan maag, tukak lambung juga dapat menyebabkan rasa sakit pada lambung. Meskipun begitu, tidak sedikit yang keliru dan menganggap kedua kondisi ini sama. Padahal, kedua kondisi ini merupakan dua penyakit yang berbeda.

Meskipun gejalanya mirip maag, tukak lambung juga berpotensi memberikan luka pada dinding bagian pertama usus kecil dan juga kerongkongan. Bahkan dalam kondisi yang parah, tukak lambung juga bisa menyebabkan perdarahan. Maka dari itu, sebaiknya kamu ketahui berbagai jenis masalah kesehatan yang disebabkan oleh tukak lambung. Berikut penjelasannya!

Baca juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung

Penyebab Tukak Lambung

Sebelum mengetahui berbagai jenis masalah kesehatan yang disebabkan oleh tukak lambung, ada baiknya ketahui dulu penyebab tukak lambung. Secara umum, tukak lambung disebabkan oleh penurunan fungsi perlindungan dinding lambung terhadap asam lambung. Penurunan tersebut bisa disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori dan konsumsi obat anti-inflamasi non-steroid. Tumor pankreas dan pengobatan radiasi pada lambung juga dapat menyebabkan terjadinya tukak lambung.

Gaya hidup seseorang juga ternyata bisa meningkatkan risiko seseorang terkena tukak lambung. Salah satunya adalah konsumsi alkohol yang berlebihan. Pasalnya, konsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat selaput pelindung dinding lambung menjadi lebih tipis. Kebiasan merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya tukak lambung, terutama bagi seseorang yang telah terinfeksi bakteri Helicobacter pylori.

Stres berkepanjangan juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami tukak lambung. Meskipun begitu, stres bukan lah penyebab terjadinya tukak lambung. Melainkan stres dapat memperparah gejala tukak lambung yang dialami oleh pengidapnya.

Masalah Kesehatan Akibat Tukak Lambung

Dengan penanganan yang tepat, tukak lambung tidak akan berakibat fatal. Namun dalam kondisi tertentu, terutama jika pengidap tukak lambung tidak mendapatkan perawatan yang baik, beberapa masalah kesehatan dapat muncul. Di antaranya adalah:

 

  • Perdarahan dalam perut. Kondisi ini merupakan komplikasi yang paling umum terjadi. Perdarahan yang terjadi bisa saja ringan atau bahkan parah hingga membutuhkan transfusi darah. Selain itu, perdarahan ringan juga bisa menyebabkan anemia.
  • Gangguan Pencernaan. Dalam kondisi tertentu, tukak lambung dapat membengkak dan membuat saluran pencernaan tersumbat. Akibatnya, pergerakan makanan akan terhambat ketika melewati saluran pencernaan. Kondisi ini akan membuat pengidap menjadi cepat kenyang, muntah-muntah, dan penurunan berat badan.
  • Peritonitis. Kondisi ini terjadi saat tukak lambung tidak ditangani dengan baik, sehingga berlanjut pada tahap berikutnya yaitu ruptur lambung. Pada ruptur lambung, isi lambung keluar ke ruang abdomen, sehingga menyebabkan infeksi pada ruang tersebut. Kasus ini sebenarnya jarang terjadi. Meskipun begitu, kondisi ini tetap harus diperhatikan dan mendapatkan penanganan serius, karena dapat berakibat fatal.
  • Kanker Lambung. Keterkaitan antara tukak lambung dan kanker lambung masih menjadi perdebatan. Meskipun begitu, ada beberapa pihak yang memperkirakan sekitar 2 persen kasus tukak lambung dapat berubah menjadi kanker lambung. Penyebabnya diduga karena adanya infeksi bakteri Helicobacter Pylori. Peradangan kronis karena bakteri ini dianggap dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lambung.

 

Pengobatan Tukak Lambung

Pengobatan tukak lambung dilakukan berdasarkan penyebab tukak lambung yang dialami oleh pengidap. Penanganan tukak lambung bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan untuk menghancurkan keberadaan bakteri Helicobacter Pylori. Selain itu, konsumsi obat-obatan anti-inflamasi non-steroid juga akan dihindari untuk mengatasi penyakit ini.

Selain pengobatan dengan obat-obatan, tukak lambung juga terkadang memerlukan tindakan operasi. Operasi dilakukan jika terjadi perdarahan serius atau terdapat lubang pada dinding lambung.

Baca juga: 6 Makanan Penyebab Maag yang Perlu Diketahui

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai masalah kesehatan? Kamu bisa menghubungi dokter tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga dapat bertanya pada dokter melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan suplemen di Halodoc tanpa perlu ke luar rumah. Pesanan akan sampai dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!