• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Salep Jamur Kulit untuk Redakan Gejala
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Salep Jamur Kulit untuk Redakan Gejala

4 Jenis Salep Jamur Kulit untuk Redakan Gejala

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 Juli 2022

“Meskipun jarang menyebabkan masalah yang serius, infeksi jamur kulit bisa menimbulkan gejala yang mengganggu dan membuat tidak nyaman. Untungnya, ada beberapa jenis salep jamur kulit yang bisa digunakan untuk membantu meredakan gejalanya.”

4 Jenis Salep Jamur Kulit untuk Redakan Gejala4 Jenis Salep Jamur Kulit untuk Redakan Gejala

Halodoc, Jakarta – Infeksi jamur merupakan penyakit kulit yang umum terjadi. Pasalnya, ada jutaan spesies jamur yang bisa ditemukan di lingkungan sekitar kita. Seperti di tanah, tanaman, permukaan perabot rumah, bahkan di kulit. Nah, beberapa dari mereka bisa menyebabkan infeksi kulit dengan gejala yang mengganggu.

Untungnya, masalah kesehatan tersebut bisa diatasi dengan mudah dengan menggunakan salep jamur kulit. Namun, tentu saja pengobatan harus disesuaikan dengan jenis infeksi jamur yang dialami. Yuk, simak ulasannya di sini.

Jenis Salep Jamur Kulit

Infeksi jamur terdiri dari berbagai macam jenis dan bisa menyerang bagian tubuh mana pun. Beberapa jenis infeksi jamur yang paling umum terjadi, antara lain:

  • Athlete’s foot (tinea pedis), kurap pada kulit kaki yang sering terjadi akibat berjalan tanpa alas kaki di kamar mandi umum atau ruang ganti.
  • Jock itch (tinea cruris), infeksi jamur yang muncul di selangkangan.
  • Kurap (ring worm), infeksi jamur ini bisa terjadi di mana saja pada tubuh.
  • Infeksi ragi, jenis infeksi jamur ini bisa berkembang pada kulit, mulut atau alat kelamin.

Kebanyakan infeksi jamur tidak menyebabkan masalah serius. Namun, masalah kesehatan tersebut bisa menimbulkan gejala yang mengganggu yang membuat pengidapnya tidak nyaman. Gejala infeksi jamur, antara lain iritasi, kemerahan, kulit bersisik, kemerahan, gatal, dan lepuhan.

Nah, pengobatan yang paling umum untuk mengatasi infeksi jamur sekaligus meredakan gejalanya adalah obat antijamur. Sebenarnya obat antijamur tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari obat minum (tablet atau kapsul), obat topikal (krim, gel, salep), dan suntikan. Dokter akan menentukan jenis pengobatan berdasarkan jenis dan tingkat keparahan infeksi jamur. 

Namun, obat antijamur yang paling sering digunakan untuk meredakan gejala infeksi jamur kulit adalah obat topikal seperti salep. Obat ini bisa didapatkan dengan mudah di toko kesehatan dan penggunaannya juga sangat mudah.

Berikut beberapa salep jamur kulit yang paling umum dan manfaatnya:

1. Klotrimazol

Klotrimazol merupakan obat antijamur yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup dioleskan pada kulit dua kali sehari. Salep jamur kulit ini bisa mengobati infeksi jamur, seperti athlete’s foot, jock itch, dan kurap.

2. Miconazole

Miconazole juga merupakan salep jamur kulit yang bisa digunakan untuk mengobati athlete’s foot, jock itch, dan kurap. Cara menggunakannya juga sama, yaitu dioleskan pada kulit dua kali atau seperti anjuran dokter.

3. Ketokonazol

Ketoconazole adalah obat antijamur yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur, dan biasanya diresepkan dalam bentuk salep atau sampo. Jenis salep jamur kulit ini biasa digunakan untuk mengobati athlete’s foot, panu (tinea versikolor), jock itch, kurap (ring worm), dan infeksi ragi. 

4. Ekonazol

Salep jamur kulit ekonazol biasanya digunakan untuk mengobati infeksi jamur, seperti athlete’s foot, jock itch, dan ringworm. Salep jamur kulit biasanya tidak menimbulkan efek samping. Namun, kadang-kadang, beberapa orang bisa mengalami rasa gatal, terbakar, atau kemerahan di lokasi di mana salep dioleskan. Bila hal itu parah, kamu perlu menghentikan penggunaannya atau bicarakan dengan dokter untuk alternatif pengobatan.

Ingat, jangan sembarangan menggunakan salep jamur kulit. Sebaiknya bicarakan dahulu dengan dokter sebelum memulai menggunakan obat apa pun. 

Nah, kamu bisa tanya dokter melalui aplikasi Halodoc bila mengalami infeksi jamur. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter terpercaya dari Halodoc bisa memberimu saran kesehatan dan pengobatan yang tepat. Tunggu apalagi, ayo download Halodoc di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Fungal Infections of the Skin.
Verywell Health. Diakses pada 2022. Antifungal Cream: Types, Uses, and Side Effects.
Patient. Diakses pada 2022. Antifungal Medicines.