• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Pergelangan Tangan Sakit

4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Pergelangan Tangan Sakit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu pernah mengalami pergelangan tangan sakit? Nyeri pergelangan tangan sering disebabkan oleh cedera atau terlalu sering menggunakan tangan atau pergelangan tangan. Namun, rasa sakit yang terus-menerus atau berulang di pergelangan tangan menjadi tanda dari kondisi yang mendasarinya.

Jika kamu mengalami sakit pada pergelangan tangan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Lantas, kebiasaan apa yang menyebabkan nyeri pada pergelangan tangan? Berikut ini contohnya:

  1. Melakukan Gerakan Berulang

Melakukan gerakan yang berulang-ulang dapat membuat pergelangan terasa sakit. Contoh gerakan berulang yang telah menjadi kebiasaan sehari-hari, yaitu menulis, mengetik laptop atau bermain handphone. Pekerjaan yang dilakukan berulang kali tanpa henti, seperti menulis hingga menyetir dapat menyebabkan peradangan pada jaringan sendi di pergelangan tangan, sehingga pergelangan akan terasa nyeri. Untuk mencegahnya, hentikan sejenak kegiatan tersebut dan beristirahat dengan melakukan relaksasi pada tangan ketika rasa nyeri mulai muncul.

  1. Terlalu Banyak Berolahraga

Olahraga memang menyehatkan, tetapi jika kamu terlalu memforsir tubuh untuk berolahraga justru kamu tidak mendapatkan manfaatnya. Badminton, tenis, basket adalah olahraga yang memerlukan gerakan tangan. Jika olahraga tersebut dilakukan secara berlebihan, maka pergelangan tangan rentan mengalami nyeri.

Selain itu, olahraga yang dilakukan tanpa pemanasan dan pendinginan berisiko menyebabkan nyeri pergelangan tangan. Oleh sebab itu, pastikan melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum berolahraga dan jangan lupa melakukan pendinginan setelahnya. 

Baca Juga: Perhatikan 8 Gejala Nyeri Pergelangan Tangan yang Wajib Diwaspadai

  1. Salah Posisi Saat Bekerja

Posisi duduk atau posisi tangan yang salah saat bekerja kerap kali dialami oleh pekerja kantoran. Pekerja kantoran umumnya duduk seharian dan mengetik dalam waktu yang lama. Ketika posisi yang salah ini dilakukan berulang, lama-kelamaan pergelangan tangan mengalami nyeri bahkan  memicu masalah kesehatan, seperti carpal tunnel syndrome (CTS).

Baca Juga: Carpal Tunnel Syndrome Bahaya atau Tidak?

Carpal tunnel syndrome terjadi ketika tertekannya saraf median yang melewati pergelangan tangan. Pekerja kantoran berisiko mengidap kondisi ini apabila cara mengetiknya keliru. Jika kamu salah satu yang mengalaminya, tanyakan kepada dokter Halodoc terkait penanganan yang tepat. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja. Lebih praktis, kan?

  1. Sering Mengonsumsi Makanan Tinggi Purin

Sering mengonsumsi makanan tinggi purin dapat menyebabkan pergelangan tangan sakit. Purin adalah unsur yang meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Ketika jumlahnya terlalu banyak, maka purin menumpuk di dalam pembuluh darah dan mengakibatkan asam urat. Seafood, jeroan, daging merah atau jamur adalah contoh makanan dengan kandungan purin yang cukup tinggi.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan Penanganan Asam Urat di Rumah

Selain daging, ada juga sayuran yang kandungan purinnya tinggi, seperti bayam, asparagus, dan kembang kol. Penyakit asam urat masuk ke dalam penyakit sendi yang disebabkan oleh kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Asam urat yang terlalu tinggi akan larut dalam darah dan keluar melalui urine ketika jumlahnya masih dalam batas normal. Hal ini yang menyebabkan nyeri pada sendi, khususnya di pergelangan tangan, jempol kaki, lutut, dan pergelangan kaki.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan pergelangan tangan menjadi sakit. Ingat, selalu jaga kesehatan pergelangan tangan agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Referensi :
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Wrist pain.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What can cause pain in the hand or wrist?.