08 October 2018

Carpal Tunnel Syndrome Bahaya atau Tidak, Ya?

carpal tunnel syndrome bahaya atau tidak, ya?

Halodoc, Jakarta – Carpal Tunnel Syndrome adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kondisi jari tangan mengalami sensasi kesemutan, mati rasa, ataupun nyeri. Biasanya, bagian jari yang sering terserang kondisi carpal tunnel syndrome adalah bagian jempol, jari telunjuk, jari tengah, dan juga telapak tangan. Kondisi ini nyatanya sering terjadi pada wanita yang memasuki usia paruh baya. Ketika seseorang mengalami kondisi carpal tunnel syndrome terjadi peningkatan tekanan saraf langsung pada saraf median di pergelangan tangan. Saraf median adalah saraf yang mengontrol indra perasa dan pergerakan di dalam pergelangan tangan.

Nyatanya, sindrom ini biasa dirasakan oleh orang-orang yang banyak bekerja menggunakan jari dan tangan. Hal ini disebabkan karena gerakan berulang yang dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama. Penyakit carpal tunnel syndrome dapat diatasi dengan menghindari faktor yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

Penyebab utama dari carpal tunnel syndrome adalah penyempitan terowongan karpal karena pembengkakan pada pergelangan tangan. Hal ini yang menyebabkan rasa nyeri dan gejala lainnya. Namun, ada beberapa penyebab lainnya sebagai berikut:

1. Kehamilan

Wanita hamil nyatanya sering mengalami carpal tunnel syndrome. Hal ini diakibatkan adanya perubahan hormon dan penumpukan cairan.

2. Gejala Penyakit Lain

Carpal Tunnel Syndrome juga bisa disebabkan karena adanya penyakit. Dengan kata lain, carpal tunnel syndrome juga bisa menjadi indikasi atau gejala ketika kamu memiliki penyakit pada tubuh kamu. Misalnya, diabetes, gangguan otot hingga kekurangan tiroid.

3. Obesitas

Obesitas nyatanya mampu meningkatkan peluang seorang wanita terkena carpal tunnel syndrome.

4. Cedera Tangan

Jika kamu mengalami cedera tangan maka kemungkinan akan mengalami carpal tunnel syndrome.

Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Ada beberapa gejala yang akan kamu rasakan jika kamu menderita carpal tunnel syndrome ini. Berikut gejala yang mungkin kamu rasakan:

1. Kesemutan di beberapa bagian jari. Khususnya, jika kamu sedang menggerakan jari. Tidak hanya kesemutan, kamu juga akan merasakan nyeri pada jari-jari kamu.

2. Setelah merasakan tangan yang kesemutan dan nyeri, kamu juga akan merasa bahwa tangan lemas beberapa saat. Selain itu, kesulitan merasakan dan menggenggam benda-benda kecil.

Namun jangan khawatir, jika kamu masih merasakan gejala ringan bisa mengibaskan tangan agar gejala dari  carpal tunnel syndrome bisa menghilang. Namun jika terasa dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu bisa kunjungi tim medis untuk pertolongan pertama.

Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kondisi ini.

1. Mengubah Gaya Hidup

Terkadang perubahan yang cukup sederhana bisa membantu kamu terhindar dari penyakit carpal tunnel syndrome. Misalnya, memberikan dudukan pada pergelangan tangan ketika kamu mengetik. Jika saat bekerja kamu merasakan nyeri, sebaiknya berhenti dan istirahat sejenak hingga kondisi benar-benar pulih.

2. Mengurangi Tekanan pada Saraf Tangan

Dengan mengonsumsi obat, kamu bisa meredakan nyeri, tetapi hanya dalam jangka waktu tertentu saja. Kamu bisa membalut pergelangan tangan menggunakan kain khusus dengan tujuan mengurangi tekanan pada saraf tangan. Lakukan hal ini pada malam hari agar hasilnya lebih optimal.

Menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Jauhkan kebiasaan gaya hidup yang buruk dan jalani pola hidup sehat. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan kamu gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung kepada dokter. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: