03 January 2019

Inilah Cara Mudah Mengenali Gejala Carpal tunnel syndrome

Inilah Cara Mudah Mengenali Gejala Carpal tunnel syndrome

Halodoc, Jakarta - Tangan adalah salah satu organ yang penting untuk kehidupan. Tangan memiliki fungsi yang sangat krusial untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu bagian tangan yang rentan untuk mengalami kelainan adalah pergelangan tangan. Umumnya, keluhan pergelangan tangan disebabkan oleh carpal tunnel syndrome (CTS). Hal tersebut terjadi karena pergelangan tangan terlalu sering melakukan aktivitas yang berlebihan.

Gejala carpal yang dapat timbul, selain dari pergelangan tangan yang sakit, adalah pegal, sering kesemutan, serta mati rasa yang dapat dirasakan hingga jari-jari. Bagian tangan yang paling sering mengalami gejala-gejala tersebut adalah telunjuk, jari tengah, dan jempol. Selain itu, kesemutan dan mati rasa akan bertambah parah pada malam hari.

Carpal Tunnel Syndrome Bahaya atau Tidak, Ya?

Carpal tunnel syndrome disebabkan oleh saraf yang tertekan pada lorong sempit di telapak tangan. Hal-hal yang menyebabkan carpal terjadi antara lain anatomi pergelangan tangan yang tidak normal, masalah kesehatan, dan gerakan tangan yang terus berulang secara konstan.

Gejala Carpal Tunnel Syndrome

Umumnya, gejala carpal kerap terjadi di sepanjang jalur saraf, karena saraf median mengalami tekanan. Tangan kamu juga mungkin saja tiba-tiba tidak dapat berfungsi, sehingga genggaman pada suatu benda menjadi hilang dan terjatuh. Gejala lainnya yang dapat dirasakan adalah:

  1. Gejala carpal yang mungkin timbul adalah pergelangan tangan mengalami mati rasa, kesemutan, dan rasa sakit pada ibu jari, telunjuk, dan jari tengah. Mungkin saja kamu akan merasakan seperti tersengat listrik pada jari-jari tersebut.

  2. Salah satu gejala carpal yang mungkin terjadi adalah rasa sakit dan terbakar pada lengan. Hal ini umumnya terjadi ketika seseorang memegang setir, telepon, atau koran. Salah satu cara untuk meredakan gejala ini adalah bersentuhan tangan dengan orang lain. Lama-kelamaan, perasaan mati rasa mungkin saja menjadi konstan.

  3. Nyeri pergelangan juga termasuk gejala carpal yang mungkin terjadi. Rasa nyeri tersebut sering muncul pada malam hari, sehingga akan mengganggu waktu tidur.

  4. Gejala carpal lainnya adalah otot-otot tangan melemah. Ketika tangan melemah, maka suatu benda yang sedang dipegang mungkin saja terjatuh. Hal tersebut terjadi karena mati rasa yang terjadi atau pun melemahnya otot jempol yang dipengaruhi oleh terjepitnya saraf median.

4 Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Diagnosis Carpal Tunnel Syndrome

Untuk mendiagnosis Carpal Tunnel Syndrome, dokter akan melakukan beberapa tes. Awalnya, dokter akan memberi pertanyaan perihal riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik pada tangan, lengan, bahu, dan leher. Dokter mencoba mengetahui apa yang menyebabkan rasa sakit pada pergelangan tangan, seperti cedera atau radang sendi.

Memegang Mouse Seharian Bisa Sebabkan Carpal Tunnel Syndrome?

Dokter akan mengecek apakah pergelangan tangannya lunak, bengkak, hangat, atau berubah warna. Lalu, dokter akan menguji kekuatan otot-otot pada tangan. Setelah itu, dokter akan memberikan pilihan tes lanjutan yang harus dijalani. Macam-macam tes yang mungkin dilakukan adalah:

  • Tinel's Sign. Dokter akan melakukan tekanan pada saraf median di pergelangan tangan dengan palu refleks. Apabila jari-jari kamu terasa seperti tersengat listrik, kamu positif mengidap carpal tunnel syndrome.

  • Manuver Phalen. Pemeriksaan ini juga dikenal dengan sebutan tes fleksi pada pergelangan tangan. Dokter akan menekan punggung tangan dan jari secara bersamaan, lalu pergelangan tangan tertekuk dan jari-jari diarahkan menunjuk ke bawah. Posisi tersebut akan ditahan hingga 1-2 menit. Jika kamu kesemutan atau mati rasa, kamu mengidap carpal tunnel syndrome.

Itulah beberapa gejala Carpal Tunnel Syndrome yang mungkin muncul. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal penyakit ini, kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc. Komunikasi dengan dokter dapat dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat di aplikasi Halodoc, dan pesananmu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!