23 November 2018

4 Makanan yang Dapat Meningkatkan Hemoglobin

4 Makanan yang Dapat Meningkatkan Hemoglobin

Halodoc, Jakarta – Dalam tubuh manusia, hemoglobin memiliki peran penting, yaitu membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Rendahnya kadar hemoglobin dalam darah bisa menyebabkan anemia, dan gangguan kesehatan lain. Gejala yang sering muncul karena hemoglobin rendah adalah mudah merasa lelah, sesak napas, lesu, pusing, dan kulit pucat.

Mengatasi kadar hemoglobin yang rendah adalah hal yang harus dilakukan agar fungsi penting dan proses yang terjadi di dalam tubuh tetap maksimal. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar hemoglobin, salah satunya dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Lantas, apa saja yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah?

1. Perbanyak Asupan Zat Besi

Makanan yang banyak mengandung zat besi (Fe) bisa membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. Tidak hanya itu, jenis makanan yang satu ini juga bisa membantu membentuk lebih banyak sel darah merah. Kamu bisa mendapatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi daging, ikan, hati ayam atau sapi, telur, bayam, brokoli, serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

Selain dari makanan, kamu juga bisa mendapatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi suplemen khusus. Akan tetapi, pastikan untuk selalu berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter dan pilih jenis suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

2. Vitamin C dan Betakaroten

Mengonsumi makanan yang kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh menyerap zat besi secara optimal. Asupan zat besi bisa berfungsi secara maksimal dalam meningkatkan produksi hemoglobin jika diserap secara optimal oleh tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi jenis makanan yang satu ini bersamaan dengan konsumsi sumber zat besi. Jenis makanan yang kaya akan vitamin C, di antaranya jeruk, stroberi, jambu biji, pepaya, kiwi, dan sayuran hijau.

Tak hanya vitamin C, tubuh juga membutuhkan asupan vitamin A dan betakaroten untuk menyerap lebih banyak zat besi. Vitamin A banyak ditemukan dalam makanan hewani, seperti ikan dan hati. Sedangkan untuk menambah asupan betakaroten, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran berwarna merah, kuning, dan oranye, seperti tomat, paprika, cabai, semangka, dan wortel.

3. Perbanyak Folat

Makanan yang kaya akan folat ternyata juga bisa membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh. Di dalam tubuh, folat digunakan untuk memproduksi heme, yakni sebuah komponen penting dalam hemoglobin.

Kurang asupan folat bisa membuat proses pematangan sel darah merah jadi terganggu. Jika itu yang terjadi, maka risiko anemia defisiensi folat menjadi lebih tinggi. Kondisi itu juga bisa memengaruhi kadar hemoglobin dalam tubuh, sehingga hemoglobin menjadi rendah dan meningkatkan risiko anemia.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengonsumsi makanan sumber folat, seperti daging sapi, bayam, nasi, kacang-kacangan, dan alpukat.

4. Makanan Laut

Meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan laut. Misalnya, tuna, kerang, lele, salmon, dan sarden. Namun ingat, jenis makanan ini sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja. Sebab, berlebihan dalam mengonsumsi makanan laut bisa memicu terjadinya gangguan kesehatan lain.

Selain dari makanan, kadar hemoglobin juga bisa ditingkatkan dengan konsumsi suplemen khusus. Lebih mudah beli suplemen dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Gratis ongkos kirim, lho! Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: