4 Makanan yang Dapat Meningkatkan Hemoglobin

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Makanan yang Dapat Meningkatkan Hemoglobin

Halodoc, Jakarta – Hemoglobin memiliki peran penting di dalam tubuh manusia, yaitu membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Rendahnya kadar hemoglobin dalam darah dapat menyebabkan anemia, dan gangguan kesehatan lain. Gejala yang sering muncul karena hemoglobin rendah adalah mudah merasa lelah, sesak napas, lesu, pusing, dan kulit pucat.

Baca Juga: Ini Hal yang Jadi Penyebab HB Rendah

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kadar hemoglobin, salah satunya dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Lantas, apa saja yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah?

1. Makanan Kaya Zat Besi

Makanan yang banyak mengandung zat besi (Fe) bisa membantu meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah. The National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements merekomendasikan bahwa pria memerlukan 8 mg zat besi per hari, sedangkan wanita harus mendapatkan hingga 18 mg per hari. Pada ibu hamil, mereka harus mendapatkan setidaknya 27 mg sehari.

Tidak hanya itu, jenis makanan yang satu ini bisa membantu membentuk lebih banyak sel darah merah. Kamu bisa mendapatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi daging, ikan, hati ayam atau sapi, telur, bayam, brokoli, serta kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain dari makanan, kamu bisa mendapatkan asupan zat besi dengan mengonsumsi suplemen khusus.

Namun, pastikan untuk selalu berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan jenis suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Baca Juga: 5 Jenis Anemia yang Diturunkan Secara Genetik

2. Makanan Kaya Vitamin C dan Betakaroten

Melansir dari Medical News Today, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi secara optimal. Ketika zat besi terserap optimal otomatis produksi hemoglobin juga berjalan lancar. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi jenis makanan yang satu ini bersamaan dengan konsumsi sumber zat besi.

Jenis makanan yang kaya vitamin C, di antaranya jeruk, stroberi, jambu biji, pepaya, kiwi, dan sayuran hijau. Tidak hanya vitamin C, tubuh juga membutuhkan asupan vitamin A dan betakaroten untuk menyerap lebih banyak zat besi. Vitamin A banyak ditemukan dalam makanan hewani, seperti ikan dan hati.

Sedangkan untuk menambah asupan betakaroten, kamu dapat mengonsumsi buah-buahan dan sayuran berwarna merah, kuning, dan oranye, seperti tomat, paprika, cabai, semangka, dan wortel.

3. Makanan Kaya Folat

Makanan yang kaya akan folat dapat meningkatkan produksi hemoglobin dalam tubuh. Dilansir dalam laman Healthline, folat adalah vitamin B yang digunakan tubuh untuk menghasilkan heme, bagian dari sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Tanpa folat yang cukup, sel darah merah tidak dapat terbentuk dengan baik.

Ketika hemoglobin tidak terbentuk dengan baik, seseorang berisiko mengalami anemia defisiensi folat menjadi lebih tinggi. Kondisi tersebut dapat memengaruhi kadar hemoglobin dalam tubuh, sehingga hemoglobin menjadi rendah dan meningkatkan risiko anemia. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan sumber folat, seperti daging sapi, bayam, nasi, kacang-kacangan, dan alpukat.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Kurang Darah & Darah Rendah

4. Makanan Laut

Mengonsumsi makanan laut juga efektif meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Misalnya, tuna, kerang, lele, salmon, dan sarden. Namun ingat, jenis makanan ini sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja. Alih-alih memeroleh manfaat baik, mengonsumsi makanan laut berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain.

Nah, itulah yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Ingat, ketika kadar hemoglobin normal, maka fungsi tubuh juga mampu berjalan dengan baik.

Referensi :
Medical News Today. Diakses pada 2019. How to increase hemoglobin: Home remedies.
Healthline. Diakses pada 2019. How to Raise Your Hemoglobin Count.
The National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements. Diakses pada 2019. Iron.