27 August 2018

Intip Kandungan Nutrisi Kerang dan Manfaatnya

kandungan nutrisi kerang

Halodoc, Jakarta – Sering diolah dengan menggunakan berbagai macam bumbu, mulai dari asam manis saus padang, saus tiram, dan masih banyak lagi. Kerang memang punya rasa yang lezat dan menggugah selera, bukan? Enggak heran bila banyak orang yang gemar makan kerang dan tidak bisa berhenti saat menyantapnya. Nah, ada kabar baik buat para penggemar kerang. Di balik rasanya yang nikmat, kerang ternyata juga memiliki  berbagai macam kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut kandungan nutrisi dalam kerang dan manfaatnya.

Kandungan Nutrisi

Beberapa jenis kerang yang biasanya dikonsumsi adalah kerang dara dan kerang hijau. Keduanya sama-sama kaya akan nutrisi selama kamu memilih kerang yang segar. Bagi ibu hamil, mengonsumsi kerang juga diperbolehkan, asal kerang sudah dimasak sampai matang.

Baca juga: Inilah Nutrisi dan Manfaat yang Terkandung dalam Udang

  • Kalori dan Lemak: dalam 3 ons porsi kerang hijau, terdapat kandungan kalori dan lemak sekitar 145 kalori dengan 4 gram lemak, 6 gram karbohidrat 48 mg kolesterol dan 314 mg sodium.
  • Protein: dalam 85 gram kerang terdapat 11 gram protein atau 22 persen dari angka kecukupan gizi (AKG) harian.
  • Asam Lemak Omega-3: pada tiap gram kerang mengandung 392 mg omega-3 dan 32 mg omega-6.
  • Vitamin A: mengonsumsi semangkuk kerang mampu memenuhi sekitar 10-18 persen asupan vitamin A harian yang dibutuhkan orang dewasa.
  • Vitamin B12: semangkuk kerang juga mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin B12 untuk orang dewasa.
  • Vitamin C: terdapat 11,1 miligram atau 18 persen dari AKG dalam 85 gram kerang.
  • Zat besi: kerang juga mengandung 12 miligram zat besi atau 66 persen dari AKG
  • Kalsium: 78,2 miligram atau 7 persen dari AKG.
  • Kalium: 533,8 miligram atau 15 persen dari AKG.
  • Mangan: 0,4 miligram.
  • Selenium: 67 mikogram.

Manfaat Kerang

Nah, karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam kerang, mengonsumsi makanan laut ini dapat memberi memberi sejumlah manfaat.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi dalam kerang mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Dengan demikian, mengonsumsi seporsi kerang segar dapat menghindarkan kamu dari berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh arteri dan serangan jantung. Namun, jangan juga mengonsumsi kerang terlalu banyak, karena kerang juga mengandung kolesterol yang tinggi yang dapat membahayakan kondisi jantungmu.

Baca juga: Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Jantung Sehat

2 Mengatasi Anemia

Orang yang sering mengalami anemia perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Nah, kerang adalah salah satunya. Mengonsumsi kerang yang kaya akan zat besi bisa membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein khusus yang berfungsi untuk membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Dengan adanya hemoglobin, organ-organ dalam tubuh bisa mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga bisa berfungsi dengan baik. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari anemia.

3. Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Tubuh manusia memerlukan vitamin B12 yang berperan penting dalam membantu sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin B12 akan membuatmu berisiko mengalami kerusakan saraf hingga penurunan fungsi otak. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memenuhi asupan vitamin B12 setiap hari. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi kerang yang kaya akan vitamin B12.

4. Meningkatkan Kekebalan dan Metabolisme Tubuh

Kerang mengandung kadar protein hewani yang sangat tinggi dan juga kandungan asam amino esensialnya yang hampir mencapai 100 persen. Nah, protein merupakan salah satu nutrisi penting yang berguna untuk menjaga tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk dalam menjaga daya tahan dan metabolisme tubuh. Selain itu, asupan protein juga diperlukan untuk membentuk otot, enzim, hormon, dan organ-organ tubuh lainnya.

Baca juga: 5 Aturan Makan Seafood Biar Enggak Kolesterol

Itulah kandungan nutrisi dan manfaat dari mengonsumsi kerang. Tapi ingat, jangan mengonsumsi kerang secara berlebihan ya agar kadar kolesterol dalam tubuh kamu enggak naik. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar nutrisi makanan tertentu, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.