23 March 2019

4 Pengobatan Alami yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Jamur Kuku

4 Pengobatan Alami yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Jamur Kuku

Halodoc, Jakarta – Infeksi jamur kuku alias onychomycosis bisa terjadi pada siapa saja, namun paling sering menyerang orang dewasa. Gejala yang khas dari kondisi ini adalah perubahan warna kuku menjadi putih, cokelat, atau kuning. Selain itu, kondisi ini juga membuat kuku menjadi rapuh, menebal, retak dan mudah patah.

Umumnya, infeksi jamur kuku disebabkan oleh jamur dermatofit. Tapi, ada penyebab lain yang ternyata bisa memicu kondisi ini, salah satunya ragi. Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terserang jamur kuku, mulai dari cedera kecil pada kulit atau kuku, mengidap diabetes, kurap kaki, banyak berkeringat, bekerja di lingkungan yang basah dan lembap, serta tidak menjaga kebersihan kuku kaki dan tangan dengan baik.

Dalam beberapa kasus, jamur kuku juga bisa menyebabkan kuku yang terinfeksi terpisah atau terlepas dari alas kuku. Jika itu yang terjadi, rasa nyeri pada ujung kuku kaki atau jari bisa terjadi. Selain itu, kuku yang terinfeksi juga bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Lantas, bagaimana cara mengatasi gangguan ini? Bisakah jamur kuku diatasi dengan bahan alami?

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Jamur Kaki

Jawabannya bisa. Nyatanya ada beberapa bahan alami yang disebut ampuh mengatasi jamur, termasuk di kuku. Tapi, penggunaan bahan alami mungkin hanya sebagai pertolongan pertama saat jamur menyerang. Jika kondisi tidak membaik atau malah semakin buruk, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Berikut bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jamur kuku:

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin dan ajoene yang bersifat antijamur dan antimikroba. Kandungan tersebut dipercaya bisa mengatasi dan mengobati jamur yang menyerang kuku. Kamu bisa melakukan pengobatan dengan memilih bawang putih terbaik, kemudian cincang sampai halus. Setelah itu, balurkan dan letakkan pada bagian kuku yang terinfeksi jamur dan diamkan selama 30 menit.

2. Minyak Zaitun

Ekstrak daun zaitun juga disebut mengandung bahan alami yang bersifat antijamur dan antimikroba. Kamu bisa menemukan khasiat ini dalam minyak atau salep yang terbuat dari ekstrak zaitun. Rutin mengoleskan minyak zaitun langsung ke bagian kuku yang mengalami infeksi disebut bisa membantu melawan serangan jamur. Jangan lupa untuk membilas kuku hingga bersih setelah diolesi minyak.

Baca juga: 6 Cara Ampuh Usir Jamur Kuku

3. Baking Soda

Jamur kuku juga bisa diatasi dengan memanfaatkan baking soda. Ramuan berbahan dasar baking soda bisa membantu mengurangi kelembapan pada jari-jari dan kuku. Selain itu, baking soda juga bisa membantu mengurangi bau tidak sedap akibat jamur. Cara membuat obat jamur dari baking soda juga tergolong mudah. Campurkan baking soda dan air sampai membentuk pasta, kemudian oleskan pada kuku yang terinfeksi jamur.

4. Cuka Apel

Mengatasi jamur kuku bisa dilakukan dengan menggunakan cuka apel atau cuka bening. Cuka dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempercepat pengobatan infeksi jamur kuku. Selain itu, cuka juga bisa membantu mencegah penyebaran jamur agar tidak menginfeksi ke bagian kuku lain. Campurkan cuka ke dalam baskom berisi air hangat dengan perbandingan 1:2. Kemudian, rendam kaki ke dalam campuran air selama 20 menit setiap hari.

Baca juga: Terlalu Sering Pakai Kutek Bisa Sebabkan Jamur Kuku?

Jika ragu dan butuh saran dokter untuk mengatasi jamur kuku, sampaikan melalui aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa bicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!