5 Kebiasaan yang Sebabkan Jamur Kuku

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Kebiasaan yang Sebabkan Jamur Kuku

Halodoc, Jakarta - Infeksi jamur dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja. Kemunculannya biasanya bersama dengan bakteri, seperti onikomikosis, atau Tinea unguium yang merupakan infeksi jamur pada kuku jari tangan maupun jari kaki. Perkembangan infeksi ini terjadi secara kontinyu, sehingga perbedaannya belum terlalu terlihat jika masih berada pada tahap awal.

Kuku jari tangan dan kaki rentan terinfeksi, yang ditandai berubahnya warna dan terjadi penebalan pada kuku serta remuk pada bagian ujungnya. Kondisi ini sering terjadi pada kuku kaki dan menyerang orang dewasa.

Kebiasaan yang Memicu Terjadinya Jamur Kuku

Infeksi jamur kuku bisa terjadi karena berbagai organisme jamur, tetapi paling sering adalah jamur jenis dermatophyte. Seiring dengan bertambahnya usia, kuku menjadi mudah rapuh dan kering. Kerapuhan ini memicu terjadi keretakan yang membuat jamur untuk masuk.

Faktor lain yang turut berperan seperti kurangnya sirkulasi darah pada bagian kaki dan kekebalan tubuh yang melemah. Namun, gangguan kesehatan ini tidak menular dari satu orang ke orang lainnya.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Jamur Kaki

Ternyata kebiasaan buruk bisa memicu munculnya jamur pada bagian kuku, di antaranya adalah:

  • Berjalan Tanpa Alas Kaki di Tempat Lembap

Berjalan tanpa alas kaki di tempat basah dan lembap, misalnya di rerumputan basah atau sisi kolam renang memicu munculnya jamur di kaki. Mengapa demikian? Kamu tidak tahu, mungkin ada orang lain yang berjalan bertelanjang kaki di tempat tersebut. Namun, orang tadi sedang memiliki kadas atau kurap pada kuku tangan atau kaki. Jamur kuku tidak menular, tetapi kadas dan kurap bersifat menular.

  • Mengenakan Sepatu Tanpa Kaus Kaki

Beberapa orang memilih mengenakan sepatu tanpa alas kaki dengan alasan lebih nyaman dan sepatu tidak terlalu sesak. Namun, ternyata mengenakan sepatu tanpa kaos kaki akan membuat kaki mudah berkeringat. Kondisi ini membuat jamur kuku lebih mudah berkembang biak.

Baca juga: Kuku Berwarna Kuning, Ada Risiko Sakit Apa?

  • Menggunakan Pewarna Kuku

Demi mempercantik kuku tangan dan kaki, banyak perempuan yang memilih untuk mewarnai kuku. Cat kuku membuat kuku terlihat lebih indah, tetapi hal ini bisa menyebabkan jamur kuku. Cat kuku yang tebal cenderung menghalangi cahaya, dan ini saat yang disukai jamur karena kuku menjadi lembap.

  • Mengenakan Sepatu Tertutup

Hampir semua jenis sepatu menutup seluruh kaki, termasuk pada bagian jari kaki. Namun, sepatu tertutup yang dimaksud pada bagian ini adalah ujungnya menyempit, sehingga membuat jari kaki mengalami trauma dan melemahkannya, sehingga jamur menginfeksi bagian tersebut. Sebaiknya pilih sepatu yang memberikan cukup ruang untuk jari kaki bernapas.

  • Mengenakan Stoking

Terlalu sering mengenakan stoking juga dapat menjadi pemicu terinfeksi jamur. Bahan nilon pada stoking tidak mampu menyerap keringat dengan baik, sehingga ketika kamu mengenakannya terlalu lama di dalam sepatu, ini membuat kaki berkeringat berlebihan, dan memicu jamur bermunculan.

Baca juga: Kuku Sering Patah, Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Itu tadi lima kebiasaan buruk yang bisa bikin jamur kuku muncul pada kuku tangan dan kaki kamu. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang jamur ini, seperti komplikasi yang muncul, kamu bisa langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!