• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Penyakit Kronis yang Terjadi di Usia Muda

4 Penyakit Kronis yang Terjadi di Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Penyakit Kronis yang Terjadi di Usia Muda

“Gaya hidup tidak sehat, misalnya kurang olahraga atau tidak memperhatikan pola makan tentu akan meningkatkan risiko tubuh terserang penyakit kronis. Sayangnya, masalah kesehatan ini justru semakin sering terjadi pada orang-orang dengan usia muda dan produktif.”

Halodoc, Jakarta – Penyakit kronis merupakan masalah kesehatan yang terjadi dalam waktu lama, biasanya berlangsung lebih dari setahun. Sebagian besar kondisi ini terjadi karena pola hidup dan pola makan tak sehat. Sering kali, pengidapnya tidak menyadari tubuhnya telah terserang penyakit kronis hingga sudah parah, yang tidak jarang berujung pada kematian. 

Tidak hanya itu, penyakit kronis juga diyakini menjadi salah satu faktor yang memicu tingginya risiko tubuh mengalami COVID-19. Sayangnya, kini masalah kesehatan ini sangat rentan terjadi pada usia muda dan produktif. Lalu, apa saja penyakit kronis yang dimaksud?

  • Hipertensi

Jumlah pengidap hipertensi semakin meningkat setiap tahunnya, terlebih pada usia muda dan produktif. Padahal, gangguan kesehatan ini sering dihubungkan dengan masalah usia yang semakin bertambah. Penyebab terjadinya hipertensi di usia muda sendiri sering karena gangguan metabolisme, terutama obesitas. Tentunya, ini didapat sebagai akibat dari pola hidup dan makan yang tidak sehat. 

Meski tidak selalu menunjukkan adanya gejala, tekanan darah tinggi yang tidak mendapatkan penanganan atau tidak ditangani dengan baik bisa berujung pada banyak komplikasi. Tidak boleh diabaikan, karena komplikasi yang muncul sangat membahayakan, termasuk gangguan ginjal, stroke, dan gagal jantung. 

Baca juga: Agar Terhindar dari Penyakit Kronis, Lakukan Pola Hidup Sehat Ini

  • Stroke

Stroke merupakan kondisi ketika asupan darah yang menuju ke jaringan otak mengalami gangguan karena pembuluh darah otak tersumbat atau pecah. Gaya hidup tidak sehat menjadi penyebab paling umum dari stroke, seringnya karena konsumsi makanan tinggi garam dan lemak. 

Sayangnya, kini stroke juga mengancam para generasi muda yang masih berusia produktif. Memang benar, jumlah pengidapnya tidak setinggi hipertensi, tetapi masalah kesehatan ini bisa mengakibatkan munculnya gejala sisa yang lebih berbahaya, seperti gangguan bicara (afasia), kelumpuhan, dan komplikasi fatal lainnya. 

  • Diabetes

Lalu, waspada pula dengan diabetes yang menjadi penyakit kronis lain yang mengancam usia muda. Masalah kesehatan ini ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang membuat pengidapnya menjadi mudah lapar, haus, dan sering kencing.

Tidk berbeda dengan penyakit kronis lain, diabetes sebenarnya bisa dihindari dengan penerapan pola hidup sehat, misalnya pola makan teratur dan bergizi, menjaga berat badan, dan rutin berolahraga. 

Sayangnya, pengidap diabetes harus rutin mengonsumsi obat dan melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Tentu supaya penyakit tersebut tidak bertambah buruk atau mendatangkan komplikasi serius. Kamu bisa tanya dokter kapan saja menggunakan aplikasi Halodoc, lebih mudah dan praktis. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasinya!

Baca juga: Cegah Anemia karena Penyakit Kronis dengan Gaya Hidup Sehat

  • Kanker

Kanker menjadi penyakit dengan angka kematian paling tinggi nomor dua di dunia. Gangguan kesehatan ini jelas bisa terjadi pada segala usia, termasuk usia muda dan produktif. Penyebab paling utama sangat berkaitan erat dengan gaya hidup yang tidak sehat, termasuk konsumsi alkohol, mengalami obesitas, paparan radikal bebas dan polusi, merokok, dan jarang berolahraga. 

Sementara itu, jenis kanker yang paling sering menyerang usia muda adalah kanker kolorektal, tiroid, payudara, kelenjar getah bening, dan kanker kulit atau melanoma

Baca juga: Gaya Hidup Sehat bisa Perpanjang Umur Pengidap Penyakit Kronis

Jadi, agar terhindar dari masalah tersebut, tentu kunci pentingnya adalah kamu harus disiplin menerapkan pola hidup sehat. Jangan malas olahraga, pastikan tubuh cukup istirahat, dan hindari semua hal yang bisa memicu stres serta penuhi asupan gizi tubuh dengan makanan bergizi seimbang.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
American Cancer Society. Diakses pada. Types of Cancers That Develop in Young Adults.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Stroke. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Liabetes. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. High Blood Pressure (Hypertension).