5 Cara Alami Mengatasi Ejakulasi Dini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 cara alami mengatasi ejakulasi dini

Halodoc, Jakarta – Ejakulasi dini adalah ejakulasi yang terjadi saat seorang pria mengalami orgasme dan mengeluarkan air mani segera setelah aktivitas seksual dan dengan stimulasi penis minimum. Pria yang mengalami ejakulasi dini cenderung mengalami orgasme dalam satu menit setelah distimulasi secara seksual, dan biasanya tidak dapat menunda ejakulasi.

Kondisi tersebut memengaruhi sebanyak 1 dari 3 pria, yang dapat menyebabkan frustrasi dan kecemasan. Hal ini membuat sebagian pria dengan ejakulasi dini menghindari seks. Untungnya, masih ada beberapa cara alami untuk mengatasi ejakulasi dini sebagai berikut:

  1. Ginseng Merah

Konsumsi ginseng merah dapat mengembalikan vitalitas seksual karena dikenal sebagai anti-inflamasi serta meningkatkan aliran darah. Pusat Medis Universitas Maryland menunjukkan bahwa ginseng merah dapat meningkatkan libido. Ginseng merah dapat memungkinkan tubuh beradaptasi dengan stres dengan sedikit fluktuasi dorongan seksual.

National Institutes of Health, juga menegaskan bahwa ginseng merah sedikit banyak dapat mengurangi gejala ejakulasi dini, serta membantu ereksi lebih kencang dan tahan lama yang lebih mudah dicapai. Manfaat lainya juga volume sperma lebih meningkat, demikian juga motilitasnya.

  1. Akupuntur

Akupunktur dipercaya juga dapat meningkatkan kualitas ereksi dan memulihkan aktivitas seksual. Jarum dapat merangsang respons biologis dalam tubuh, sehingga dapat mengubah produksi neurotransmiter di otak yang terbukti bermanfaat dalam ejakulasi dini. Bahkan, mungkin itulah sebabnya antidepresan yang disebut serotonin-reuptake inhibitor (SSRI) dapat membantu bertahan lebih lama di tempat tidur juga.

  1. Mengubah Gaya Hidup

Mengubah gaya hidup bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi ejakulasi dini. Seng, dan magnesium sangat berperan dalam kualitas kesehatan seksualmu terutama membantu mengatasi ejakulasi dini.

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi buat kamu yang mengalami ejakulasi dini adalah tiram, biji labu, kedelai, yogurt, bayam, sereal gandum, kacang almond, kacang merah, buncis, biji wijen, daging sapi dan domba, coklat hitam, bawang putih serta kacang polong.

  1. “Melatih” Orgasme

“Menahan” orgasme bisa jadi cara untuk mengobati ejakulasi dini. Caranya adalah dengan menahan gairah sebelum klimaks. Misalnya dengan meminta pasangan untuk meremas ujung Mr P yang diulangi selama beberapa kali. Cara lain untuk melatih orgasme adalah dengan menunda klimaks. Setelah merasa kurang terangsang, perlahan-lahan mulailah melakukan aktivitas seksual lagi. Ulangi proses ini sebanyak yang diperlukan untuk membantu kamu mengontrol ejakulasi.

Memperkuat otot-otot dasar panggul dapat berdampak besar pada berapa lama kamu mencapai klimaks. Latihan dasar panggul dapat membantu pria berurusan dengan ejakulasi dini seumur hidup mengendalikan refleks ejakulasinya.

  1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi ejakulasi dini secara alami. Ini dikarenakan olahraga dapat meningkatkan serta melancarkan peredaran darah termasuk aliran darah ke Mr P. Beberapa olahraga yang disarankan untuk mengatasi ejakulasi dini adalah yoga, lari, dan renang.

Tentunya olahraga ini tidak hanya sesekali dilakukan. Lakoni dengan rutin dan intens untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai cara alami mengatasi ejakulasi dini serta informasi lainnya terkait kesehatan reproduksi,  bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: