25 October 2018

Ejakulasi Dini Buat Hubungan Intim Suami Istri Terganggu?

Ejakulasi Dini Buat Hubungan Intim Suami Istri Terganggu?

Halodoc, Jakarta – Ejakulasi dini adalah bentuk disfungsi seksual yang dapat mempengaruhi kualitas hubungan intim seorang pria dan pasangannya. Seorang pria dikatakan mengalami ejakulasi dini ketika orgasme atau "klimaks" terjadi lebih cepat daripada yang diinginkan. Kondisi ini dapat membuat hubungan intim suami istri jadi terganggu.

Ejakulasi dini dapat menyebabkan rasa malu, kecemasan, depresi, dan stres untuk pria yang mengalaminya. Buat istri, kegagalan mencapai klimaks akan memberikan ketidakpuasan yang tidak hanya berhubungan pada masalah biologis, tapi juga psikologis dan penerimaan hubungan suami istri.

Melihat begitu kompleksnya sebuah relasi suami istri karena masalah ejakulasi dini membuat pengobatan medis tidak menjadi satu-satunya solusi, karena perlu ada konseling. Dalam beberapa situasi, dokter dapat merekomendasikan konseling dari terapis yang mengkhususkan diri dalam hubungan seksual atau "terapi pasangan."

Ada baiknya ketika seorang pria mengalami ejakulasi dini, jangan mengonsumsi obat-obatan tanpa rekomendasi dokter. Ada banyak obat yang diyakini dapat mempertahankan ereksi nyatanya memberikan efek samping terhadap kesehatan, seperti hipertensi sampai serangan jantung. Bahkan, pengolesan krim khusus ke Mr P bisa menyebabkan iritasi karena memang obat tersebut tidak aman dari segi kesehatan.

Berkonsultasi dengan dokter adalah langkah yang tepat untuk memperbaiki kualitas hubungan intim pasangan suami istri. Sebenarnya pada beberapa kondisi seksual yang diartikan sebagai ejakulasi dini hanyalah situasi yang bisa saja terjadi ketika seorang suami sedang lelah ataupun sedikit stres. Ketika performa yang kurang ini berlangsung dalam kurun waktu yang lama bahkan saat situasi normal sekalipun, ini artinya memang suami memang sedang mengalami ejakulasi dini.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan intim suami istri, seperti:

  1. Rileks

Banyak pasangan yang langsung menuju ke penetrasi, padahal belum sepenuhnya siap dengan eksekusi tersebut. Menikmati proses, santai, dan memanjakan pasangan adalah salah satu cara untuk sukses mendapatkan klimaks.

  1. Mendiskusikan Posisi

Ada baiknya suami dan istri mendiskusikan mengenai posisi berhubungan intim yang nyaman untuk masing-masing. Terkadang buat pria, ketika posisi istri di atas justru membuatnya klimaks lebih cepat. Bolehlah suami memanjakan istri dengan berada di posisi bawah ataupun sebaliknya. Baru kemudian di sesi berikutnya suami bisa meminta istri berada di posisi yang disenanginya.

  1. Cara Klimaks Lain

Sebenarnya penetrasi tidak menjadi satu-satunya cara untuk mendapatkan klimaks. Masih ada cara lain seperti fingering dan oral seks. Ketika suami sudah mencapai klimaks, maka ada baiknya suami membantu istri untuk mendapatkan klimaksnya.

  1. Pola Hidup Sehat

Pria obesitas, bahkan mengidap diabetes melitus cenderung mengalami ejakulasi dini. Karena itu, ada baiknya sebelum hal ini terjadi maka pasangan menerapkan pola hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makanan manis dan berlemak.

Mengonsumsi kacang-kacangan, buah, serta mengurangi makan daging merah sejatinya dapat meningkatkan kualitas hubungan intim serta staminanya.

  1. Olahraga Aktif

Melakukan olahraga aktif dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh termasuk ke area vital. Aliran darah yang lancar ke area vital dapat membantu mempertahankan ereksi dan stamina saat berhubungan intim. Beberapa olahraga yang disarankan adalah lari, berenang, yoga, dan bentuk olahraga bela diri lainnya.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai ejakulasi dini bisa mengganggu kualitas hubungan intim pasangan suami istri dan bagaimana penanganannya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Hubungi Dokter, pasutri bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: