19 November 2018

5 Tips Atasi Ejakulasi Dini

mengatasi ejakulasi dini

Halodoc, Jakarta - Permasalahan seksual yang paling umum terjadi pada pria adalah ejakulasi dini. Berdasarkan penelitian, sebanyak 30 persen laki-laki pernah mengalami ejakulasi dini. Ejakulasi dini sendiri merupakan kondisi ketika seorang pria mengeluarkan cairan sperma terlalu cepat saat melakukan hubungan intim.

Ejakulasi dini dapat terjadi karena stres, maupun masalah yang melibatkan psikologis dan emosi. Bukan hanya itu, ejakulasi dini juga dianggap sebagai masalah kepercayaan diri pada pria. Kondisi ini dapat mengakibatkan tidak tercapainya kepuasan seksual pada pasangan.

Secara medis, seorang pria dewasa yang sehat rata-rata akan mengeluarkan air mani setelah kurang lebih 5 menit menerima rangsangan seksual atau setelah penetrasi hubungan intim dimulai. Namun dengan ejakulasi dini, seorang laki-laki dapat mengeluarkan air mani dalam 30-60 detik.

Pada dasarnya, tidak ada patokan pasti dalam durasi berhubungan intim yang baik, hal ini tergantung pada kepuasan masing-masing pasangan. Sebuah penelitian yang dilakuan, rata-rata waktu yang normal bagi pria untuk mencapai ejakulasi setelah melakukan penetrasi adalah sekitar 5 menit.

Ejakulasi dini sendiri dapat dikaitkan dengan disfungsi ereksi. Kondisi ini terjadi saat pria mengeluarkan cairan mani di luar kontrolnya saat seseorang belum merasa siap untuk berejakulasi. Beberapa faktor selain masalah psikologis juga dapat memicu terjadinya ejakulasi dini, antara lain:

  1. Adanya gangguan prostat.
  2. Adanya gangguan refleks pada sistem yang mengatur ejakulasi.
  3. Adanya gangguan zat kimia pada otak.
  4. Adanya gangguan pada hormon.
  5. Adanya peradangan atau infeksi saluran kemih.
  6. Adanya kerusakan saraf akibat operasi atau cedera.
  7. Adanya efek samping akibat dari merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan konsumsi obat-obatan terlarang.
  8. Faktor genetik. Seseorang memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami ejakulasi dini, jika salah satu keluarganya mempunyai riwayat yang sama.

Kondisi ini tidak hanya mengganggu kenikmatan berhubungan intim, tetapi juga dapat mengganggu keharmonisan hubungan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi ejakulasi dini, yaitu:

Senam Kegel

Senam kegel sendiri tidak hanya dilakukan oleh perempuan, laki-laki juga dapat melakukannya. Senam ini berfungsi untuk memperbaiki kinerja otot-otot dasar pada panggul. Ejakulasi sendiri bisa disebabkan karena lemahnya otot dasar panggul sehingga kemampuan untuk menahan ejakulasi juga melemah. Latihan dasar pada panggul dengan melakukan senam kegel dapat menguatkan otot-otot dasar pada panggul.

Hindari Stres yang Berlebihan

Teknik yang bisa dilakukan adalah melakukan masturbasi sekitar 1-2 jam sebelum melakukan hubungan intim. Hal ini dapat dilakukan karena dapat menjadi salah satu cara untuk mengendalikan ejakulasi dini.

Gunakan Kondom

Selain dapat mencegah dari penyakit menular seksual, kondom juga bisa dijadikan alternatif untuk mencegah ejakulasi dini. Hal ini dikarenakan kondom dapat menurunkan sensitivitas dan dapat menahan ejakulasi dini.

Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan juga diperlukan untuk mengatasi masalah ejakulasi dini. Hal ini dikarenakan napas yang pendek dapat menyebabkan jantung berdetak lebih kencang. Hal tersebut merupakan salah satu pemicu terjadinya ejakulasi dini. Latihan pernapasan dapat dilakukan dengan menarik napas panjang selama 5 detik, menahannya selama 3 detik, lalu menghembuskan nafas panjang selama 5 detik.

Diskusikan dengan Dokter

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah berdiskusi dengan dokter. Lakukan hal ini apabila kamu dan pasangan sudah menerapkan beberapa cara di atas, tetapi tidak juga berhasil dalam mengatasi ejakulasi dini.

Kamu bisa berdiskusi langsung dengan dokter apabila menemukan salah satu gejala ejakulasi dini pada pasanganmu. Dengan aplikasi Halodoc kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun  melalui Chat atau Voice/Video Call. Kamu juga dapat membaca tips-tips kesehatan dan kecantikan lainnya. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!

Baca juga: