• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman di Rumah

5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 April 2022

“Eksfoliasi merupakan perawatan wajah yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah semakin cerah dan bersinar. Bila ingin melakukannya di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar aman dan tidak merusak kulit wajah.”

5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman di Rumah

Halodoc, Jakarta – Eksfoliasi merupakan salah satu bagian penting dalam perawatan wajah yang perlu dilakukan secara berkala. Proses mengangkat sel kulit mati dari lapisan atas kulit ini bermanfaat untuk meningkatkan penampilan kulit dan mendorong sirkulasi yang baik, sehingga wajah tampak cerah dan sehat.

Sekarang ini, kamu juga sudah bisa mendapatkan berbagai produk eksfoliasi dengan mudah, baik yang mengandung bahan kimia atau alami. Nah, dengan begitu kamu bisa melakukan perawatan kecantikan ini sendiri di rumah. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati saat melakukan eksfoliasi wajah. Pasalnya, perawatan kulit ini juga berpotensi merusak atau mengiritasi kulit wajah. Karena itu, ketahui cara eksfoliasi wajah yang aman di rumah.

Cara Eksfoliasi Wajah di Rumah

Ada dua cara utama untuk eksfoliasi wajah di rumah, yaitu mekanis dan kimiawi. Pilihlah cara yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Cara eksfoliasi wajah mekanis, yaitu menggunakan alat seperti sikat atau spons, scrub untuk mengangkat sel kulit mati secara fisik. Sementara eksfoliasi wajah kimiawi menggunakan bahan kimia, seperti asam alfa dan beta hidroksi, untuk melarutkan sel-sel kulit mati dengan lembut.

Nah, agar tidak merusak kulit, simak cara eksfoliasi wajah yang aman yang direkomendasikan oleh para ahli kulit berikut ini:

1. Pertimbangkan Skincare yang Kamu Gunakan Saat Ini

Beberapa obat dan produk yang dijual bebas bisa menyebabkan kulit kamu menjadi lebih sensitif atau mengelupas. Contohnya seperti krim retinoid yang diresepkan atau produk yang mengandung retinol atau benzoil peroksida. Melakukan eksfoliasi wajah saat menggunakan produk tersebut bisa memperburuk kulit kering, bahkan menyebabkan jerawat.

2. Pilih Cara Eksfoliasi Wajah Sesuai Jenis Kulit

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah kering, kamu dianjurkan untuk menggunakan cara eksfoliasi wajah kimiawi, karena mengelupas kulit mati dengan alat (mekanis) bisa menyebabkan iritasi. Sementara bagi pemilik jenis kulit sensitif, kamu dianjurkan untuk menggunakan bahan kimia yang ringan untuk eksfoliasi kulit wajah. 

Bagi pemilik kulit berminyak, cara eksfoliasi wajah menggunakan scrub atau eksfoliator bisa memberikan manfaat yang optimal. Sementara kamu yang memiliki kulit normal bisa menggunakan cara apa saja, baik mekanis atau kimiawi, untuk mengangkat sel kulit mati. Pemilik kulit kombinasi perlu menggunakan kombinasi cara eksfoliasi wajah mekanis dan kimiawi. Namun, jangan menggunakan kedua cara sekaligus pada hari yang sama karena bisa mengiritasi kulit.

3. Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Lembut

Bila kamu menggunakan scrub atau eksfoliator kimia, aplikasikan produk dengan lembut menggunakan gerakan melingkar yang kecil. Lakukan cara eksfoliasi wajah tersebut selama 30 detik, lalu bilas dengan air hangat (bukan air panas). Bila kamu menggunakan sikat atau spons, gunakan alat tersebut dengan cara membuat sapuan ringan yang pendek. Jangan pernah melakukan eksfoliasi bila kulit wajah kamu sedang terluka atau terbakar sinar matahari.

4. Gunakan Pelembab Setelahnya

Eksfoliasi wajah bisa membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, oleskan pelembab segera setelah eksfoliasi untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi.

5. Pertimbangkan Jadwal Eksfoliasi yang Tepat

Seberapa sering kamu perlu melakukan eksfoliasi wajah di rumah tergantung pada jenis kulit dan cara eksfoliasi wajah yang kamu gunakan. Umumnya semakin kuat eksfoliasi, maka semakin jarang perawatan tersebut perlu dilakukan. Hindari melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena bisa menyebabkan kulit menjadi merah dan teriritasi.

Itulah cara eksfoliasi wajah yang aman yang bisa kamu coba di rumah. Bila kamu ingin bertanya seputar perawatan atau masalah kulit, gunakan saja aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. How To Safely Exfoliate At Home.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Exfoliating Your Skin Safely