23 October 2018

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Halodoc, Jakarta -  Gigi berlubang sebenarnya tak hanya banyak dialami oleh anak-anak saja, sebab enggak sedikit kok orang dewasa yang sering mengalaminya. Gigi berlubang sendiri merupakan kondisi ketika gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luar (email) hingga bagian dalam gigi (dentin), sampai membentuk lubang.

Namun yang perlu diingat, bila kondisi ini tak ditangani dengan tepat maka lubang bisa semakin membesar dan berisiko menimbulkan infeksi, bahkan gigi tanggal. Lalu, bagaimana sih cara mengobati sakit gigi berlubang? Nah, di sini dokter akan melakukan tindakan yang bergantung dari seberapa parah kondisi gigimu. Berikut cara mengobatinya:

1. Penggunaan Fluoride

Bila lubang di gigi masih sangat kecil atau masih dalam taraf permulaan, maka cara membantu memulihkan enamel gigi bisa menggunakan fluoride. Di sini dokter akan menggosok fluoride berjenis cair, busa, gel, atau pernis ke gigi selama beberapa menit. Pastinya, kandungan fluoride dalam perawatan ini lebih banyak ketimbang pasta gigi biasa.

2. Tambal Gigi

Ketika gigi yang berlubang sudah masuk pembusukan di tahap awal, mau tak mau dokter akan menambal gigi tersebut. Caranya, gigi mesti dibor untuk membuang bagian yang telah membusuk. Selanjutnya, gigi akan ditambal menggunakan zat, seperti perak, porselen, atau resin komposit.

3. Prosedur Crown

Apabila pembusukan gigi cukup parah hingga membuat gigi rapuh, maka kemungkinan dokter akan membuatkan crown (mahkota) untuk menggantikan seluruh crown alami gigi. Crown palsu ini bisa terbuat dari emas, porselen, resin, porselen fusi logam, ataupun bahan lainnya.

4. Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar ini diperlukan jika pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi (pulpa) atau saraf yang sudah mati. Perawatannya dengan membuang jaringan saraf, pembuluh darah, dan setiap daerah yang busuk. Setelah dibersihkan, dokter akan menambal atau memberikan crown agar gigi tak perlu dicabut.

5. Cabut Gigi

Gigi berlubang yang sudah parah dan tidak bisa dipulihkan lagi, maka mau tak mau harus dibuang alias dicabut. Gigi yang dicabut akan meninggalkan ruang atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser. Biasanya, bila memungkinkan dokter akan menyarankan untuk membuat bridge atau gigi implan guna menggantikan gigi yang dicabut.

Tanpa Penanganan Medis

Umumnya, dokter tak bisa melakukan pengobatan apapun ketika gigimu masih bermasalah atau sakit. Nah, satu-satunya yang bisa kamu lakukan saat ini, yaitu menggunakan obat sakit gigi hingga gigimu bisa ditindak oleh dokter. Kamu bisa lho mencoba beberapa cara di bawah ini untuk membantu meringankan sakit gigi berlubang.

1. Berkumur Air Garam

Cara yang satu ini masih dipercaya dapat meredakan nyeri gigi. Cobalah kumur menggunakan air garam hingga dirimu merasa nyeri sudah sedikit membaik. Menurut dokter spesialis konservasi gigi, sampai saat ini efek kerja air garam sebagai obat pereda radang masih menjadi kontroversi. Boleh dibilang cara ini merupakan cerita turun-temurun atau informasi dari buku pengetahuan praktis.

Meskipun begitu, air garam memang mempunyai efek mengurangi tegangan permukaan sehingga nyeri pada gigi atau gusi yang mengalami infeksi bisa berkurang. Namun yang mesti diingat, cara ini tak menghilangkan sumber penyakitnya.

2. Mengunyah Bawang Merah Mentah

Cara yang satu ini juga tak berbeda dengan kumur air garam karena merupakan cerita turun-temurun atau informasi dari buku pengetahuan praktis. Meskipun begitu, bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang bisa mengendalikan rasa nyeri. Caranya dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi.

Kamu bisa mengunyah bawang merah mentah yang telah dibersihkan selama beberapa menit di sisi mulut dengan gigi yang terasa nyeri. Bila dirimu tak bisa mengunyahnya, maka letakkan irisan bawang merah mentah langsung di gigi yang terasa sakit.

Punya masalah gigi berlubang? Kamu bisa lho bertanya langsung kepada dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat melalui  aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: