Ini Rekomendasi Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui yang Ampuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Januari 2024

““Ibu hamil yang mengalami sakit gigi perlu cermat saat hendak memilih obat-obatan. Beberapa obat yang bisa ibu coba adalah Fasidol, Minosep, Tantum Verde Oral Rinse, hingga Hexadol Mint Gargle 100 ml.”

Ini Rekomendasi Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui yang AmpuhIni Rekomendasi Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui yang Ampuh

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta –  Sakit gigi nyatanya bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu menyusui. Namun, ibu menyusui tidak boleh sembarangan minum obat, karena dikhawatirkan kandungan senyawa dalam obat bisa masuk juga ke dalam tubuh bayi melalui ASI. Untungnya ada beberapa obat sakit gigi ampuh untuk ibu menyusui berikut ini yang biasa dokter rekomendasikan!

Pilihan Obat Sakit Gigi Ampuh untuk Ibu Menyusui

Berikut ini beberapa pilihan obat sakit gigi ampun untuk ibu menyusui yang bisa ibu dapatkan dengan mudah di apotek:

1. Fasidol Forte 650 mg 10 Kaplet

Obat sakit gigi ibu menyusui ini mengandung paracetamol. Selain mengatasi sakit gigi, Fasidol juga dapat digunakan untuk mengatasi demam, sakit kepala, dan pereda nyeri ringan lainnya. 

Obat ini dapat digunakan sebelum atau sesudah makan. Dosis untuk dewasa sebanyak 1-2 kaplet, 3-4 kali per hari. Namun, jangan melebihi 8 kaplet perhari. Sementara itu, untuk anak-anak 7-12 tahun sebanyak 0.5-1 kaplet, 3-4 kali perhari. Penggunaan maksimum sebanyak 4 kaplet perhari.

Hal yang perlu diperhatikan, Fasidol sebaiknya tidak digunakan oleh pengidap penyakit ginjal. Selain itu, penggunaan dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan hati dan overdosis.

Rentang harga: Rp6.600 Per Strip per strip.

Fasidol Forte 650 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Minosep Obat Kumur 0.2% 150 ml (Merah)

Obat kumur ini mengandung zat aktif Chlorhexidine gluconate yang berfungsi sebagai antiseptik dan antibakteri. Minosep ampuh memberikan perlindungan dari kuman, meringankan sariawan, dan memberikan rasa segar di mulut. 

Cara pakai obat ini adalah dengan berkumur 2 kali sehari sebanyak 10 ml selama 1 menit pagi dan malam sebelum tidur. Perlu diingat juga bahwa Minosep hanya untuk diminum, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. 

Rentang harga: Rp37.500 – Rp66.600 per botol.

Dapatkan Minosep Obat Kumur 0.2% 150 ml (Merah) di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Tantum Verde Oral Rinse 120 ml

Dengan kandungan bezydamine HCl dan alkohol di dalamnya, obat ini ampuh untuk meringankan rasa sakit di mulut dan tenggorokan. Contohnya seperti tonsilitis (radang amandel), sakit tenggorokan, kelainan periodontal, dan bisa juga digunakan setelah ekstraksi gigi. 

Untuk pemakaiannya, kumur  2-3 kali sehari 15 ml selama 60 detik. Tapi, kamu tidak boleh menggunakan obat ini lebih dari seminggu. 

Perlu diingat juga bahwa Tantum Verde Oral Rinse tidak untuk ditelan dan dianjurkan untuk anak di bawah 12 tahun. 

Kisaran harga: Rp47.300 per botol. 

Dapatkan Tantum Verde Oral Rinse 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Hexadol Mint Gargle 100 ml

Obat ini adalah larutan hexetidine yang berguna mengatasi infeksi ringan di mulut, tenggorokan, untuk bilas sebelum dan sesudah cabut gigi, serta menjaga kebersihan mulut sesudah operasi. Hexadol ampuh menyembuhkan radang gusi, sariawan, radang selaput lendir mulut, gejala radang tenggorokan, dan radang amandel. 

Jika kamu punya luka di bagian mukosa dan tenggorokan, kumur Hexadol sebanyak 15 ml selama 30 detik pagi dan malam, atau oleskan pada luka dengan kapas. Obat ini termasuk golongan obat bebas terbatas jadi kamu bisa membelinya tanpa resep dokter. 

Rentang harga: Rp21.000 – Rp42.700 per botol. 

Dapatkan Hexadol Mint Gargle 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah informasi seputar obat sakit gigi paling ampuh yang bisa ibu coba di rumah. Ibu bisa mendapatkan obat tersebut di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan pun bisa segera tiba kurang dari satu jam!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain. 
WebMD. Diakses pada 2023. Toothache Home Remedies. 
National Health Service. Diakses pada 2023. Take care of your teeth and gums.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan