• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Menjadi Bahagia di Masa Sulit

5 Cara Menjadi Bahagia di Masa Sulit

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
5 Cara Menjadi Bahagia di Masa Sulit

Halodoc, Jakarta – Menjadi bahagia di saat-saat yang menyenangkan adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, beberapa orang mungkin harus tetap merasa bahagia di tengah masa sulit. Tentu saja, hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Nyatanya, emosi dan perasaan adalah hal yang nyata dan valid sehingga boleh diekspresikan. 

Meski begitu, bukan berarti masa sulit membuat seseorang harus selalu muram, merasa sedih, atau tidak bersemangat. Selain bisa membuat suasana menjadi lebih keruh, hal itu ternyata juga bisa memengaruhi kondisi kesehatan, baik fisik maupun psikologis. Di masa sulit, biasanya seseorang menjadi lebih sering merasa pesimis dan tidak bahagia. Nah, hal itu yang disebut bisa mengganggu kondisi kesehatan.

Baca juga: Merasa Susah Bahagia? Coba Lakukan Ini

Tips Agar Lebih Bahagia

Meskipun sulit, bukan berarti tidak bisa untuk tetap positif dan merasa bahagia di tengah cobaan. Sebaliknya, terlalu terbawa dalam kesedihan justru hanya akan mengganggu. Mungkin pernah terbesit untuk mengubah beberapa hal di dalam hidup agar lebih bahagia. Sementara mungkin hal itu akan bertahan, tapi semakin lama “standar kebahagiaan” akan terus meningkat dan seakan tidak ada habisnya. 

Daripada memaksakan diri, ternyata ada beberapa tips yang bisa coba diterapkan agar hidup lebih positif dan bahagia, sekalipun saat berada di tengah masa sulit. Apa saja? 

1.Hidup di Masa Sekarang 

Tak jarang, seseorang merasa kurang bahagia karena terlalu menyesali masa lalu atau terlalu bersemangat menatap masa depan tanpa perhitungan yang matang. Sebenarnya, masa lalu bisa dijadikan pengalaman untuk belajar dan rencana masa depan bisa membuat bersemangat. Namun, jangan sampai hal tersebut malah menghambat dan membuat tidak bahagia. Pahamilah bahwa kamu hidup di masa sekarang dan lakukanlah hal-hal yang bisa membuat bahagia.

2.Pergi ke Alam  

Mengambil sedikit waktu untuk liburan bisa menjadi cara agar tetap positif dan bahagia. Pergi ke alam, seperti hutan, gunung, atau pantai bisa menjadi pilihan yang baik. Hal ini dipercaya bisa meningkatkan mood alias suasana hati, sehingga perasaan menjadi lebih bahagia.

Baca juga: Kenali Anhedonia, Kondisi yang Sebabkan Sulit Merasa Bahagia

3.Mensyukuri Apa yang Dimiliki 

Nyatanya, selalu merasa bersyukur atas apa yang dimiliki adalah salah satu cara untuk tetap berbahagia, sekalipun di tengah masa sulit. Alih-alih memaksakan diri mengikuti standar orang lain, buatlah diri sendiri bahagia dan nikmati hidup. Cobalah untuk melihat apa saja yang dimiliki, bukan sekadar yang diinginkan, agar perasaan bersyukur bisa selalu dirasakan.

4.Temukan Zona Nyaman 

Menemukan zona nyaman di tengah aktivitas sehari-hari dan masa sulit adalah hal yang berharga. Kamu bisa memilih tempat, aktivitas, atau orang-orang tertentu yang bisa dimasukkan dalam daftar zona nyaman. Saat sedang merasa sulit, cobalah untuk menemui orang-orang tersebut dan habiskan waktu bersama. Hal itu disebut bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. 

5.Bagikan Kebahagiaan 

Katanya, untuk merasakan kebahagiaan, maka bagikanlah kebahagiaan. Nah, hal itu mungkin bisa diterapkan untuk bertahan dan tetap menjadi bahagia di masa sulit. Temukanlah hal-hal membahagiakan yang bisa kamu bagi, baik dengan teman, keluarga, maupun orang asing.

Baca juga: 6 Jenis Makanan yang Bikin Bahagia

Kamu juga bisa selalu berbahagia jika memiliki kesehatan tubuh yang terjaga. Cobalah untuk selalu berpikir positif, menerapkan gaya hidup sehat, dan konsumsi multivitamin secara rutin. Lebih mudah beli vitamin atau produk kesehatan lain melalui aplikasi Halodoc. Lewat layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah segera. 

Referensi 
Psychology Today. Diakses pada 2021. 5 Ways to Feel Happier in Tough Times.
Forbes. Diakses pada 2021. 3 Powerful Ways To Stay Positive.