5 Cegah Keluhan Sakit Kepala Saat Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Cegah Keluhan Sakit Kepala Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Gangguan yang umum terjadi ketika seseorang menjalani ibadah puasa adalah sakit kepala. Sakit kepala merupakan kondisi yang cukup ringan dan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan juga beristirahat. Meskipun ringan, kondisi sakit kepala dapat mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Baca juga: Sakit Kepala Setelah Berbuka Puasa, Mungkin Ini Sebabnya

Kondisi sakit kepala yang terjadi ketika sedang menjalani ibadah puasa, umumnya terjadi karena beberapa hal, seperti:

  1. Terlalu tinggi atau rendahnya darah yang dialami oleh pengidap sakit kepala karena puasa memengaruhi tekanan darah. Perhatikan asupan nutrisi dan gizi yang dikonsumsi ketika sahur maupun berbuka.

  2. Penurunan kadar gula darah dapat dialami oleh orang yang berpuasa. Kondisi ini menyebabkan seseorang merasakan sakit kepala, pusing atau lemas.

  3. Dehidrasi dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala.

  4. Hindari konsumsi kafein berlebihan ketika sahur atau berbuka.

Cegah Sakit Kepala Saat Puasa

Ada beberapa gejala yang dirasakan ketika seseorang mengalami sakit kepala, seperti gangguan pada penglihatan, leher yang terasa lebih kaku, mengalami demam hingga sulit berjalan. Sebaiknya cegah sakit kepala ketika berpuasa dengan melakukan beberapa cara ini.

1. Porsi Makan Berbuka Puasa yang Berlebihan

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan yang ringan terlebih dulu ketika berbuka puasa. Konsumsi beberapa buah kurma dan air putih untuk mengisi perut yang telah kosong selama satu hari. Selain itu, ingatkan diri untuk tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Makan dalam jumlah yang berlebihan ketika berbuka puasa memicu sirkulasi udara menuju perut. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala.

Baca juga: Sakit Kepala Saat Puasa, Ini Solusinya

2. Konsumsi Makanan yang Cepat Pulihkan Energi

Menjalankan ibadah puasa artinya tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun dalam satu hari. Kegiatan yang terus berjalan selama bulan puasa terkadang membuat tubuh menjadi lemas dan sakit kepala. Sebaiknya kamu konsumsi beberapa makanan yang cepat untuk memulihkan energi ketika berpuasa seperti kurma, madu, ubi jalar, dan apel.

3. Cairan Tubuh yang Cukup

Sebaiknya penuhi kebutuhan air putih tubuh kamu ketika kamu menjalankan ibadah puasa. Kamu bisa mengonsumsi air putih 3 gelas ketika sahur, 3 gelas ketika berbuka dan 2 gelas sebelum tidur. Tetap memenuhi kebutuhan air putih ketika puasa menghindari kamu dari dehidrasi dan sakit kepala. Tidak ada salahnya untuk menambah asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi buah yang mengandung air cukup tinggi ketika berbuka maupun sahur.

4. Istirahat yang Cukup

Sebaiknya cukupi waktu istirahat ketika kamu sedang menjalankan ibadah puasa. Kurang tidur nyatanya dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Kurang tidur juga membuat ibadah puasa menjadi kurang produktif karena kondisi tubuh yang kurang fit dan mengantuk.

5. Pastikan Mengonsumsi Makanan Sehat ketika Sahur

Sebaiknya jangan pernah melewatkan sahur ketika kamu menjalankan ibadah puasa. Sahur dapat dikatakan sebagai pengganti sarapan yang bisa kamu gunakan sebagai cadangan energi untuk beraktivitas selama satu hari. Penuhi nutrisi dan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat ketika sahur. Mengonsumsi makanan sehat bisa menghindari kamu dari penurunan daya tahan tubuh.

Jika kamu memiliki keluhan selama menjalankan ibadah puasa, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai keluhan yang terjadi. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Dapat Mencegah Sakit Kepala Tegang