21 November 2018

4 Kebiasaan yang Dapat Mencegah Sakit Kepala Tegang

4 kebiasaan yang dapat mencegah sakit kepala tegang

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala tegang adalah salah satu kondisi sakit kepala yang sering dialami oleh siapa saja ketika kepala bagian belakang terasa tegang, sakit, dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini bisa dialami pada usia berapapun namun lebih sering pada orang dewasa.

Ada beberapa gejala yang kamu rasakan ketika kamu mengalami sakit kepala tegang, seperti nyeri yang dirasakan pada bagian belakang kepala, otot terasa tegang dan nyeri, ketika sakit kepala terjadi pada malam hari tentu membuat pengidap mengalami kesulitan untuk tidur, pengidap juga kesulitan untuk fokus ketika mengalami sakit kepala tegang. Kondisi ini berbeda dengan kondisi migrain, sehingga penanganannya juga berbeda.

Sakit kepala tegang dipicu karena masalah stres yang berlebihan. Kondisi ini menyebabkan beberapa otot dalam tubuh tegang sehingga membuat otot sekitar kepala ikut menegang dan menyebabkan sakit kepala tegang. Tentu, sakit kepala tegang tidak dapat menular dan bukan penyakit keturunan. Kondisi ini bisa muncul karena disebabkan oleh pola hidup yang kurang baik. Faktor lain yang dapat meningkatkan seseorang berisiko mengalami sakit kepala tegang adalah kurangnya waktu tidur sehingga tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, postur tubuh yang kurang baik, merasa lelah, kelaparan, dan kekurangan nutrisi serta gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya kamu lakukan untuk mencegah sakit kepala tegang, di antaranya:

1. Olahraga

Banyak manfaat dari olahraga yang baik untuk kesehatan. Selain untuk menjaga tubuh kamu tetap bugar dan sehat, rutin berolahraga dapat melepaskan rasa stres atau cemas yang sedang kamu rasakan. Selain tubuh menjadi bugar, kesehatan kamu tentu akan terjaga dengan baik.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Sakit kepala tegang bisa disebabkan karena kamu kekurangan nutrisi dan gizi dalam tubuh. Tidak hanya itu, beberapa makanan bisa memicu seseorang mengalami sakit kepala tegang. Sebaiknya, konsumsi makanan yang bernutrisi serta bergizi untuk mencegah sakit kepala tegang. Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi ikan, kismis, almond, yoghurt, atau jamur.

3. Cukup Mengonsumsi Air Putih

Jangan ragu untuk memulai kebiasaan mengonsumsi air putih saat beraktivitas sehari-hari. Hal ini untuk menghindari kamu dari kondisi dehidrasi. Faktanya, dehidrasi dapat menyebabkan kamu merasakan sakit kepala tegang.

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang tidak baik ketika kamu duduk atau berdiri dapat menyebabkan sakit kepala tegang. Sebaiknya perbaiki posisi duduk atau berdiri agar kamu terhindar dari sakit kepala tegang. Ketika kamu berdiri posisikan kepala tegak dan tegakkan posisi badan. Begitu juga ketika kamu duduk, pastikan punggung tegak dan kepala juga posisi tegak. Perhatikan juga postur tubuh ketika berjalan dan hindari kebiasaan membungkuk.

Jika pekerjaan kamu terasa padat dan menyebabkan kamu sakit kepala tegang, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Tentu ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari kamu dari sakit kepala tegang. Namun perhatikan jika sakit kepala terjadi terus menerus dan terasa mengganggu. Tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: