04 December 2018

5 Gaya Hidup Sehat untuk Pengidap Hepatitis C

5 Gaya Hidup Sehat untuk Pengidap Hepatitis C

Halodoc, Jakarta - Dibandingkan jenis hepatitis lainnya, hepatitis C disinyalir sebagai infeksi pada hati yang paling buruk. Gangguan hati ini cenderung tidak menimbulkan gejala serius hingga berada pada tahap kronis. Hepatitis C perlu ditangani segera agar tidak menimbulkan komplikasi lanjutan, seperti misalnya kanker hati dan sirosis.

Meski begitu, pengobatan medis tidak cukup untuk mengatasi gangguan hati ini. Kamu perlu membiasakan hidup sehat agar penyakit hepatitis C yang kamu alami tidak memburuk, bahkan mencegah tubuh untuk mengalaminya. Lalu, bagaimana gaya hidup sehat yang tepat untuk pengidap gangguan hati ini? Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Perhatikan asupan makanan

Sebagian besar penyakit yang terjadi dalam tubuh disebabkan karena asupan makanan yang salah. Makanan berlemak tinggi, berminyak, makanan cepat saji adalah contoh yang memicu terjadinya berbagai penyakit di dalam tubuh, tak terkecuali hepatitis C. Oleh karenanya, mulai sekarang biasakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi asupan makanan yang memicu terjadinya penyakit.

Pastikan kamu mengonsumsi buah dan sayur yang kaya mineral dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan lupa konsumsi vitamin agar daya tahan tubuh terjaga. Hindari konsumsi makanan yang mengandung garam tinggi dan protein hewani karena keduanya memicu terjadinya kerusakan hati.

  • Cukup istirahat

Salah satu dampak yang ditimbulkan kala menjalani pengobatan untuk hepatitis C adalah tubuh menjadi mudah lelah. Ini alasan pengidap gangguan hati disarankan tidak terlalu banyak melakukan aktivitas berat yang memicu tubuh kelelahan, dan memperbanyak waktu istirahat. Hindari begadang karena dapat menurunkan daya tahan tubuh yang memicu terjadinya gangguan kesehatan lainnya.

  • Olahraga rutin

Olahraga memang menjadi solusi terbaik untuk sebagian besar masalah kesehatan, seperti kegemukan dan stres. Namun, banyak orang yang lupa fungsi penting olahraga hingga akhirnya imunitas tubuh melemah dan memudahkan penyakit untuk menyerang. Padahal, olahraga tidak butuh waktu lama, setidaknya cukup 30 menit setiap hari kamu berjalan kaki setiap hari.

Tidak hanya membantu menjaga berat badan tetap seimbang, rutin berolahraga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit komplikasi yang terbilang serius, seperti penyakit jantung dan diabetes yang termasuk komplikasi penyakit hati. Jadi, biasakan olahraga mulai sekarang, ya!

  • Hindari konsumsi alkohol

Pengidap hepatitis C dilarang keras untuk mengonsumsi alkohol. Bukan tanpa alasan, alkohol bisa mempercepat terjadinya kerusakan hati, menyebabkan peradangan, dan perlemakan pada organ hati. Oleh karena itu, hindari konsumsi alkohol, terlebih jika kamu mengidap hepatitis C.

  • Hindari makanan pedas

Biasanya, pengidap hepatitis C memiliki saluran pencernaan yang lebih sensitif. Kamu disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan tinggi gas, tinggi garam, dan makanan pedas. Ini akan menimbulkan masalah baru pada saluran pencernaan kamu, seperti mual, muntah, kembung, dan diare. Pastikan kamu hanya mengonsumsi makanan yang dianjurkan dokter ketika sedang mengidap penyakit ini.

Itu tadi beberapa gaya hidup sehat yang harus diperhatikan oleh pengidap hepatitis C. Jika kamu ingin tahu informasi lainnya seputar hepatitis C atau hepatitis lainnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc dan menggunakan layanan Tanya Dokter. Aplikasi Halodoc juga bisa kamu gunakan untuk beli obat dan cek lab di mana saja kapan saja.

Baca juga: