5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Kanker Mata Melanoma

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Kanker Mata Melanoma

Halodoc, Jakarta – Kanker mata melanoma merupakan jenis kanker yang menyerang sel-sel melanosit mata. Sel tersebut bertugas memproduksi melanin, yaitu pigmen yang menghasilkan warna pada kulit, rambut, dan mata. Kanker ini juga dikenal sebagai penyakit yang bisa menyerang kulit. Biar lebih jelas, simak fakta-fakta seputar kanker mata melanoma berikut! 

Pada mata, melanoma umumnya tumbuh pada jaringan uvea mata yang meliputi jaringan iris mata, jaringan koroid, dan badan siliaris. Kabar buruknya, kanker mata melanoma sering tidak terdeteksi pada stadium awal, sebab jarang menimbulkan gejala-gejala yang spesifik ketika pertama kali muncul. Penyakit ini seringnya ditemukan tanpa sengaja saat melakukan pemeriksaan mata rutin. 

Baca juga: Ketahui Perbedaan Retinoblastoma dan Kanker Mata Melanoma

Fakta Kanker Mata Melanoma 

Ada berbagai fakta yang perlu diketahui seputar kanker mata melanoma, di antaranya: 

  • Gejala Bersifat Umum 

Pada stadium awal, penyakit ini jarang menimbulkan gejala yang spesifik, sehingga sering terlambat dideteksi. Penyakit ini bisa saja menyebabkan pengidapnya mengalami gejala, seperti, muncul bintik hitam pada iris mata, bintik atau garis yang menghalangi penglihatan, pandangan kabur, perubahan bentuk pupil, hingga salah satu mata membengkak. Saat kanker sudah membesar, penyakit ini akan memicu terjadinya perubahan bentuk pada pupil, penurunan kemampuan melihat, serta penglihatan kabur. 

  • Bisa Diobati 

Jangan khawatir, penyakit ini sebenarnya bisa diobati dengan baik. Peluang sembuh dari kanker mata melanoma menjadi lebih tinggi jika masih berada pada stadium awal dan berukuran kecil. Namun, jika terlambat atau kanker sudah berukuran besar, pengobatan yang dilakukan bisa menyebabkan gangguan penglihatan. 

Baca juga: 4 Jenis Kanker Mata yang Perlu Diketahui

  • Bisa Menyerang Berbagai Bagian 

Penyakit ini bisa menyerang berbagai bagian di mata. Kanker mata melanoma bisa terjadi di bagian depan mata seperti iris dan badan siliaris. Penyakit ini juga bisa muncul pada bagian belakang, yaitu di jaringan koroid. Pada kasus yang jarang terjadi, kanker mata melanoma juga bisa menyebar pada bagian paling depan mata yang disebut bagian konjungtiva. 

  • Disebabkan Mutasi DNA 

Penyebab kanker ini muncul adalah perubahan atau mutasi DNA pada sel melanosit mata. Kondisi tersebut, kemudian menyebabkan pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali. Alhasil, jaringan melanoma yang mengalami perubahan ini menjadi tidak terkontrol dan muncul kerusakan jaringan mata yang sehat. 

  • Faktor Risiko 

Sayangnya, hingga kini masih belum diketahui apa yang menjadi penyebab mutasi genetik bisa terjadi. Namun, ada beberapa faktor yang diduga bisa meningkatkan risiko penyakit ini menyerang. Kanker mata melanoma disebut lebih berisiko menyerang orang yang memiliki kulit putih, sering terpapar sinar matahari dan ultraviolet, memiliki warna mata terang, berusia lanjut, dan riwayat kelainan kulit yang bersifat keturunan, contohnya sering terbentuk tahi lalat abnormal di berbagai area kulit. Kanker mata melanoma juga rentan menyerang orang dengan Nevus of Ota atau Oculodermal Melanocytosis. Pada kondisi ini, seseorang memiliki bercak kecoklatan pada bagian tengah mata (uvea) atau bagian antara bagian putih bola mata dan saraf mata. 

Baca juga: Bintik Hitam di Mata, Awas Jangan Diabaikan

Masih penasaran tentang penyakit kanker mata melanoma? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Eye Melanoma.
American Cancer Society. Diakses pada 2019. Eye Cancer.
MedicineNet. Diakses pada 2019. Intraocular Melanoma.