5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Pengidap Hipertiroidisme

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Jenis Olahraga yang Aman untuk Pengidap Hipertiroidisme

Halodoc, Jakarta - Metabolisme dalam tubuh adalah salah satu hal yang penting bagi kesehatan. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon tiroksin dalam tubuh. Jika terjadi gangguan pada kelenjar tiroid, metabolisme tubuh dapat terjadi lebih cepat.

Gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid tersebut disebut dengan hipertiroidisme. Kondisi tersebut dapat menyebabkan penurunan berat badan tanpa sebab dan detak jantung yang tidak teratur. Pengidap hipertiroidisme tidak dapat sembarangan berolahraga, akibat gangguan metabolisme tersebut. Lalu, apakah jenis olahraga yang cocok? Berikut ulasannya!

Baca juga: Penyebab Seseorang Bisa Alami Krisis Tiroid

Olahraga untuk Pengidap Hipertiroidisme

Kelenjar tiroid berada tepat di atas tulang selangka dan di bagian bawah leher. Organ tersebut berfungsi untuk mengontrol kecepatan detak jantung dan pembakaran kalori. Bagian tersebut melepaskan hormon untuk membantu agar metabolisme tetap normal dan mengubah makanan menjadi energi.

Pada seseorang yang terserang hipertiroidisme, kelenjar tiroid tersebut dapat terlalu aktif. Dampaknya pada tubuh adalah metabolisme yang menjadi lebih cepat dan menimbulkan gejala yang tidak menyenangkan. Gejala tersebut meliputi mudah marah dan detak jantung yang tidak teratur. Jika kamu ingin mengetahui gangguan ini lebih jauh, dokter dari Halodoc siap membantu.

Agar tetap sehat, seseorang yang mengidap hipertiroidisme harus melakukan diet, pengobatan, dan olahraga. Hal tersebut sangat penting untuk mengelola gangguan tersebut. Tidak semua olahraga dapat dilakukan seseorang dengan penyakit ini. Berikut adalah beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan:

  1. Latihan Menahan Beban

Olahraga untuk pengidap hipertiroidisme yang dapat dilakukan adalah latihan menahan beban. Olahraga yang dapat kamu lakukan, seperti push-up. Kamu dapat melakukan tiga set dengan 10 pengulangan setiap hari.

  1. Latihan Intensitas Rendah

Latihan dengan intensitas rendah juga termasuk olahraga untuk pengidap hipertiroidisme yang baik dilakukan. Jenis dari latihan tersebut meliputi berenang, jalan cepat, dan bersepeda. Hal itu dapat efektif untuk pengidap penyakit tersebut agar dapat mengurangi gejala yang timbul.

  1. Aerobik

Olahraga lainnya untuk pengidap hipertiroidisme adalah aerobik. Cara ini dapat efektif untuk menjaga kesehatan seseorang dengan gangguan pada kelenjar tiroid tersebut. Kamu hanya perlu melakukan latihan aerobik yang paling mudah di awal. Jika sudah mulai terbiasa, kamu dapat meningkatkan jenis latihan tersebut.

  1. Yoga

Yoga juga termasuk olahraga untuk pengidap hipertiroidisme. Hal ini dapat meregangkan dan menguatkan otot-otot kamu. Selain itu, cara ini juga dapat membantu kamu untuk fokus pada pernapasan. Seseorang dengan gangguan kelenjar tiroid tersebut dapat memiliki paru-paru yang lebih baik setelah melakukan yoga selama 6 bulan.

  1. Tai chi

Olahraga untuk pengidap hipertiroidisme yang terakhir adalah tai chi. Olahraga ini seperti meditasi yang bergerak. Bentuk seni bela diri ini dilakukan dengan pergerakan lambat, yang dapat menghilangkan stres. Cara ini dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan suasana hati.

Baca juga: Idap Hipertiroidisme, Lakukan 3 Hal Ini untuk Menanganinya

Intoleransi Hipertiroidisme Terhadap Olahraga

Hipertiroidisme yang terjadi dapat melemahkan kemampuan seseorang untuk berolahraga. Masalah lain yang dapat terjadi adalah sesak napas, peningkatan anaerob, dan otot-otot pernapasan yang lemah. Pengidap gangguan ini tidak bisa sembarang berolahraga karena masalah pada metabolisme.

Kamu harus bertanya pada dokter tentang olahraga yang tepat. Apabila terjadi peningkatan laju metabolisme dan nafsu makan, hormon perangsang pada jantung menjadi sensitif. Selain itu, perubahan gaya hidup juga tidak kalah penting agar sistem tubuh lain tidak terpengaruh.

Baca juga: Jangan Sepelekan Bahaya Hipertiroidisme yang Perlu Diketahui