19 December 2017

5 Jenis Olahraga yang Dapat Menyehatkan Tulang & Sendi

5 Jenis Olahraga yang Dapat Menyehatkan Tulang & Sendi

Halodoc, Jakarta – Kesehatan tulang dan sendi sangat penting untuk dijaga, agar kamu dapat bergerak aktif, bebas dan lincah, tanpa ada gangguan rasa nyeri. Selain memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tulang dan sendi, seperti kalsium, vitamin, D, magnesium, dan kondroitin, berolahraga secara rutin juga merupakan cara yang ampuh untuk menjaga kesehatan keduanya. Yuk, lakukan 5 jenis olahraga berikut agar tulang dan sendimu tetap sehat.

Tidak hanya sebagai penyokong tubuh, tulang juga berperan sangat penting untuk pergerakkan tubuhmu. Sedangkan sendi membantu agar tulang dapat digerakkan dengan lentur.  Namun, ketika seseorang memasukki umur 30 tahun, massa tulang dapat berkurang secara perlahan dan mulai sering mengalami gangguan sendi. Tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga dapat memberi manfaat yang besar untuk kesehatan tulang dan sendimu.

Olahraga Untuk Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang sebaiknya sudah mulai dilakukan sejak masa pertumbuhan pada usia anak-anak untuk mencegah pengeroposan tulang saat dewasa nanti. Sebuah studi yang meneliti kelompok remaja di bawah usia 21 tahun, menemukan bahwa remaja yang memiliki tingkat kepadatan tulang yang rendah biasanya karena mereka kurang aktif bergerak pada saat anak-anak. Orang dewasa yang tidak aktif melakukan kegiatan fisik pada masa mudanya juga lebih mudah terjatuh dan cedera. Karena itu, berolahraga sangat penting untuk menjaga agar massa tulangmu tetap padat dan mencegah pengeroposan tulang sehingga tulang tetap kuat. Olahraga dapat memberikan tekanan pada tulangmu, sehingga memicu tulang untuk melepaskan jaringan yang sudah lama dan membentuk jaringan yang baru.

Olahraga weight bearing adalah jenis olahraga yang paling tepat untuk kesehatan tulang. Yang dimaksud dengan weight bearing adalah olahraga yang sifatnya membuat kamu “melawan” gravitasi. Manfaat melakukan jenis olahraga tersebut adalah tulang menjadi sehat dan kuat karena sering dilatih menanggung beban, serta membantu meningkatkan kekuatan dan keseimbangan otot yang penting untuk mencegah jatuh. Contoh olahraga weight bearing:

  • Latihan Beban.

Mengangkat beban akan membuat otot dan tulang bekerja keras yang berguna untuk mempertahankan kepadatan tulang, Lakukan latihan beban minimal seminggu 2 kali untuk tulang yang kuat.

  • Berdansa

Jenis-jenis dansa latin, seperti salsa dan tango dapat memberi tekanan yang cukup pada tulang dan menjaga kelenturan persendian.

  • Mendaki

Berjalan menanjak ke atas seperti mendaki gunung dapat meningkatkan kepadatan tulang dan memperkuat otot.

Olahraga Untuk Kesehatan Sendi

Sedikit bergerak dan jarang berolahraga ternyata dapat membuat sendi menjadi kaku dan mudah mengalami nyeri. Kesehatan sendi sangat bergantung pada otot dan tendon (jaringan yang menghubungkan otot dan tulang. Jika otot dan tendon melemah, maka pergerakkan sendi pun akan terganggu. Cara untuk memperkuat otot-otot pendukung sendi tersebut adalah dengan berolahraga. Bahkan olahraga secara teratur dapat mengurangi nyeri sendi lutut dan menjaga agar jangkauan gerak sendi dapat tetap dalam keadaan normal. Jenis olahraga yang baik untuk persendian adalah:

  • Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah jenis kegiatan olahraga ringan yang tidak akan memberikan tekanan pada lutut secara berlebihan, sehingga aman untuk dilakukan oleh pengidap nyeri sendi lutut. Berjalan kaki akan membuat otot-otot dan sendimu bergerak, sehingga baik untuk meningkatkan kekuatannya

  • Jogging

Berlari-lari kecil juga termasuk olahraga low impact yang aman dilakukan oleh kamu yang sering mengalami nyeri sendi, tapi sangat bermanfaat untuk kesehatan sendi.

Jika kamu mempunyai masalah pada tulang atau persendian, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk membicarakan gangguan kesehatan yang kamu alami dan meminta saran untuk mengatasinya. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantarkan dalam waktu satu jam saja! Yuk, download Halodoc sekarang juga untuk kesehatanmu di App Store dan Google Play.