5 Kanker yang Paling Ditakuti Pria

5 Kanker yang Paling Ditakuti Pria

Halodoc, Jakarta – Kanker adalah keganasan yang bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pria dan wanita. Keganasan ini timbul karena adanya pertumbuhan abnormal pada sel dan jaringan, serta bisa menyebar ke organ tubuh lainnya (metastasis). Di antara banyak jenis kanker yang dapat terjadi, ada lima jenis kanker yang lebih sering terjadi pada pria dibanding wanita. Apa saja?

Baca Juga: Harus Tahu, Bedanya Kanker dan Tumor

1. Kanker Prostat

Kanker prostat menempati urutan ke-5 sebagai jenis kanker terbanyak yang diidap pria. Jumlah pengidap kanker prostat di Indonesia tahun 2015 sekitar 25.012 kasus. Kanker ini tumbuh dalam prostat, yaitu kelenjar kecil di panggul pria yang berfungsi menghasilkan cairan penyubur dan pelindung sperma. Munculnya benjolan pada prostat membuat pengidapnya sering buang air kecil (terutama pada malam hari), nyeri saat buang air kecil atau ejakulasi, kandung kemih selalu penuh, dan ada darah dalam urine.

2. Kanker Paru

Data International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2012 menyebut, terdapat 25.322 kasus kanker paru pada pria Indonesia. Kanker paru rentan dialami perokok aktif maupun pasif, serta orang yang sering terpapar polusi udara dan pajanan radiasi. Gejalanya berupa batuk terus - menerus, sesak napas, nyeri dada, kelelahan, sakit kepala, berat badan menurun, suara serah, kehilangan selera makan, sulit menelan, dan perubahan bentuk jari (ujung jari cembung).

Baca Juga: Sering Merokok Perlu Lakukan Rontgen Paru-Paru?

3. Kanker Usus Besar

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal The American Medical Association menemukan bahwa pria berisiko lebih besar mengidap kanker usus besar. Kanker jenis ini diawali dengan pembentukan polip adenoma dan ditandai gejala fisik lain, seperti darah pada feses, perubahan tekstur kepadatan feses, penurunan berat badan, kelelahan, nyeri perut, sembelit, perut kembung, dan penurunan nafsu makan.

4. Kanker Lambung

Kanker lambung disebut juga kanker perut. Gejalanya berupa kembung, sering sendawa, sakit perut, nyeri dada, cepat kenyang, mual, muntah, sulit menelan, gangguan pencernaan, dan kelelahan. Pada kasus yang parah, pria pengidap kanker lambung bisa mengalami muntah darah, sakit kuning, anemia, feses berwarna hitam, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, dan pembengkakan pada perut akibat penumpukan cairan.

5. Kanker Hati

Kanker hati termasuk jenis kanker yang paling banyak menyebabkan kematian. Kanker jenis ini menyerang organ hati dan bisa menyebar ke organ lain. Gejalanya berupa gatal - gatal, kehilangan nafsu makan, cepat kenyang, mual, muntah, penurunan berat badan, penumpukan cairan dalam perut, sakit kuning, urine berwarna gelap, nyeri perut sebelah kanan, tubuh memar, serta pembesaran limpa dan organ hati.

Baca Juga: 5 Kanker Pada Pria yang Sulit Dideteksi

Kalau kamu menemukan gejala kanker di atas, segera bicara pada dokter Halodoc untuk mencari tahu penyebab pastinya. Gunakan fitur Contact Doctor yang ada di Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!