• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pengidap Rematik Tidak Boleh Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Pengidap Rematik Tidak Boleh Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Arthritis Foundation disebutkan kalau pola makan dapat sangat memengaruhi kondisi peradangan sendi akibat rematik. Maka dari itu, pengidap rematik sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan mengolah makanan dengan minyak zaitun.

Penelitian yang sama juga menegaskan kalau keseimbangan nutrisi yang tepat akan menempatkan pengidap rematik pada pengurangan risiko rematik kumat, bahkan komplikasi. Mengetahui jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi sama pentingnya dengan mengetahui pola makan tepat untuk penanganan rematik yang maksimal. Simak pembahasannya di bawah ini.

Asam lemak Omega 3 Baik untuk Rematik

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat menurunkan peradangan dan mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida LDL. Tingkat kolesterol LDL dan trigliserida (lemak dalam darah) yang tinggi tidak hanya menempatkan pada risiko rematik, tetapi juga penyakit lainnya termasuk penyakit jantung.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenis Rematik

Ingin informasi lebih lanjut mengenai penyakit jantung dan rematik, tanyakan langsung saja di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Lantas, jenis makanan apa saja yang menjadi pantangan buat pengidap rematik? Berikut penjelasannya.

  1.  Jeroan

Jeroan adalah bagian dalam hewan yang diolah menjadi makanan dan biasa kamu kenal sebagai olahan usus, hati, ampela, jantung, otak dan lainnya. Jeroan memang gurih dan lezat, enak disop, digoreng, dibakar, atau dimasak dengan menggunakan santan.

Akan tetapi, jeroan merupakan makanan pantangan buat pengidap rematik. Mengonsumsi jenis makanan ini dapat memicu kambuh dan nyeri sakit di bagian yang terserang. Selain dapat memicu rematik, jeroan juga menyebabkan penyakit lain, seperti jantung, hipertensi, obesitas, dan komplikasi penyakit lainnya.

  1. Santan

Makanan pantangan rematik lainnya yang harus dihindari adalah santan. Memang, penambahan santan pada olahan makanan akan memberikan rasa nikmat dan gurih. Akan tetapi, santan mengandung zat purin yang bisa memicu sendi menjadi sakit bagi pengidap rematik dan juga meningkatkan asam urat.

  1.  Seafood

Siapa yang tidak suka santapan seafood? Udang, sotong, kepiting, yang hanya dengan direbus saja rasanya sudah menggoyang lidah. Sayangnya, bagi pengidap penyakit rematik,  seafood dapat memicu munculnya gejala rematik dan membuat kambuh. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh American College of Rheumatology, mengonsumsi daging merah dan seafood dapat menempatkan seseorang pada risiko penyakit rematik.

  1.  Jenis Sayuran Tertentu

Sayuran memang sangat menyehatkan untuk tubuh, di dalam sayuran banyak sekali jenis vitamin dan mineral yang bagus jika dikonsumsi tubuh. Tahukah kamu, kalau beberapa jenis sayuran tertentu ternyata menjadi pantangan buat pengidap rematik.

Tidak lain dikarenakan dalam jenis sayuran tertentu mengandung kadar purin yang tinggi. Beberapa jenis sayuran tersebut adalah bayam, jamur, kembang kol, kangkung, dan sawi.

5.  Daging Kambing

Daging kambing memiliki aroma yang merangsang selera makan, bahkan bila hanya dibakar dengan perasan jeruk nipis dan taburan garam. Namun, di balik sensasi nikmati dari gigitan daging kambing tersebut, jenis daging ini adalah pantangan buat pengidap rematik.

Baca juga: Ketahui Penyebab Rematik di Usia Muda

Sejatinya, penyakit rematik tidak bisa disembuhkan secara instan. Dibutuhkan pengobatan dan penanganan yang intens agar rematik dapat sembuh. Dan salah satu cara mengobati rematik adalah melalui pola hidup sehat termasuk menjaga makanan.

Buat kamu yang memiliki penyakit rematik, disarankan untuk menambahkan jahe dalam setiap bumbu masakan guna menetralisir zat-zat yang dapat meningkatkan kekambuhan rematik. Buah yang aman, seperti apel dan nanas juga disarankan.

Referensi:
Arthritis Foundation. Diakses pada 2020. Best Spices for Arthritis.
WebMD. Diakses pada 2020. The Best and Worst Foods for Rheumatoid Arthritis (RA).