5 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
manfaat buah nangka untuk kesehatan, manfaat nangka untuk kesehatan

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang menyukai buah nangka karena rasanya yang manis. Selain dikonsumsi langsung, buah nangka juga sering diolah menjadi berbagai variasi menu makanan, seperti es teler, bolu, pancake, hingga gudeg.

Tahukah kamu, selain rasanya yang manis, ternyata buah nangka punya banyak manfaat tersembunyi, lho! Salah satunya adalah manfaat kesehatan bagi tubuh, bahkan buah nangka disebut bisa mencegah kanker.

Nyatanya buah nangka tidak hanya akan memanjakan lidah dengan rasanya. Sejumlah kandungan nutrisi yang ada dalam buah nangka bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Lantas, apa saja sih khasiat buah nangka untuk kesehatan?

1. Mencegah dan Melawan Kanker

 

 

Buah nangka kaya akan nutrisi yang bisa mencegah serangan kanker. Dalam setiap buah nangka, terdapat kandungan zat isoflavon, fitonutrien, lignin, dan saponin. Zat-zat tersebut ternyata bisa membantu melawan pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia.

Baca juga: 5 Makanan untuk Kulit Lebih Cerah

Cara kerja dari zat-zat ini adalah dengan mencegah masuknya radikal bebas yang diketahui sebagai salah satu pemicu kanker. Kandungan fitonutrien bekerja dengan cara mencegah sel kanker berkembang sejak tahap awal. Buah nangka juga banyak mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan Imunitas

 

 

Salah satu manfaat sehat yang bisa didapat dari buah nangka adalah kekebalan tubuh yang lebih baik. Sebab, kandungan vitamin C yang ada dalam buah nangka berperan sebagai antibakteri. Kandungan ini juga berkhasiat untuk memperkuat sistem imun dan meningkatkan fungsinya. Jika memiliki kekebalan tubuh yang baik, seseorang biasanya akan lebih sehat dan terhindar dari serangan penyakit dan infeksi.

3. Mencegah Kerusakan Sel DNA

 

 

Selain mencegah sel kanker berkembang, rutin mengonsumsi nangka juga bisa membantu melindungi sel DNA. Pasalnya, serangan radikal bebab juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel DNA. Buah nangka memiliki kandungan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi risiko tersebut.

Baca juga: Waspadai Penyakit Kronis Akibat Radikal Bebas

4. Pencernaan yang Sehat

 

 

Rutin mengonsumsi buah nangka juga berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan getah yang dimiliki buah nangka berfungsi sebagai pembersih usus yang baik. Selain itu, getah tersebut juga memiliki kandungan serat yang dapat menghilangkan racun yang ada di sistem pencernaan.

Buah nangka juga dianjurkan untuk masuk dalam menu makan orang yang sedang menjalankan diet. Nangka mengandung banyak serat yang bisa membuat pencernaan lebih lancar dan membantu mencegah terjadinya sembelit alias susah buang air besar (BAB).

5. Menjaga Kesehatan Kulit

 

 

Rutin mengonsumsi buah nangka ternyata juga akan memberi manfaat yang luar biasa pada kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan antioksidan yang ada pada buah nangka dapat memperlambat aktivitas radikal bebas. Seperti diketahui, serangan radikal bebas bisa mempercepat terjadinya penuaan dini pada kulit.

Jika kamu termasuk orang yang banyak beraktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar ultraviolet (UV), polusi, dan asap, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah nangka. Namun ingat, untuk mendapatkan manfaat yang terbaik, pastikan mengonsumsi nangka secukupnya saja. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan tidak pernah baik, dan dikhawatirkan dapat memicu masalah lain.

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Maag

Selain mengonsumsi nangka, menerapkan pola makan sehat, dan gaya hidup yang lebih baik, cobalah untuk melengkapinya dengan konsumsi vitamin dan suplemen tambahan. Lebih mudah beli vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!