21 September 2018

5 Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Fisik dan Mental

mendaki gunung, manfaat mendaki gunung, manfaat mendaki gunung untuk fisik, manfaat mendaki gunung untuk mental

Halodoc, Jakarta – Mendaki atau naik gunung adalah salah satu kegiatan ekstrim yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Keindahan alam dan udara segar akan terus menemani sepanjang perjalanan kamu menuju puncak gunung yang akan kamu tuju.

Namun saat mendaki gunung, sebaiknya persiapkan dengan baik kondisi fisik dan juga mental kamu. Dengan fisik dan mental yang baik saat akan mendaki gunung, tentu akan banyak manfaat yang kamu rasakan setelahnya. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui kondisi medan yang akan kamu tempuh, karena dengan begitu kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik.

Berikut adalah manfaat yang bisa kamu rasakan jika kamu senang dengan olahraga mendaki gunung:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Tentu salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan bagi tubuh kamu adanya peningkatan kerja jantung dan paru-paru. Perjalanan mendaki akan membuat kerja jantung dan paru-paru lebih berat dari aktivitas kamu biasanya. Mendaki gunung nyatanya bisa memperkecil seseorang mengalami risiko penyakit jantung dan stroke. Pada saat mendaki gunung, suplai oksigen dan peredaran darah dalam tubuh juga akan meningkat. Udara sekitar pegunungan yang segar dan bebas dari polusi juga akan menambah dampak positif buat tubuh kamu. Tidak ada salahnya melakukan olahraga ringan beberapa hari sebelum kamu melakukan perjalanan mendaki. Hal ini dilakukan agar jantung dan paru-paru terbiasa dengan kegiatan yang lebih berat dari aktivitas biasanya, sehingga tubuh akan lebih siap mengikuti pendakian kamu.

2. Mengurangi Stres dan Membuat Hidup Lebih Bahagia

Tentu dengan padatnya jadwal pekerjaan kamu sehari-hari, mendaki gunung menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres dan membuat hidup kamu menjadi lebih bahagia. Pemandangan indah yang ditawarkan saat pendakian akan membantu kamu untuk menghilangkan segala kepenatan pekerjaan. Selain itu menurut penelitian, berjalan dengan durasi yang cukup panjang nyatanya lebih meningkatkan kadar kebahagiaan kamu dibandingkan dengan melakukan tread mill. Meskipun lelah, tetapi perjalanan mendaki gunung akan membuat tubuh dan pikiran kamu menjadi lebih rileks dan santai.

3. Memperkuat Otot Kaki

Bagi kamu yang gemar mendaki gunung, tentu sudah tidak asing dengan berbagai medan yang kamu lalui untuk menuju puncak. Jalanan berkerikil, berbatu, dan tanah nyatanya akan membuat otot kaki kamu semakin kuat dan terbentuk.

4. Membuat Daya Ingat Lebih Kuat

Nyatanya, aktivitas fisik dapat berdampak positif untuk kesehatan otak.  Dalam mendaki dibutuhkan ketepatan insting untuk mengingat dan pengelolaan emosi yang baik. Dengan melakukan perjalanan mendaki, ternyata membuat daya ingat kamu semakin lebih kuat dan memori yang semakin tajam.

5. Membuat Tulang Lebih Padat

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tulang kamu menjadi lebih padat. Dengan membiasakan berjalan kaki, menaiki tangga, dan berjemur di bawah sinar matahari bisa kamu lakukan untuk memiliki tulang yang padat. Nah, dengan melakukan pendakian, kamu bisa menjalani ketiga kegiatan tersebut secara bersamaan. Kamu bisa berjalan dan mendaki gunung dengan kontur tanah yang berbeda. Kamu juga bisa menikmati sinar matahari pagi saat akan menyaksikan sunrise dari atas gunung. Dengan memiliki tulang yang sehat, tentu kamu akan terhindar dari masalah tulang seperti osteoporosis.

Yuk coba mendaki gunung untuk menjaga kesehatan dengan cara yang menyenangkan. Tidak ada salahnya berkonsultasi mengenai kesehatan kamu terlebih dahulu sebelum mendaki. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai kondisi kesehatan kamu. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: