5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga
OLAHRAGA 10 January 2018

Halodoc, Jakarta – Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, berolahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun, tidak hanya perlu dilakukan secara rutin, olahraga juga perlu dilakukan dengan cara yang benar. Sayangnya, sebagian orang melakukan beberapa kesalahan pada saat berolahraga, sehingga bisa timbul dampak-dampak buruk seperti cedera. Jadi, coba perhatikan apakah kamu termasuk orang yang sering melakukan kesalahan ini saat berolahraga?

Olahraga memiliki sejumlah aturan-aturan yang bermanfaat untuk membantumu mencapai tujuan berolahraga, seperti menurunkan berat badan, membentuk otot tubuh, meningkatkan pernapasan, dan lain-lain. Namun, sebagian orang sering melakukan kesalahan ini saat berolahraga. Jika tidak segera diperbaiki, maka kebiasaan-kebiasaan salah tersebut tidak hanya bisa menghalangimu mencapai tujuan berolahraga, tapi juga bisa menimbulkan beberapa dampak buruk, seperti cedera.

1. Malas Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

Ayo ngaku, apakah kamu sering merasa malas melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan melakukan pendinginan setelahnya? Padahal pemanasan bertujuan untuk meningkatkan detak jantung dan memperlancar peredaran darah, sehingga tubuh jadi lebih siap untuk berolahraga. Melakukan pemanasan sebelum berolahraga sangat penting agar otot-otot tubuhmu menjadi lebih kuat dan fleksibel ketika bergerak pada saat olahraga, serta mencegah terjadinya cedera. Sedangkan pendinginan bertujuan merilekskan otot dan tubuh setelah berolahraga. Kamu hanya perlu melakukan gerakan-gerakan peregangan yang sederhana saja kok selama 5-10 menit untuk pemanasan dan pendinginan.

2. Selalu Memilih Latihan yang Ringan Saja

Kamu sering malas melakukan olahraga yang berat dan menguras tenaga, sehingga kamu lebih memilih melakukan olahraga yang ringan tapi dengan durasi yang panjang sehingga kamu tetap dapat membakar banyak kalori. Cara tersebut juga merupakan suatu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Bagi wanita berusia di atas 35 tahun dan bagi kamu yang baru rutin berolahraga, memang dianjurkan untuk melakukan latihan yang berintensitas rendah terlebih dahulu untuk membiasakan diri dan otot-otot dalam tubuh. Namun, jika kamu sudah berolahraga dalam jangka waktu yang cukup lama, kamu bisa pelan-pelan meningkatkan intensitasnya. Karena melakukan latihan berintensitas tinggi dapat meningkatkan kekuatanmu dan mempercepat pencapaian tujuanmu berolahraga.

3. Berolahraga secara Berlebihan

Demi mendapatkn bentuk tubuh ideal secara cepat, kamu pun sangat bersemangat melakukan olahraga. Kamu berolahraga tujuh hari dalam seminggu dan selama 3-4 jam dalam sehari. Namun, cara tersebut hanya akan membuat tubuhmu kehabisan tenaga, dan berisiko mengalami kerusakan otot, bahkan cedera. Otot-otot tubuh yang sudah bekerja sangat keras ketika kamu berolahraga juga butuh istirahat dan perlu waktu untuk proses pemulihan pasca olahraga. Jadi, agar stamina tubuh kamu tidak terkuras habis dan kamu tetap dapat mencapai tujuanmu, berolahragalah secukupnya.

4. Terobsesi dengan Sit Up

Begitu juga halnya dengan berlatih sit up. Latihan sit up memang dapat melatih otot perut sehingga dapat membuatnya lebih kencang dan ramping. Namun, berlatih sit up secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, untuk mendapatkan perut yang rata dan bebas lemak, latihan sit up secara rutin juga harus dibarengi dengan menjaga asupan kalori yang masuk.

5. Postur Tubuh yang Salah

Kesalahan lainnya saat berolahraga yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah berolahraga dengan postur tubuh yang salah. Pada dasarnya, semua jenis olahraga meliputi dasar postur tubuh yang sama, yaitu duduk, berdiri, jongkok, dan berbaring. Namun, jika posisi dasar tersebut dilakukan dengan tidak tepat, maka bisa menyebabkan cedera. Jadi, perhatikan dengan seksama cara instruktur mencontohkan gerakan atau jika kamu masih tidak mengerti cara melakukannya, jangan segan untuk bertanya kepada pelatih.

Jika kamu mengalami gangguan kesehatan saat berolahraga, seperti cedera, keseleo, urat terkilir, dan lain-lain yang tidak kunjung membaik, kamu bisa menghubungi dokter dan meminta saran kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Kini, kamu juga bisa melakukan tes kesehatan tanpa perlu keluar rumah dengan menggunakan fitur Lab Home Service. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

OLAHRAGA

15 August 2018

Di banyak daerah, perayaan Kemerdekaan RI ini sering dirayakan dengan beragam perlombaan. Namun, kamu mesti wa...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Pecinta basket mana sih yang enggak mengenal LeBron James? Meski sudah berkepala tiga, ketajaman dan kebugaran...

Selengkapnya

OLAHRAGA

15 August 2018

Beberapa cedera olahraga yang paling sering terjadi....

Selengkapnya