• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Minum Kopi sebelum Olahraga di Pagi Hari

5 Manfaat Minum Kopi sebelum Olahraga di Pagi Hari

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Beberapa orang yang suka berolahraga atau atlet memiliki keinginan untuk meningkatkan kinerja atletik dengan stimulan. Biasanya, stimulan bisa didapatkan dari suplemen atau susu khusus olahraga pre-workout . Hanya saja, stimulan buatan ini terkadang memiliki efek samping. Adakah pilihan stimulan alami?

Jawabannya adalah kopi. Minuman ini secara alami memiliki bahan aktif yang sama dengan suplemen pre-workout, yaitu kafein. Kopi terbukti efektif meningkatkan kinerja olahraga, asalkan kamu meminumnya tanpa gula dan bersama makanan.

Baca juga: Harus Tahu, Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan Dalam Olahraga

Ketahui Manfaat Minum Kopi

Perlu diketahui, bahwa kopi tidak mengandung aditif seperti beta-alanin dan kreatin yang terkandung dalam suplemen pre-workout. Secara alami, kopi lebih baik dibandingkan suplemen pre-workout. Ketahui beberapa manfaat minum kopi sebelum olahraga berikut ini, yaitu: 

  • Kopi Membantu Membakar Lemak dan Meningkatkan Energi

Tingginya kadar kafein dalam kopi secara signifikan meningkatkan kemampuan membakar lemak saat berolahraga. Selain itu, minum kopi di pagi hari akan menyebabkan kamu lebih sedikit mengonsumsi kalori di siang hari, karena kafein mampu menekan nafsu makan. 

Kopi membantu pembakaran lemak secara efektif selama olahraga dan beberapa jam setelah berolahraga. Kafein ada di aliran darah sekitar 15 menit setelah dikonsumsi. Efek stimulan puncak dari kopi terjadi 40 hingga 80 menit setelah minum secangkir kopi. 

Begitu kafein masuk ke aliran darah, tubuh meresponsnya dengan beberapa cara. Tekanan darah dan detak jantung meningkat, lemak dipecah, dan asam lemak dilepaskan ke aliran darah. Hasilnya, banyak orang merasa energi dan siap untuk olahraga secara maksimal.

  • Meningkatkan Metabolisme

Kafein mampu meningkatkan laju metabolisme, di mana tubuh menggunakan atau membakar energi. Kopi dikaitkan dengan peningkatan laju metabolisme yang signifikan selama konsumsi kafein dan berlanjut selama tiga jam.

  • Meningkatkan Kinerja Olahraga

Perlu diketahui, bahwa kafein dalam kopi efektif untuk meningkatkan berbagai jenis kinerja saat dikonsumsi dalam dosis rendah hingga sedang. Mengonsumsi kopi sebelum berolahraga menghasilkan manfaat yang signifikan dalam kemampuan berolahraga.

Kopi merangsang tubuh untuk menggunakan lemak yang tersimpan, bukan glikogen otot (gula), selama berolahraga. Hal ini memungkinkan penggunaan otot yang bekerja dalam waktu lama.

Baca juga: 6 Gerakan Fitness yang Bisa Dilakukan di Rumah

  • Meningkatkan Konsentrasi

Kopi terbukti dapat meningkatkan fokus. Kafein yang terdapat dalam kopi menjadi stimulan alami yang meningkatkan fungsi otak dan berdampak positif pada area otak yang bertanggung jawab atas memori dan konsentrasi. Saat konsentrasi lebih tajam, olahraga lebih produktif dan efektif. 

  • Mengurangi Nyeri Otot

Minum dua cangkir kopi dapat mengurangi nyeri otot setelah berolahraga. Ini adalah manfaat yang baik untuk orang dewasa aktif yang khawatir nyeri otot setelah olahraga yang intens. 

Waktu Terbaik Minum Kopi sebelum Olahraga

Perlu diketahui juga, bahwa minum kopi sebelum olahraga harus memperhatikan waktu yang tepat dan tidak boleh sembarangan. Kafein diserap tubuh dalam waktu 15 hingga 45 menit setelah dikonsumsi. Tapi kafein baru mencapai efek stimulasi puncak selang 30 hingga 75 menit kemudian. Sehingga waktu terbaik untuk minum kopi adalah sekitar satu jam sebelum berolahraga. 

Meskipun kopi memberikan efek positif saat diminum sebelum berolahraga, namun porsinya tidak boleh berlebihan. Minum kopi terlalu banyak sebelum berolahraga justru memicu sakit perut, dehidrasi, jantung berdebar, dan masalah kesehatan lainnya. 

Baca juga: 6 Alat Olahraga untuk Latihan di Rumah

Porsi kopi yang disarankan setidaknya satu sampai dua cangkir kopi per hari untuk mendapatkan manfaat yang diperlukan. Selain itu, disarankan minum kopi dengan menambahkan susu agar asupan protein dan karbohidrat meningkat. 

Jika kamu tidak merasakan manfaat dari minum kopi sebelum berolahraga, kemungkinan tubuh merespon hal yang berbeda. Kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran yang tepat. Jika dokter memberikan resep, kamu bisa beli obat melalui aplikasi Halodoc

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2021. 6 Ways Coffee Can Enhance Your Athletic Performance
Men’s Health. Diakses pada 2021. Coffee Can Be a Great Pre-Workout — If You Drink It At the Right Time.