• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Mendukung Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Mendukung Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Mendukung Kesehatan Tubuh

“Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dari minyak kelapa. Mulai dari membantu kamu menjaga dan mengontrol berat badan, menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko alzheimer, menjadi sumber antioksidan, hingga menjaga kesehatan rambut menjadi manfaat minyak kelapa untuk mendukung kesehatan tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan ketika mengonsumsi makanan gorengan. Selain membatasi jumlah makanan, kamu juga bisa memilih menggunakan minyak yang sehat, seperti minyak kelapa. 

Namun tidak hanya untuk memasak, minyak kelapa juga dikenal karena manfaatnya yang beraham untuk mendukung kesehatan tubuh. Nah, sebaiknya cari tahu berbagai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan, di sini!

Baca juga: Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa, Lebih Sehat Mana?

Menjaga Kesehatan Kulit hingga Rambut

Minyak kelapa mulai banyak disukai oleh masyarakat. Mulai dari untuk memasak hingga mencampurnya ke berbagai jenis makanan yang akan dikonsumsi. Bahkan, penggunaan minyak kelapa sebagai masker pada rambut dan kulit juga dipercaya dapat membantu kamu menjaga kesehatan rambut dan kulit, loh. 

Berikut ini manfaat minyak kelapa untuk mendukung kesehatan, yaitu:

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minyak kelapa dipercaya dapat membantu kamu melakukan proses pembakaran lemak dalam tubuh. Hal ini membuat kamu lebih mudah mengontrol dan menurunkan berat badan. 

Minyak kelapa merupakan sumber trigliserida rantai menengah (MCT). Para peneliti mengungkapkan bahwa MCT dapat membantu kamu untuk meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak kelapa juga bisa membantu kamu untuk menjaga kelembapan kulit. Kamu bisa gunakan beberapa tetes minyak kelapa murni pada bagian kulit yang terasa kering. Diamkan selama semalam dan bersihkan keesokan harinya untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Baca juga: Minyak Kelapa Bisa Atasi Kurap, Ini Penjelasannya

  1. Menurunkan Risiko Alzheimer

Penyakit alzheimer adalah gangguan kesehatan yang memicu demensia. Kondisi ini dapat mengurangi kemampuan otak untuk menggunakan glukosa dan energi. 

Minyak kelapa menjadi salah satu minyak alami yang memiliki kandungan MCT sehingga meningkatkan keton dalam darah. Peneliti percaya meningkatkan keton dalam darah membuat tambahan energi untuk sel otak sehingga menurunkan risiko gejala awal penyakit alzheimer.

Kamu bisa coba untuk menggunakan minyak kelapa sebagai minyak masak bagi pengidap alzheimer. Namun, manfaat ini masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat minyak kelapa pada pengidap alzheimer.

  1. Sumber Antioksidan yang Baik

Minyak kelapa merupakan sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan adalah senyawa yang membantu tubuh mencegah berbagai gangguan kesehatan akibat radikal bebas.

Dengan memenuhi kebutuhan antioksidan, kamu bisa mencegah berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi, seperti stres, penuaan dini, penyakit kanker, hingga peradangan sendi.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Menggunakan minyak kelapa pada rambut sebagai masker bisa membantu kamu terhindar dari kerusakan rambut, lho. Bahkan, rambut akan semakin bersinar dan kuat jika penggunaannya dilakukan secara rutin.

Namun, jangan lupa untuk mencuci rambut hingga bersih setelah menggunakan masker minyak kelapa, ya.

Baca juga: Minyak Kelapa untuk Obat Sariawan, Seberapa Efektif?

Itulah manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai penggunaan tepat minyak kelapa. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 10 Evidence-Based Health Benefits of Coconut Oil.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What to Know About Coconut Oil.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2021. The Truth About Coconut Oil.
Better Health. Diakses pada 2021. Antioxidant.