• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minyak Kelapa Bisa Atasi Kurap, Ini Penjelasannya

Minyak Kelapa Bisa Atasi Kurap, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Minyak Kelapa Bisa Atasi Kurap, Ini Penjelasannya

Halodoc, Jakarta - Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Minyak alami satu ini bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif untuk berbagai macam penyakit, mulai dari infeksi hingga cedera. 

Salah satu penyakit yang diyakini bisa diatasi dengan penggunaan minyak kelapa adalah kurap, yakni infeksi jamur menular yang mempengaruhi kulit. Secara medis kondisi ini dikenal sebagai tinea, dan akan memengaruhi lapisan atas kulit. Infeksi kurap mungkin gatal dan sering kali dimulai sebagai area datar bersisik pada kulit. Setelah ruam melingkar, bagian dalamnya mungkin berisi kulit bening atau benjolan merah.

Baca juga: Jangan Tertukar, Ini Bedanya Kurap dengan Kudis pada Kulit

Minyak Kelapa untuk Atasi Kurap

Secara umum, pengobatan kurap adalah pemberian obat perawatan antijamur yang dijual bebas. Obat-obatan oles ini akan menghilangkan sebagian besar kasus kurap ringan dengan cepat. Jika perawatan obat bebas tidak berhasil, dokter mungkin akan meresepkan obat antijamur resep. Ini termasuk krim dan lotion dengan persentase bahan antijamur yang lebih tinggi. Jika masih belum ada perubahan gejala, dokter akan meresepkan pil antijamur oral. 

Jika kamu ingin mencoba minyak kelapa di samping perawatan yang diberikan oleh dokter, ini sebetulnya diperbolehkan. Namun, kamu juga perlu mendiskusikan dengan dokter di Halodoc mengenai keamanannya. Namun, secara keseluruhan minyak kelapa telah lama digunakan sebagai pengobatan kurap karena beberapa alasan. 

Pertama, minyak kelapa adalah agen antijamur yang kuat yang dapat membasmi infeksi jamur ringan atau superfisial bila dioleskan secara topikal. Manfaat ini berasal dari asam laurat dan lipid antimikroba yang ditemukan dalam asam lemak rantai menengah dalam minyak kelapa.

Kedua, minyak kelapa juga digunakan untuk membantu menyembuhkan luka lebih cepat. Manfaat antiinflamasi, antioksidan, dan pelembabnya dapat meredakan iritasi dan kulit mengelupas dengan melumasi kulit dan mempercepat waktu penyembuhan. Ia juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan gejala infeksi yang terlihat lainnya.

Baca juga: Hati-Hati, 6 Kondisi Sebabkan Kurap di Selangkangan

Cara Menggunakan Minyak Kelapa untuk Atasi Kurap

Menggunakan minyak kelapa untuk mengobati kurap sangatlah mudah. Jaga agar area bersih dan kering sebelum mengoleskan minyak kelapa leleh ke area yang terkena dengan bola kapas atau kapas. 

Sebelum melakukannya, pastikan kamu mencuci tangan meskipun menurut kamu sudah terlihat bersih. Ingat, jamur ini sangat mudah menular sehingga kamu benar-benar harus menjaga kebersihan tangan. 

Oleskan minyak kelapa ke area yang terkena antara empat dan enam kali sehari. Dengan menggabungkan minyak kelapa dengan bahan antijamur dan antimikroba lainnya dapat membantu meningkatkan efektivitasnya. Seperti misalnya minyak pohon teh atau tea tree oil. Campurkan dua tetes minyak pohon teh dengan satu sendok makan minyak kelapa leleh dan oleskan ke area yang terkena.

Meski gejala sudah hilang, sebaiknya terus gunakan minyak kelapa di area yang terkena setidaknya selama satu minggu. Ini akan memastikan infeksi hilang dan mengurangi risiko kambuh.

Baca juga: Jarang Mandi Bisa Buat Kulit Kena Kadas dan Kurap 

Hal yang Perlu Diperhatikan

Penelitian memang menunjukkan bahwa sifat antijamur dan pelembap minyak kelapa efektif dalam mengobati kasus kurap ringan. Lebih baik lagi, minyak kelapa umumnya memiliki risiko efek samping yang lebih kecil seperti iritasi daripada perawatan dengan obat jamur oles. Namun, alangkah lebih baik untuk mendiskusikannya dengan dokter supaya terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan saat hendak menggunakan minyak kelapa. 

Ingatlah untuk menggunakan perawatan setidaknya satu minggu setelah gejala hilang untuk memastikan bahwa infeksinya juga hilang. Ini juga mengurangi risiko kekambuhan, baik di tempat awal kurap muncul atau di area tubuh lainnya,

Jika gejala kurap Anda belum hilang setelah satu setengah minggu menggunakan minyak kelapa atau obat lainnya, segera diskusikan dengan dokter di Halodoc. Pasalnya. kemungkinan kamu memerlukan obat resep untuk berhasil mengatasi infeksi. 

Referensi:
Coconut Oils. Diakses pada 2020. How to Use Coconut Oil for Ringworm.
Healthline. Diakses pada 2020. Is Coconut Oil an Effective Treatment for Ringworm?
The Coconut People. Diakses pada 2020. Can Virgin Coconut Oil Treat Fungal Infections Such as Ringworm.