• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Sarang Tawon yang Lezat

5 Manfaat Sarang Tawon yang Lezat

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Tawon, atau yang oleh sebagian orang disebut dengan lebah ternyata memiliki peran penting dalam menunjang kesehatan tubuh kita. Dibalik sengatnya yang menyakitkan jika terkena tubuh, madu yang dihasilkan oleh serangga pengisap sari bunga ini kaya akan segudang manfaat. Namun, belum banyak yang mengetahui kalau ternyata sarang tawon juga memiliki manfaat baik untuk tubuh. Apa saja manfaat sarang tawon ini? Berikut beberapa di antaranya:

Sumber Antioksidan

Munculnya radikal bebas pada tubuh tidak lepas dari proses metabolisme yang terjadi. Sederhananya, radikal bebas terbentuk sebagai akibat dari reaksi oksigen yang membentuk molekul dengan jumlah elektron yang sangat terbatas pada bagian kulit luarnya. Radikal bebas ini sifatnya sangat reaktif dengan menyerang sel-sel tubuh yang normal.

Sarang tawon sendiri kaya akan kandungan vitamin penting yang diperlukan tubuh, seperti vitamin C, E, dan A yang baik untuk antioksidan dan penangkal radikal bebas. Selain itu, sarang tawon juga mengandung beberapa enzim, seperti enzim katalase, gluthation peroxydase (GPS), dan superoxida dismutate (SOD).

Sebagai Antivirus, Bakteri, dan Jamur

Tahukah kamu kalau lapisan protein adalah tempat berkembangbiaknya virus? Virus ini tidak akan menimbulkan dampak negatif selama lapisan protein tersebut tidak pecah. Bioflavonoid adalah salah satu zat yang diperlukan tubuh untuk melindungi lapisan protein dari ancaman virus. Nah, kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi sarang tawon.

Baca juga: 5 Manfaat Meminum Susu Rendah Lemak

Studi yang telah dilakukan oleh The National Heart and Lung Institute London membuktikan bahwa senyawa Bioflavonoid pada sarang tawon berperan aktif dalam membasmi bakteri yang sifatnya resisten terhadap sisntesis biotik. Kandungan inilah yang membuat sarang tawon bersifat sebagai antivirus, bakteri, dan jamur.

Obat Alami Aterosklerosis

Manfaat sarang tawon selanjutnya adalah sebagai obat alami penyakit aterosklerosis atau pengapuran pada pembuluh darah akibat dari kolesterol yang mengalami kontaminasi oleh radikal bebas. Sebagian besar kolesterol sebenarnya akan diangkut oleh jaringan hati dalam bentuk LDL melalui pembuluh darah. Saat terjadi kontaminasi oleh radikal bebas, LDL yang terbawa ini akan berubah menjadi Oksi-LDL yang apabila mengendap pada dinding pembuluh darah akan mengakibatkan aterosklerosis. Jika tidak segera ditangani, penyakit ini akan memicu terjadinya penyakit lain, seperti stroke, darah tinggi, dan jantung.

Meningkatkan Kemampuan Sistem Imun Tubuh

Ketika imunitas tubuh mengalami penurunan, akan terjadi penghancuran limfosit yang menyebabkan infeksi jika tidak segera mendapatkan penanganan. Biasanya, kondisi ini terjadi pada pengidap AIDS atau kanker. Namun, ini bisa diatasi dengan mengonsumsi sarang tawon. Sarang tawon bersifat sebagai imunostimulator untuk mengaktifkan kembali imunitas tubuh yang rendah dengan meningkatkan respon imunnya.

Membantu Regenerasi Sel Hati

Penyakit hati seperti hepatitis memiliki ciri terganggunya regenerasi sel hati. Namun, ini bisa diatasi dengan sarang tawon. Kandungan sarang tawon akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh sekaligus memakan sel hati yang mati sehingga pembentukan jaringan ikat pun dapat dikurangi.

Baca juga: 7 Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan

Itu tadi lima manfaat sarang tawon untuk kesehatan. Bentuknya yang terbilang unik dan sedikit menjijikkan tak lantas membuat rumah tawon tidak bermanfaat. Kalau kamu ingin mengetahui tips kesehatan lain atau bertanya tentang gejala penyakit tertentu, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dan memilih fitur Tanya Dokter. Namun, kamu perlu donwload aplikasi Halodoc ini terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya.