5 Manfaat Meminum Susu Rendah Lemak

5 Manfaat Meminum Susu Rendah Lemak
DIET & NUTRISI 13 February 2018

Halodoc, Jakarta – Kamu yang lagi diet pasti akan mencari jenis makanan atau minuman dengan kandungan lemak yang serendah mungkin, termasuk ketika memilih susu.  Salah satu jenis susu yang sangat baik dikonsumsi saat sedang diet adalah susu rendah lemak. Banyak pria dan wanita yang memasukan susu rendah lemak ke dalam menu diet harian mereka. Selain cukup mengenyangkan perut, susu rendah lemak juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebelum mulai mengonsumsinya, ada baiknya kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan susu rendah lemak. Seperti namanya, susu rendah lemak tetap memiliki kandungan lemak tapi dalam kadar yang rendah. Ada susu rendah lemak yang kadar lemaknya 1 persen, 2 persen, tapi ada juga susu yang tidak mengandung lemak sama sekali yang disebut juga dengan susu skim. Susu dengan kadar lemak 1 persen mengandung setidaknya 127 kalori, 2 gram lemak jenuh, dan 13 miligram kolesterol. Sedangkan susu berlemak 2 persen mengandung 139 kalori, 4 gram lemak jenuh, dan 22 miligram kolesterol.

Jenis susu yang paling baik untuk diet tentunya adalah susu tanpa lemak atau susu skim. Bukan hanya tidak mengandung lemak, susu skim juga rendah kolesterol. Dalam segelas susu skim, hanya terdapat 5 gram kolesterol saja dan tanpa lemak jenuh. Karena memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang rendah, susu rendah lemak pun dapat memberikan beberapa manfaat untuk tubuh:

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selama ini susu dianggap sebagai minuman yang pantang dikonsumsi saat diet karena dapat menggemukkan badan. Tapi kenyataanya, menurut beberapa orang ahli gizi, susu mengandung vitamin D yang justru dibutuhkan tubuh untuk menurunkan berat badan. Agar kamu bisa mendapatkan nutrisi baik dalam susu tanpa khawatir jadi gemuk, mengonsumsi susu rendah lemak setiap hari adalah cara terbaik.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Susu rendah lemak kaya akan kandungan kalsium dan protein yang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Dengan rutin mengonsumsi susu rendah lemak, kesehatan jantungmu akan tetap terjaga dan menurunkan risiko terkena stroke.

  1. Minuman Terbaik Setelah Berolahraga

Setelah melakukan olahraga yang banyak mengeluarkan keringat, kamu bisa mengonsumsi susu rendah lemak untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi. Selain itu, meminum susu rendah lemak sehabis berolahraga juga akan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh, membantu kamu menambah masa otot, dan menyingkirkan lemak yang tidak diinginkan.

  1. Menguatkan Tulang

Susu rendah lemak bisa dibilang minuman yang hampir sempurna karena minim akan kandungan yang tidak diinginkan, tapi kaya akan kandungan baik, salah satunya adalah kalsium. Segelas susu rendah lemak mengandung 299 miligram yang dapat memenuhi 30 persen kebutuhan tubuh akan kalsium untuk membuat tulang lebih padat. Dan karena kandungan lemaknya rendah, maka kalsium dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

  1. Menyehatkan Usus

Meminum segelas susu rendah lemak setiap hari juga dapat memastikan usus bergerak dengan optimal. Dengan demikian, kamu akan merasa segar dan berenergi sepanjang hari. Usus yang bekerja dengan baik pun akan mencegah kamu mengalami masalah yang berkaitan dengan pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Itulah beberapa manfaat baik yang bisa kamu rasakan dari mengonsumsi susu rendah lemak setiap hari. Kamu juga bisa bertanya seputar diet dan nutrisi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur Lab Test yang terdapat pada aplikasi Halodoc Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

23 May 2018

Sistem kerja hormon yang memberikan perubahan fisik dan mood kerap mengganggu aktivitas ibu hamil dalam merawa...

Selengkapnya

SEKS

23 May 2018

Kalau kamu dan pasangan ingin segera punya momongan, ada baiknya mulai dari sekarang kalian memperhatikan asup...

Selengkapnya

KEHAMILAN

23 May 2018

Salah satu pemeriksaan yang penting dilakukan saat hamil adalah ultrasonografi (USG) untuk mengetahui kondisi ...

Selengkapnya