• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

Halodoc, Jakarta - Jika dalam keadaan yang sehat, kucing sangat menyukai aktivitas fisik, seperti melompat, berlari, bermain benda-benda di sekitar, atau menggoda kamu sebagai pemiliknya. Bagi mereka, melakukan sejumlah aktivitas tersebut merupakan hal yang menyenangkan. Saat ia mengalami sejumlah masalah kesehatan, penyakit akan menyerang sistem kekebalan tubuhnya.

Jika sudah begitu, kucing yang sebelumnya sangat aktif, bisa mendadak diam seribu bahasa. Selain diam saja, kucing yang sakit cenderung mencari tempat yang aman dan nyaman untuk ia beristirahat. Lantas, apa saja masalah kesehatan pada kucing yang umum dialami? Berikut ini sejumlah masalah kesehatan pada kucing yang perlu kamu waspadai:

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Mengganggu

1.Kutu

Adanya kutu menjadi masalah kesehatan pada kucing yang perlu diwaspadai. Parasit pada kucing ini akan tampak berwarna coklat tua dan memiliki ukuran yang beragam, dari kecil hingga sebesar biji wijen. Telurnya sendiri akan tampak, seperti bintik-bintik hitam atau putih, dan menempel pada bulu kucing yang dekat dengan akar. Bukan itu saja, kucing akan terlihat tidak nyaman dengan rasa gatalnya.

Ia akan terus-menerus menggaruk dan menjilat bagian yang terasa gatal. Jika sudah begitu, kulit kemerahan karena iritasi, bulu menjadi rontok, bahkan dapat memicu timbulnya infeksi kulit. Jika tidak ditangani dengan baik, parasit pada kucing ini dapat memicu munculnya anemia.

2.Muntah-Muntah

Selain kutu, muntah menjadi masalah kesehatan pada kucing lainnya. Penyebabnya sendiri bisa berasal dari makan makanan yang beracun, benda asing yang tidak sengaja termakan, gangguan saluran kemih, atau diabetes. Jika muntah terus-menerus terjadi, bukan hal yang tidak mungkin jika kucing mengalami dehidrasi. 

3.Diare

Bukan hanya manusia saja yang dapat mengalami diare. Kucing pun bisa mengalami hal serupa yang disebabkan oleh parasit pada usus, makanan busuk, ataupun basi yang tidak sengaja tertelan, alergi, infeksi, penyakit hati, atau kanker. Diare pada kucing biasanya terjadi selama berhari-hari. Dalam kasus yang parah, kondisi ini dapat terjadi hingga berbulan-bulan lamanya.

Jika kondisi ini dialami oleh kucing peliharaan, segera berikan ia air tawar yang bersih dan matang untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Jika ia masih mau banyak minum, kondisinya dapat berangsur membaik secara perlahan. Namun, jika kucing mengalami diare disertai muntah, kotoran berdarah atau berwarna gelap, demam, lesu, serta kehilangan selera makan, segera diskusikan dengan dokter, ya.

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

4.Sakit Mata

Masalah kesehatan pada kucing lainnya yang sering terjadi adalah sakit mata. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh konjungtivitis, ulkus kornea, katarak, glaukoma, trauma, virus peradangan, serta penyakit retina. Gejala yang tampak saat kucing mengalami sakit mata adalah adanya kotoran mata yang terus-menerus keluar, mata berair, serta lapisan mata tampak keruh.

5.Cacingan

Masalah kesehatan lain yang umum dialami kucing adalah cacingan. Kondisi ini disebabkan oleh cacing pita yang hidup di usus kecil. Parasit ini bisa tumbuh besar hingga 60 sentimeter. Saat kucing mengalami kondisi ini, ia akan mengalami muntah, serta penurunan berat badan drastis. Selain itu, cacing berwarna putih juga tampak terlihat pada kotoran kucing.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

Itulah sejumlah masalah kesehatan pada kucing yang perlu kamu waspadai. Jika kucing peliharaan mengalami gejala dari sejumlah masalah kesehatan tersebut, segera diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya. Langkah penanganan yang tepat diperlukan guna mencegah komplikasi berbahaya akibat sejumlah penyakit tersebut. Jadi, jangan disepelekan, ya!

Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Kenali Penyakit Kucing yang Sering Menyerang.
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. 3 Masalah Kesehatan yang Terjadi pada Anak Kucing.