• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Memiliki hewan peliharaan menjadi salah satu hal yang sudah banyak dilakukan orang saat ini. Salah satu hewan yang banyak diminati sebagai peliharaan adalah anjing. Dalam memelihara hewan peliharaan, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebagai pemelihara.

Salah satunya adalah kebiasaan menggonggong pada anjing. Saat anjing tidak mau menggonggong, kamu perlu mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Bisa jadi ia sedang malas atau tengah mengidap masalah kesehatan tertentu. Perhatikan, berikut ini beberapa penyebab anjing tidak menggonggong.

Baca juga: Awas, Hewan Peliharaan Juga Rentan Terkena Virus Corona

1.Anjing Malas Menggonggong

Anjing yang tidak menggonggong bisa jadi pertanda jika ia sedang malas melakukan hal tersebut. Malasnya anjing menggonggong bisa disebabkan oleh suasana hari yang buruk atau ia sedang berada dalam kondisi yang tidak nyaman atau terlalu nyaman. Jadi, perhatikan selalu suasana hatinya, ya. Pasalnya, gonggongan merupakan bentuk komunikasi yang dibuat oleh anjing untuk menunjukkan apa pun yang ia rasakan.

2.Anjing sedang Sakit

Anjing yang tidak mau menggonggong bisa jadi karena ia tengah merasakan sakit pada tubuhnya. Sakit yang dirasakan menyebabkan anjing tidak memiliki tenaga yang cukup untuk menggonggong. Selain lemas dan tidak bisa menggonggong, coba perhatikan nafsu makanan dan tekstur kepadatan fesesnya. Jika nafsu makannya berkurang dan tekstur fesesnya cair atau sangat keras, maka anjing sedang mengalami masalah kesehatan tertentu.

3.Anjing Tidak Bisa Menggonggong

Anjing yang tidak bisa menggonggong sejak lahir menjadi salah satu penyebab anjing tidak menggonggong. Kondisi ini merupakan bawaan sejak ia terlahir di dunia. Anjing tidak bisa menggonggong adalah salah satu gangguan perkembangan pada mereka. Ini karena menggonggong merupakan bentuk komunikasi anjing kepada pemiliknya. Sama halnya dengan manusia yang memiliki kemampuan atau keterlambatan dalam berbicara.

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

4.Anjing Kurang Berinteraksi

Penyebab anjing tidak menggonggong selanjutnya adalah karena kamu kurang mengajaknya berinteraksi. Bisa jadi kamu terlalu lama mengurungnya di dalam kandang, sehingga ia tidak tahu bagaimana keadaan dunia luar. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya ajak anjing berjalan-jalan secara rutin dan mengajaknya bermain bersama.

5.Anjing Merasa Ketakutan

Penyebab anjing tidak menggonggong yang terakhir adalah karena ia merasa ketakutan. Anjing yang merasa takut berlebihan akan dapat mengalami tekanan psikis maupun fisik, dan tidak menggonggong menjadi salah satu pertandanya. Untuk mengatasi kondisi tersebut, sebagai pemelihara, kamu perlu menenangkannya dengan memeluknya, serta menjauhkan atau menghindari penyebab ketakutan pada anjing.

Baca juga: Hewan Kesayangan Tidak Divaksin, Waspada Bahayanya

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab anjing tidak menggonggong. Kondisi-kondisi tersebut perlu dipahami oleh setiap pemelihara anjing. Meskipun terbilang normal, tetapi adanya penyakit tertentu menjadi salah satu penyebab anjing tidak menggonggong. Jika kamu bingung harus bagaimana, diskusikan hal tersebut dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya. Cari tahu apa yang menjadi alasan dan apa yang dibutuhkan anjing peliharaan agar dapat ceria seperti sedia kala.

Referensi:
Dokterhewan.com. Diakses pada 2020. Jika Anjing Tidak Mau Menggonggong.
Pet Dog Owner. Diakses pada 2020. Why doesn’t my dog bark?