• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Negara Pemilik Menu Paling Sehat di Dunia

5 Negara Pemilik Menu Paling Sehat di Dunia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalani gaya hidup sehat. Rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat bisa menjadi salah satu cara yang kamu lakukan untuk memiliki gaya hidup sehat. Makanan yang sehat adalah makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

Tentu dengan terpenuhinya semua kebutuhan vitamin dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, sistem imunitas tubuh seseorang juga meningkat dan optimal. Kondisi ini menyebabkan seseorang yang memiliki gaya hidup sehat lebih rendah memiliki gangguan kesehatan dibandingkan orang-orang yang kurang memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Untuk itu, ketahui beberapa negara yang disebut sebagai pemilik menu sehat di dunia, di antaranya:

1. Norwegia

Norwegia menjadi salah satu negara yang terkenal akan pasokan ikan segarnya. Jadi, tidak mengherankan kalau penduduk Norwegia memiliki kesehatan yang cukup baik karena gemar mengonsumsi ikan segar. Tidak hanya ikan, Norwegia memiliki salah satu jenis buah yang gemar dikonsumsi oleh masyarakat Norwegia yaitu buah cloudberry.

2. Jepang

Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki menu makanan sehat jika dilihat dari kondisi kesehatan masyarakatnya. Masyarakat Jepang merupakan salah satu masyarakat yang cukup rutin mengonsumsi sayuran, seperti kale, brokoli, zucchini, dan jenis sayuran lainnya.

Tidak hanya sayuran, mengonsumsi daging ikan atau sashimi dengan kecap asin merupakan salah satu makanan yang membuat masyarakat Jepang memiliki angka kesehatan terhadap jantung yang cukup baik. 

Baca juga: Tips Pilihan Makanan saat Liburan

3. Singapura

Singapura menjadi negara yang memiliki menu makanan cukup sehat. Meskipun negara Singapura memiliki konsumsi terhadap nasi putih cukup tinggi, namun pengonsumsian nasi putih diseimbangkan dengan pengonsumsian sayuran yang cukup banyak.

Ikan dan daging menjadi pilihan sumber protein yang cukup digemari di beberapa negara, sangat terlihat jarang dikonsumsi oleh masyarakat Singapura. Ketika mereka ingin mengonsumsi sesuatu yang manis, masyarakat Singapura lebih memiliki untuk mengonsumsi buah atau membuat puding sendiri tanpa tambahan gula.

4. Italia

Umumnya, menu makanan khas Italia banyak dijual di negara mana saja, termasuk Indonesia. Makanan khas Italia dikenal dengan pizza dan pasta biasanya selalu memiliki ukuran besar dan mengandung daging yang sangat banyak.

Tahukah kamu bahwa masyarakat Italia lebih senang mengonsumsi makanan khas mereka dengan menambahkan sayuran yang cukup banyak di atasnya. Selain itu, masyarakat Italia lebih gemar membuat makanan mereka menggunakan minyak zaitun sehingga tidak berisiko alami kolesterol. Masyarakat Italia umumnya lebih senang menggunakan cara masak, seperti panggang, rebus atau kukus.

Baca juga: Suka Lari? Perlu 5 Makanan Sehat Ini

5. Swedia

Tahukah kamu bahwa negara Swedia dikenal sebagai negara penghasil susu fermentasi terbaik? Masyarakat Swedia memiliki kesehatan pencernaan yang cukup baik. Salah satu produk dari negara Swedia yang cukup terkenal dan mirip dengan yoghurt adalah filmjolk. Makanan ini mengandung banyak bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan membuat sistem imunitas tubuh semakin optimal.

Ya, selain mengonsumsi makanan sehat, tidak ada salahnya untuk seimbangkan kebiasaan tersebut dengan rutin berolahraga. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai pola hidup sehat yang perlu dijalani agar kesehatan tubuh selalu optimal.

Referensi:
Volunter Card. Diakses pada 2019. 8 Healthiest Cultures with the Best Food in the World
Travel Vivi. Diakses pada 2019. Top 10 Countries With The Healthy Food