19 April 2018

Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan

Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Memakan sayuran hijau setiap hari adalah kebiasaan baik yang harus kamu pertahankan. Karena sudah bukan rahasia lagi kalau nutrisi sayuran hijau adalah kunci hidup sehat dan membuatmu terhindar dari beragam penyakit. Sayuran hijau akan membantu merawat sistem pencernaan, sekresi, peredaran darah, tulang dan persendian, serta masih banyak lagi.

Bagi kamu yang sedang dalam proses diet, sayuran hijau akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuhmu. Berkat kandungan antioksidannya yang berlimpah, kamu jadi tidak gampang lemas dan sakit.

Kandungan gizi dan khasiatnya telah membuat para ilmuwan mengategorikan sebagai sayuran hijau sebagai nutraceuticals alias nutrisi berstandar farmasi. Beragam zat kimia yang ada pada sayuran hijau dapat membantu kamu menjadi lebih enerjik dan tidak mudah lelah. Selain itu,  berikut ini adalah kandungan gizi dalam sayuran hijau yang enggak boleh kamu lewatkan.

 

Protein

Apabila kamu sedang dalam program diet dan menghindari makan daging, jangan sampai hal ini membuat asupan protein yang masuk ke dalam tubuhmu juga ikut berkurang. Kamu dapat mendapatkan protein nabati dengan cara mengonsumsi sayuran hijau yang kaya akan kandungan protein seperti kacang kapri, asparagus, dan brokoli.

 

Serat

Sayuran hijau adalah pilihan tepat untuk kamu mendapatkan serat. Apabila serat dapat terpenuhi dengan baik maka sistem pencernaanmu juga akan bekerja dengan baik. Serat  mampu menyerap air di dalam usus dan mempertahankan kadar air di dalamnya. Sehingga kamu akan terhindar dari beragam masalah pencernan, seperti sembelit, wasir, gangguan pada usus, bahkan kanker sekalipun.

 

Vitamin

Kandungan vitamin yang ada pada sayuran hijau sudah tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini adalah beberapa vitamin beserta jenis sayuran hijau yang menyimpannya.

  • Vitamin A, berfungsi untuk memelihara penglihatan kamu. Vitamin ini terkandung dalam bayam, sawi, kale, brokoli, dan selada.
  • Vitamin B Kompleks, berfungsi untuk memelihara pertumbuhan dan perkembangan serta fungsi tubuh. Kamu dapat mendapatkan vitamin ini pada sayuran asparagus, peterseli, sawi hijau, dan brokoli.
  • Vitamin C, berfungsi untuk merawat kesehatan tubuh dengan mencegah berbagai penyakit serta melawan sel kanker. Vitamin C pada umumnya memang pada buah-buahan seperti jeruk. Namun kamu juga bisa mendapatkannya pada brokoli, paprika hijau, bayam, edamame, dan bok choy.
  • Vitamin E, berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit agar kulitmu lembut, terawat, dan bercahaya. Untuk itu, kamu harus rajin makan  bayam, brokoli, atau asparagus.
  • Vitamin K, berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah dan merawat kesehatan tulang. Cukup konsumsi bayam, kubis, mentimun, atau brokoli untuk mendapatkan manfaat dari vitamin ini.

 

Antioksidan

Antioksidan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah kanker.. Selain itu antioksidan juga diperlukan untuk memerangi stress akibat radikal bebas, mencegah peradangan, menjaga kesehatan jantung, dan mencegah kulit keriput.

 

Mineral

Sayuran hijau mengandung banyak sekali jenis mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, natrium, dan lainnya. Meski hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, mineral yang terkandung dalam sayuran hijau tetap penting untuk mendukung kesehatanmu.

Kalau kamu mau tahu lebih jauh mengenai nutrisi lain yang terkandung dalam sayuran hijau, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

(BACA JUGA: Ingin Sehat, Haruskah Jadi Vegetarian?)