5 Olahraga yang Dapat Membantu Pengobatan Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
obat darah tinggi

Halodoc, Jakarta - Pengidap tekanan darah tinggi tak hanya harus mengubah pola makan sehat dan konsumsi obat secara rutin. Sebaiknya hal-hal tersebut diimbangi dengan rutin berolahraga guna mengendalikan tekanan darah agar tetap berada di angka normal. Olahraga sendiri tak hanya baik bagi pengidap tekanan darah tinggi, tapi juga bagi kamu yang berada dalam kondisi sehat fisik dan mental.

Olahraga menjadi salah satu kunci guna mencegah berbagai macam penyakit berbahaya, terutama bagi memiliki risiko mengidap tekanan darah tinggi seiring dengan bertambahnya usia. Lalu, apa jenis olahraga yang dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi?

Baca juga: Inilah yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Olahraga

Jenis Olahraga yang Dapat Membantu Pengobatan Darah Tinggi

Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan hal yang satu ini. Meski dilakukan secara gratis, sampai saat ini banyak sekali orang yang masih malas untuk melakukannya, dengan alasan malas bangun pagi. Padahal, kegiatan sehat yang satu ini dapat kamu lakukan di mana pun, bahkan di atas tempat tidur sekali pun. 

Pada pengidap tekanan darah tinggi, kamu hanya perlu memasukkan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Dalam hal ini, berikut beberapa contoh olahraga sederhana yang bisa kamu praktikan guna menurunkan tekanan darah tinggi:

  1. Jalan kaki cepat.
  2. Joging.
  3. Naik dan turun tangga.
  4. Bersepeda.
  5. Berenang.

Baca juga: Milenial Harus Rutin Olahraga, Alasannya?

Dalam berolahraga, kamu tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat, yang terpenting adalah olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan jantung, sehingga jantung dapat memompa darah tanpa harus dipaksa untuk bekerja keras. Ketika jantung sehat, sirkulasi darah pada organ jantung menjadi lebih lancar. Hal tersebut dapat menjaga elastisitas pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat tetap stabil.

Tak hanya itu, olahraga rutin yang kamu lakukan juga akan mempertahankan berat badan ideal yang kamu miliki. Mempertahankan berat badan ideal juga salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Pengidap tekanan darah tinggi yang ingin melakukan kegiatan olahraga, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter untuk memilih jenis olahraga yang cocok dilakukan dan tidak memberatkan organ jantung.

Baca juga: 3 Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Si Kecil

Pengidap Hipertensi, Ini Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Bagi pengidap tekanan darah tinggi, kamu disarankan untuk berolahraga setiap hari selama 30 menit, atau minimal 3 atau 5 hari dalam seminggu. Dalam hal ini, kamu dapat melakukan kegiatan berenang atau berjalan cepat. Jika kamu merupakan orang yang baru ingin memulai olahraga. Lakukan pemanasan selama 2-3 menit sebelumnya, guna mencegah terjadinya cedera.

Jika sudah terbiasa, kamu dapat mengkombinasikan olahraga dengan intensitas sedang dan tinggi secara bersamaan. Lakukan kombinasi ini selama 30 menit dalam beberapa kali seminggu. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga. Keduanya bertujuan untuk mencegah cedera, melatih fleksibilitas otot, serta menjaga kesehatan persendian agar tidak mudah cedera.

Setelah selesai berolahraga dan sebelum melakukan pendinginan, jangan berhenti bergerak tiba-tiba. Perlambat gerakan secara bertahap selama beberapa menit. Hal ini wajib dilakukan, khususnya bagi mereka pengidap tekanan darah tinggi. 

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Exercise: A Drug-Free Approach to Lowering High Blood Pressure.
Everyday Health. Diakses pada 2019. The One Step That Helps Lower Your Blood Pressure Without Medication.
WebMD. Diakses pada 2019. Exercise Tips for Those With High Blood Pressure.