29 January 2019

5 Pekerjaan Ini Perlu Pemeriksaan Fisik untuk Tes Masuk

5 Pekerjaan Ini Perlu Pemeriksaan Fisik untuk Tes Masuk

Halodoc, Jakarta - Pemeriksaan fisik atau medical check up merupakan suatu rangkaian pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini bisa menjadi suatu persyaratan bagi seorang calon karyawan untuk diterima di suatu perusahaan atau lembaga. Hal ini berfungsi untuk mengidentifikasi dan mendeteksi gangguan kesehatan yang dialami oleh calon pekerja sebelum masuk ke dalam lingkungan pekerjaan, supaya dapat dicegah secara dini.

Pemeriksaan fisik pada karyawan merupakan salah satu program kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dari pemerintah. Tindakan ini berguna untuk mengetahui kesehatan calon karyawannya. Dengan begitu perusahaan dapat menentukan kemampuan orang tersebut dari sisi kesehatan. Hal ini untuk mencegah terjadinya penyakit atau kecelakaan pekerjaan yang terjadi karena dampak dari lingkungan pekerjaan nantinya.

Baca Juga: 6 Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan Bayi Baru Lahir

Dengan terjaminnya kesehatan karyawan, dan didukung oleh lingkungan kerja yang baik, kinerja dan produktivitas karyawan akan semakin membaik. Selain itu, lingkungan kerja dan perusahaan juga akan semakin baik.

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang akan melakukan pemeriksaan fisik pada calon karyawannya, yaitu:

1. Pekerja Offshore atau Lepas Pantai

Seseorang yang bekerja untuk perusahaan di lepas pantai atau offshore akan melakukan tes pemeriksaan fisik untuk calon karyawannya. Di samping itu, karyawan tetapnya juga akan melakukan pemeriksaan fisik rutin setiap 2 tahun sekali. Hal tersebut untuk menentukan apakah karyawan tersebut dianggap aman untuk bekerja di lingkungan lepas pantai. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan riwayat kesehatan, pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan indeks massa tubuh, tes fungsi paru, dan tes pendengaran.

2. Pilot

Pilot juga salah satu pekerjaan yang membutuhkan tes pemeriksaan fisik. Hal tersebut untuk menentukan apabila pilot tersebut layak terbang atau tidak. Pemeriksaan yang dilakukan sesuai dengan standar MedEx yang dapat dilakukan di Balai Kesehatan Penerbangan. Pemeriksaan tersebut antara lain pemeriksaan riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan mata, pemeriksaan gigi, pemeriksaan darah dan urine, pemeriksaan EKG, pemeriksaan pendengaran, serta pemeriksaan EEG.

Baca Juga: Agar Selalu Sehat, Karyawan Kantoran Butuh Medical Check Up

3. Tentara

Seorang tentara memang dituntut untuk memiliki tubuh yang sangat sehat, mengingat tanggung jawabnya yang berat untuk menjaga ketahanan negara. Hal tersebut membuat seleksi penerimaan tentara membutuhkan pemeriksaan fisik yang ketat dengan standar kesehatan yang tinggi. Pemeriksaan fisik tersebut mencakup postur tubuh secara keseluruhan, serta pemeriksaan mata, gigi, jantung, dan organ vital.

4. Polisi

Memasuki kepolisian juga mengharuskan pemeriksaan fisik. Hal tersebut dikarenakan polisi membutuhkan fisik yang menunjang sama seperti pada tentara. Semua pemeriksaan fisik untuk seseorang yang ingin masuk kepolisian kurang lebih sama dengan yang dilakukan untuk masuk tentara. Selain itu, polisi juga melakukan pemeriksaan mental dan kepribadian. Pemeriksaan tersebut untuk melihat apakah terdapat kelainan pada psikologi peserta.

Baca Juga: Harus Tahu, Anak-Anak Juga Butuh Medical Check Up

5. Pemadam Kebakaran

Pemeriksaan fisik juga dilakukan pada seseorang yang ingin masuk menjadi pemadam kebakaran. Pemeriksaan fisik tersebut memang sangat dibutuhkan untuk mengetahui seberapa bugar calon pekerja tersebut. Pemeriksaan tersebut meliputi empat jenis ujian, yaitu tes berlari selama 12 menit, setelah itu melakukan push up selama satu menit. Ketiga adalah sit up selama satu menit dan diambil penilaian sama seperti pada push up. Terakhir adalah shuttle run atau lari dengan melewati rintangan yang ada di depannya.

Itulah beberapa pekerjaan yang butuh pemeriksaan fisik. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal pemeriksaan tersebut, dokter dari Halodoc siap membantu. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Selain itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis tanpa perlu keluar rumah, pesananmu akan diantarkan sampai tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!