Agar Selalu Sehat, Karyawan Kantoran Butuh Medical Check Up

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
medical check up untuk karyawan, medical check up

Halodoc, Jakarta - Sebagai langkah pencegahan, tak ada salahnya seorang karyawan rutin melakukan medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan, sekaligus mendeteksi dini suatu penyakit. Alasannya jelas, semakin cepat suatu penyakit terdeteksi, semakin cepat pula pertolongan yang bisa diberikan. Nah, berikut beberapa hal mengenai medical check up untuk karyawan.

Disesuaikan dengan Risiko Pekerja

Kata ahli, medical check up perlu dilakukan oleh semua orang, termasuk karyawan perusahaan. Akan lebih baik lagi, bila fasilitas medical check up tak berdasarkan jabatan, sehingga seluruh karyawan bisa memperoleh fasilitas medis ini. Yang terpenting, medical check up untuk karyawan ini seharusnya disesuaikan dengan risiko pekerjaan masing-masing karyawan. Sebab penyakit yang muncul seringkali berkaitan dengan risiko dan lingkungan pekerjaan.

Misalnya, karyawan yang dalam pekerjaan sering terpapar suara bising, perlu melakukan medical check up pada indra pendengarannya secara rutin. Contoh lainnya, karyawan yang bekerja dipertambangan lebih berisiko mengalami masalah paru-paru. Oleh sebab itu juga memerlukan medical check up secara rutin pada organ tersebut.

Baca juga: Harus Tahu, Anak-anak juga Butuh Medical Check Up

Medical check up untuk karyawan juga bisa memberikan informasi pada perusahaan mengenai status kesehatan karyawannya. Selain itu, medical check up juga bisa meningkatkan kesadaran karyawan untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Jenis Medical CheckUp Karyawan

Medical check up untuk karyawan sendiri terdiri dari berbagai jenis. Nah, berikut beberapa jenis medical check up karyawan:

1. Medical Check Up Sebelum Masa Kerja

Yang satu ini sudah jelas dilakukan sebelum karyawan diterima di suatu perusahaan. Medical check up ini biasa disebut juga dengan pre-employment medical check up. Diterima atau tidaknya karyawan di perusahaan tersebut, juga bergantung dengan kondisi kesehatan yang ia miliki.

2. Medical Check Up Berkala

Jenis ini juga sering disebut dengan regular medical check up. Medical check up ini merupakan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan secara berkala. Penerapannya disesuaikan dengan potensi risiko di lingkungan kerja. Umumnya, medical check up karyawan ini dilakukan sekurang-kurangnya satu tahun sekali.

Baca juga: 5 Tips Makan Sehat Untuk Pekerja Kantoran

3 Medical Check Up Khusus

Sesuai namanya, medical check up jenis ini dilakukan untuk mendeteksi pekerjaan terhadap pekerja atau golongan tertentu. Misalnya, pekerja yang mengalami kecelakaan atau penyakit yang membutuhkan perawatan lebih dari dua minggu. Bisa juga dilakukan pada karyawan pria dan wanita yang berusia di atas 40, pekerja yang memiliki disabilitas, hingga karyawan yang diduga memiliki gangguan kesehatan tertentu.

Banyak Prosedur yang Dilakukan

Medical check up untuk karyawan ini terdiri dari banyak rangkaian prosedur pemeriksaan yang umumnya disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, dan kondisi kesehatan karyawan. Nah, berikut beberapa prosedur medical check up untuk karyawan.

1. Pemeriksaan Riwayat Kesehatan

Di tahap awal ini dokter akan menanyakan beberapa hal pada karyawan. Misalnya, keluhan kesehatan yang dialami, obat-obatan yang dikonsumsi, riwayat operasi, hingga gangguan kesehatan yang pernah diidap baru-baru ini atau pada masa lalu.

2. Pemeriksaan Tanda Vital

Di tahap ini dokter akan memeriksa tanda-tanda vital pasien seperti, frekuensi pernapasan, suhu tubuh, frekuensi denyut jantung, dan tekanan darah.

Baca juga: Kerja Kantoran Terancam Kena Kanker Paru-paru

3. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksan fisik diawali dengan menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan karyawan.

4. Pemeriksaan Kepala dan Leher

Dalam pemeriksaan ini dokter akan memeriksa kondisi tenggorokan dan amandel, gigi dan gusi, telinga, hidung, mata, kelenjar getah bening, dan kelenjar tiroid.

5. Pemeriksaan Penting Lainnya

Sebenarnya masih banyak pemeriksaan yang perlu dilalui karyawan. Namun, sekali lagi, pemeriksaan ini disesuaikan dengan kondisi kesehatan dan risiko pekerjaanya. Nah, pemeriksaan penting lainnya berupa pemeriksaan jantung, paru, perut, saraf, kulit, pemeriksaan penunjang, hingga laboratorium.

Nah, sudah tahu kan pentingnya medical check up karyawan? Tunggu apa lagi, yuk rutin melakukan medical check up demi terjaganya kesehatan di masa mendatang. Kamu juga bisa bertanya pada dokter mengenai masalah di atas melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!