19 December 2018

3 Alasan untuk Medical Check up Sebelum Tahun Baru

3 Alasan untuk Medical Check up Sebelum Tahun Baru

Halodoc, Jakarta - Pada dasarnya, tes medical check up tak hanya dibutuhkan oleh lansia saja. Mulai anak kecil hingga orang dewasa pun juga memerlukan pemeriksaan medis ini. Manfaat medical check up bagi seseorang untuk mengetahui ada-tidaknya masalah kesehatan yang bersarang ditubuhnya. Nah, dengan begitu kamu bisa mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

Meski kondisi tubuh terbilang dalam keadaan sehat, tapi bukan berarti dirimu atau anggota keluarga tak memerlukan medical check up. Menurut ahli dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), Amerika Serikat (AS), pemeriksaan kesehatan secara regular dapat membantu manusia meningkatkan kualitas hidup. Kata ahli di atas, medical check up sebaiknya dilakukan setahun sekali. Misalnya, di akhir tahun atau awal tahun untuk memudahkan mengingat tenggat waktunya.

Lalu, apa sih alasan melakukan tes medical check up sebelum tahun baru?

1. Mengetahui Penyakit yang Menjangkiti

Klasik memang, tapi seperti kata pepatah “Mencegah lebih baik daripada mengobati”, memang benar adanya. Tes medical check up secara teratur dapat mengetahui atau mendiagnosis penyakit yang menjangkiti dirimu sejak dini. Tujuannya jelas, agar penyakit tersebut tak berkembang menjadi makin serius.

Dalam beberapa kasus, ada sebagian orang yang takut untuk melakukan tes medical check up. Alasannya berbagai macam, seperti takut berhadap suatu penyakit yang diidapnya. Namun akan lebih menakutkan lagi bukan, bila kita tak tahu sama sekali apa yang terjadi di dalam tubuh kita? Nah, inilah alasan mengapa medical check up amat penting dilakukan.

Selain mengetahui kondisi kesehatan tubuh, melalui medical check up kita juga bisa mengetahui kondisi penyakit dengan gejala yang tidak tampak. Misalnya, hipertensi, diabetes melitus, penyakit darah, penyakit hati, ginjal, paru-paru, hingga kelainan lemak. Dalam prosedur medical check up ini, nantinya kita juga akan mendapatkan nasihat kesehatan umum dari dokter, dan menyadari beberapa gejala potensial, serta tanda-tanda peringatan yang harus diwaspadai.

2. Mencegah Perkembangan dan Komplikasi

Setelah mengetahui keluhan kesehatan yang diidap sejak dini, maka penanganan penyakit dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Nah, hal ini amat bermanfaat untuk mencegah perkembangan penyakit dan komplikasinya. Pasalnya, bila sudah mengetahui penyakit yang diidap, maka pengobatan bisa dilakukan sesegera mungkin.

Selain mencegah perkembangan dan komplikasinya, melalui cara ini kita juga bisa melakukan penghematan biaya pengobatan. Namun yang terpenting, dengan kesehatan yang terjaga dan terpantau dengan baik, maka usia produktifmu akan menjadi lebih panjang.

3. Mencegah Masalah Psikis

Jangan salah, masalah psikis bisa menimbulkan sederet masalah fisik, lho. Faktanya, saat ini banyak kasus-kasus medis yang dihadapi dokter dan berhubungan dengan tingkat stres. Peningkatan stres ini dapat menyebabkan banyak masalah, seperti tekanan darah tinggi, gangguan mental, masalah berat badan, diabetes, depresi, masalah pencernaan, asma, hingga penyakit jantung.

Nah, pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat mendiagnosis masalah di atas sebelum menjadi parah. Di sini, dokter atau penyedia layanan kesehatan dapat membantumu untuk mengelola dan memerangi penyakit yang berhubungan dengan stres secara efekif.

Selain ketiga hal di atas, tes medical check up secara berkala juga bertujuan sebagai cara dokter untuk mengajarkan perilaku hidup sehat dan memperbarui data klinis sejak pemeriksaan terakhir. Di samping itu, medical check up juga bisa meningkatkan hubungan antara dirimu dengan dokter.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas atau ingin melakukan tes medical check up? Kamu bisa kok melakukannya di labs Prodia atau bertanya laangsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: