26 February 2018

5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit cantik dan sehat tentu dambaan kebanyakan orang. Tapi, banyaknya aktivitas di luar ruangan justru enggak jarang membuat kulit menjadi kering dan kusam. Itu kenapa banyak orang yang menggunakan pelembab, tabir surya, dan lain-lain untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sayangnya, ada satu hal yang sering dilupakan banyak orang dalam merawat kesehatan kulit, yaitu merawat kulit dari dalam. Merawat kulit dari dalam ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit. Banyak studi menyebutkan bahwa kesehatan kulit tergantung pada makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Lantas, apa saja sih makanan untuk kesehatan kulit? Intip di bawah ini, yuk!

1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan merupakan "pemangsa" radikal bebas yang berperan dalam melindungi kulit, memperbaiki kerusakan sel kulit, dan merangsang produksi kolagen sehingga dapat membantu peremajaan kulit. Untuk mendapatkan kandungan antioksidan secara alami, kamu bisa mengonsumsi biji-bijian, buah dan sayuran yang berwarna-warni seperti tomat, blueberry, aprikot, bit, labu, bayam, ubi jalar, jeruk, paprika, dan kacang-kacangan.

2. Vitamin A

Vitamin A seringkali dikaitkan dengan kesehatan mata. Tapi, tahukah kamu kalau vitamin A juga baik untuk kesehatan kulit? Vitamin A sangat penting untuk produksi sel kulit sehat, memperkuat penghalang kulit dari iritasi penyebab jerawat, mencegah kulit kering, mengurangi bintik-bintik gelap, dan penuaan dini. Kamu bisa mendapatkan vitamin A dari konsumsi buah-buahan seperti jeruk, wortel, melon, stroberi, ubi jalar, dan sayuran berdaun gelap.

3. Vitamin C

Berbeda dengan vitamin A, konsumsi vitamin C telah lama diketahui dapat menjaga kesehatan kulit. Ini karena vitamin C dapat membantu kulit melawan radikal bebas, memudarkan kemerahan pada kulit, mencegah penuaan dini, dan meningkatkan produksi kolagen agar menghasilkan kulit baru dan memudarkan bekas jerawat. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah-buahan seperti buah jeruk, pepaya, dan kiwi dan sayuran hijau gelap seperti cabai merah, paprika, brokoli.

4. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang dapat melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, menghilangkan bekas jerawat, memudarkan bekas luka, dan bintik hitam. Vitamin E dapat ditemukan dalam kacang-kacangan seperti almond, biji-bijian, zaitun, sayuran hijau gelap seperti brokoli, bauh alpukat, dan minyak sayur.

5. Mengandung Omega-3

Omega-3 merupakan salah satu jenis lemak tak jenuh yang baik untuk dikonsumsi. Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa omega-3 dari ikan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ini karena omega-3 dapat memerangi peradangan yang seringkali menyebabkan jerawat pada kulit serta bertindak sebagai pelembab alami yang dapat merevitalisasi kulit kering dari dalam dan luar, menyebabkan kulit tampak lebih cerah. Beberapa makanan yang mengandung omega-3 adalah ikan tuna, ikan salmon, makarel, ikan sarden, tenggiri, minyak kanola, walnut, kacang kenari, kacang kedelai, alpukat, bayam, kedelai, dan lain-lain.

Selain makanan di atas, agar kesehatan kulit tetap terjaga, kamu juga perlu menjaga kelembaban kulit dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian. Asupan air yang cukup tidak hanya membuat kulit menjadi lembab, namun juga dapat menyembuhkan jerawat, melindungi kulit dari racun berbahaya, dan membuat kulit lebih cerah. Jika kamu ingin menjaga kesehatan kulit, kamu bisa lho mendapatkan obat dan vitamin yang dibutuhkan melalui aplikasi Halodoc. Kamu hanya tinggal download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Setelah ter-install, kamu bisa pesan produk yang kamu butuhkan di kategori “kulit” pada aplikasi Halodoc, lalu pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam.