5 Penyebab Rambut Tumbuh ke Dalam

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Penyebab Rambut Tumbuh ke Dalam

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu, sering mencukur jenggot dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam? Rambut yang telah dicukur atau dicabut lalu tumbuh masuk ke dalam kulit dikenal juga dengan sebutan ingrown hair. Rambut tumbuh ke dalam dapat menyebabkan bintik kecil di area yang baru dicukur, serta dapat menyebabkan peradangan dan rasa nyeri.

Selain itu, orang-orang dengan rambut ikal juga memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami rambut tumbuh ke dalam setelah melakukan pencukuran atau pencabutan rambut. Umumnya, rambut tumbuh ke dalam akan sembuh dengan sendirinya. Selain itu, pada wanita, kelainan ini dapat terjadi di pangkal paha. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi ini adalah dengan menahan diri untuk mencukur rambut terlebih dahulu.

Rambut Tumbuh ke Dalam, Apa Penyebabnya?

Rambut tumbuh ke dalam dapat terjadi karena dua hal. Pertama, rambut tumbuh kembali ke dalam kulit bukan keluar dari pori-pori. Setelah itu, rambut tumbuh miring ke kulit karena pengerasan kulit dan sel-sel kulit mati di permukaan. Selain itu, terdapat beberapa penyebab rambut tumbuh ke dalam, antara lain:

  1. Memiliki Rambut Ikal atau Keriting Alami

Salah satu penyebab rambut tumbuh ke dalam adalah orang tersebut memiliki rambut ikal atau keriting alami. Orang-orang dengan jenis rambut tersebut lebih rentan mengalami kelainan pada rambut yang tumbuh di kulit ini. Sebagai pencegahan, disarankan untuk menghindari menggunakan pinset atau kuku untuk mencabut rambut yang tumbuh ke dalam, karena dapat menyebabkan infeksi.

  1. Mengenakan Pakaian yang Ketat

Mengenakan pakaian yang ketat dapat menjadi salah satu penyebab rambut tumbuh ke dalam. Pakaian ketat dan kain sintetis, seperti legging berbahan nilon, skinny jeans, dan pakaian berbahan poliester dapat memperburuk kondisi rambut yang tumbuh ke dalam. Disarankan untuk mengenakan pakaian dengan bahan katun, supaya keringat mudah diserap dan tetap halus saat bergesekan dengan kulit.

  1. Iritasi pada Kulit

Iritasi pada kulit juga dapat menjadi penyebab rambut tumbuh ke dalam. Iritasi tersebut dapat disebabkan oleh penggunaan pisau cukur yang menyebabkan goresan pada kulit ketika bercukur. Hal ini sering terjadi, karena penggunaan pisau cukur yang tumpul dan menyebabkan iritasi. Akibatnya, rambut pun menjadi tumbuh ke dalam. Disarankan agar kamu menggunakan pisau cukur maksimal 6-8 kali untuk mencegah iritasi terjadi.

  1. Mencukur ke Arah yang Salah

Penyebab rambut tumbuh ke dalam lainnya adalah mencukur ke arah yang salah. Jika kamu mencukur, pastikan mencukur ke arah yang benar dan menggunakan krim cukur untuk mencegah iritasi. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan laser hair removal untuk mencukur tanpa takut mengalami rambut yang tumbuh ke dalam.

  1. Sel Kulit Mati

Sel kulit yang mati juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Hal tersebut terjadi karena sumbatan pada folikel yang menyebabkan rambut ke arah samping di bawah permukaan kulit, padahal seharusnya keluar dari permukaan kulit.

Itulah penjelasan mengenai hal penyebab rambut tumbuh ke dalam. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal rambut yang tumbuh ke dalam, kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc. Komunikasi dengan dokter bisa dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download sekarang aplikasinya di App Store dan Google Play!

Baca juga: