01 November 2018

Bahaya Rambut Tumbuh ke Dalam dan 4 Cara Menanganinya

Bahaya Rambut Tumbuh ke Dalam dan 4 Cara Menanganinya

Halodoc, Jakarta - Saat sedang mencukur beberapa area rambut di tubuh, pernahkah kamu merasakan kondisi saat rambut malah tumbuh ke dalam atau ingrown hair? Kondisi ini biasanya terjadi setelah kamu melakukan cukur atau setelah mencabut rambut tersebut. Kondisi ini biasanya menyebabkan peradangan, nyeri, dan bintik kecil pada area di sekitar rambut yang sudah dilepas.

Pria yang melakukan cukur rambut di area wajahnya, atau seseorang yang sering mencabut rambut atau waxing di area kaki secara rutin biasanya akan akrab dengan kondisi rambut tumbuh ke dalam ini. Namun, kondisi ini umum menyerang mereka yang memiliki rambut ikal.

Kondisi ini dapat membaik dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Namun bagi mereka yang mengeluhkan rasa gatal atau muncul peradangan kulit yang mengganggu penampilan, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani kondisi ini, antara lain:

Mengoleskan Krim Jerawat

Rambut yang tumbuh ke dalam kulit sebetulnya mirip dengan jerawat. Kamu dapat menggunakan krim anti jerawat seperti benzoil peroksida atau asam salisilat untuk dioleskan beberapa kali dalam sehari. Krim ini membuat kulit mengelupas dan kemudian akan menyingkirkan rambut yang tumbuh ke dalam kulit. Jika kamu tidak memiliki krim anti jerawat, cairan aspirin atau sedikit pasta gigi dapat kamu coba.

Menggunakan Selaput Telur

Selaput telur adalah bagian telur yang berada tepat di bawah kulit telur dan biasanya memiliki warna putih. Kamu harus melepaskannya dengan hati-hati agar tidak robek terlalu lebar. Setelah selaput telur kamu dapatkan, maka segera tutupi area kulit yang memiliki rambut tumbuh ke dalam menggunakan selaput telur tersebut. Diamkan hingga selaput telur mengering dan baru bisa dilepaskan. Rambut yang tumbuh ke dalam kulit tersebut keluar bersamaan dengan selaput itu diangkat.

Mengompres dengan Air Hangat

Mengompres menggunakan air hangat merupakan cara tepat untuk mengatasi rambut tumbuh ke dalam. Kamu memerlukan beberapa menit agar kulit menjadi lebih lembut. Lakukan hal tersebut selama beberapa kali pengulangan. Rambut yang tumbuh ke dalam tersebut kemudian terbawa lebih dekat ke permukaan kulit dengan cara ini. Jika kamu tidak dapat melihat rambut tersebut, terus letakkan kompres hangat itu sampai rambut naik ke permukaan kulit. Setelah itu kamu dapat mencabutnya dengan pinset atau alat medis yang steril.

Menggunakan Exfoliator

Kamu menghilangkan rambut tumbuh ke dalam dengan cara melakukan pengelupasan atau exfoliating. Lakukan dua kali sehari dengan cara menggosokan area rambut yang tumbuh ke dalam kulit tersebut. Cara ini menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang menjebak rambut sehingga mendorong ujung rambut untuk keluar. Kamu dapat mencoba menggosokkan kulit dari berbagai arah menggunakan sarung khusus untuk mengangkat sel kulit mati. Jika kamu tidak memiliki produk exfoliator, kamu dapat mencoba salah satu dari teknik pengelupasan dengan garam, minyak zaitun, atau gula.

Selain cara di atas, rajin menjaga kebersihan kulit dengan mandi menggunakan air hangat dan cairan antiseptik juga mampu mengatasi masalah rambut tumbuh ke dalam. Pastikan tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat pada area yang mengalami masalah ini.

Itulah beberapa penanganan yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rambut tumbuh ke dalam. Jika kamu punya pertanyaan lain seputar gangguan pada kulit, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc kapan saja dan di mana saja melalui fitur Contact Doctor via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

 

Baca juga: