20 September 2018

5 Tanda Harus Mulai Buat Janji dengan Dokter THT

dokter THT, menemui dokter THT, janji dengan dokter THT,THT,masalah THT

Halodoc, Jakarta - Telinga merupakan indra yang berfungsi sebagai alat pendengaran. Oleh karena itu, telinga penting sekali fungsinya untuk manusiaTelinga merupakan panca indra yang berfungsi sebagai alat pendengaran yang sangat penting untuk setiap manusia. Telinga manusia dapat mendengarkan bunyi pada frekuensi 20-20.000 Hertz atau bisa disebut audiosonik.

Selain itu, telinga juga mempunyai fungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh dengan keberadaan organ equilibrium yang terdapat cairan di dalamnya. Ketika manusia bergerak, telinga melalui organ itu akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mengenali posisi kepala dan otot yang harus menyesuaikan untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Selain itu, biasanya telinga berkesinambungan dengan hidung dan tenggorokan yang biasanya disebut dengan THT atau telinga hidung tenggorokan. THT sangat berperan penting untuk seluruh manusia. Ketika merasakan ada sesuatu yang tidak nyaman dengan organ-organ ini, baiknya segera memeriksakannya kepada dokter THT.

Dokter THT adalah ahli medis yang secara khusus menangani masalah pada telinga, hidung, dan tenggorokan. Telinga, hidung, dan tenggorokan adalah bagian dari sistem pernapasan atas. Ketiganya memiliki kesamaan, seperti anatomi dan membran mukosa. Karena itu, jika salah satu organ bermasalah, kedua organ lainnya akan terkena dampak secara langsung.

Berikut adalah tanda-tanda harus mulai buat janji dengan dokter THT, yaitu:

  1. Kesulitan Mendengar

Tanda harus buat janji dengan dokter THT adalah ketika kesulitan mendengar. Hal tersebut dikarenakan gangguan pada organ pendengaran. Gangguan pendengaran dapat bersifat konduktif (gangguan hantaran) dan sensorineural (gangguan saraf). Gangguan pendengaran konduktif yaitu gangguan hantaran udara yang terjadi dari telinga luar menuju telinga tengah. Sedangkan, gangguan sensorineural disebabkan rusaknya sel saraf di dalam rumah siput dan biasanya permanen.

  1. Gangguan Keseimbangan

Gangguan keseimbangan adalah tanda harus menemui dokter THT segera. Faktor keseimbangan manusia sangat bergantung pada rangkaian respons ke otak dari beberapa organ di dalam tubuh yang biasa disebut sistem vestibular. Sistem vestibular di telinga membantu mempertahankan tubuh agar stabil ketika bergerak. Ketika sistem vestibular mengalami masalah, keseimbangan tubuh pun terganggu.

Umumnya, penyebab gangguan sistem vestibular adalah labirinitis. Gangguan tersebut dikarenakan oleh infeksi atau peradangan pada bagian dalam telinga, sehingga menyebabkan pusing dan berdampak pada keseimbangan.

  1. Telinga Berdenging

Seseorang harus menemui dokter THT ketika telinganya berdenging. Memang, ketika mengalami dengingan pada telinga akan sangat menjengkelkan. Apabila kamu merasakan hal ini, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter THT, karena ditakutkan terjadi kerusakan sensorik pada telinga bagian dalam. Hal itu bisa terjadi karena sumbatan kotoran telinga, paparan suara keras, infeksi, dan faktor lain seperti hipertiroid, hipertensi, dan sebagainya.

  1. Keluar Cairan dari Telinga

Ketika keluar cairan dari telinga, maka saat itu juga harus menemui dokter THT. Cairan yang keluar dari telinga bisa disebabkan oleh infeksi atau pecahnya gendang telinga dan biasanya berwarna kekuningan. Keluarnya cairan dari telinga juga dapat disebabkan faktor lain, seperti benda asing yang tersangkut, bisul pada telinga, atau tertusuk benda asing karena mengorek telinga terlalu dalam.

  1. Kotoran Telinga yang Menumpuk

Tanda harus menemui dokter THT yang lainnya yaitu ketika kotoran telinga menumpuk. Hal ini terjadi karena adanya earwax yang diproduksi oleh salah satu kelenjar pada telinga. Umumnya, earwax akan keluar bersama dengan partikel kotoran dan debu di dalam telinga dengan sendirinya. Namun, beberapa orang memiliki saluran telinga yang kecil sehingga kotoran telinga menumpuk.

Itulah 5 tanda harus menemui dokter THT ketika ada yang bermasalah dengan telinga, hidung, dan tenggorokan. Halodoc mempunyai layanan yang memungkinkan kamu untuk Chat atau Voice/Video Call ketika THT kamu mengalami masalah. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc di Apps Store atau Play Store.

Baca juga: